Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

BIMTEK CULEG "Mewujudkan Tata Kelola CU Yang Lebih Baik Melalui Solusi Bisnis ACCU Nomor 25"

BIMTEK CULEG "Mewujudkan Tata Kelola CU Yang Lebih Baik Melalui Solusi Bisnis ACCU Nomor 25"

CULEG merupakan Solusi Bisnis ACCU Nomor 25 tahun 2019. Untuk memastikan Credit Union di Asia tetap eksis dan berkelanjutan, konfederasi CU Asia, ACCU, terus menciptakan instrumen untuk mengukur kesehatan, kekuatan dan tata kelola credit union. Seperti kita ketahui, ACCESS Branding telah lama diperkenalkan dan diterapkan CU-CU di Asia untuk melihat dan memampukan CU bersaing di dunia pasar. Terbaru, ACCU membuat instrumen pengukuran yang dinamakan  Credit Union Level of Excellent in Governance (CULEG).

CULEG menilai dengan menggunakan 11 prinsip tata kelola yang demokratis. CULEG berisikan 108 indikator yang dapat diukur dan dinilai oleh Credit Union itu sendiri (Self Assessment). Dengan instrumen ini memungkinkan Credit Union untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya. Dari kekuatan dan kelemahan tersebut, credit union dapat mengembangkan rencana tindakan untuk mengatasi setiap titik lemah. Untuk dapat menggunakan peringkat ini sebagai referensi dan menetapkan tolak ukur untuk perbaikan lebih lanjut seperti alat untuk menilai kekuatan dan kelemahan internal dalam perencanaan strategis. Alat ini sebagai masukan dalam evaluasi tahunan CU dalam sesi kegiatan Business Plan dan Strategic Plan.

”Inti dari penerapan 11 perspektif dalam CULEG adalah mengajarkan kepada Credit Union ketertiban dalam mengelola organisasi. Kelemahan yang dialami saat ini pada CU primer adalah banyak melakukan aktivitas tapi lemah dalam menuangkannya dalam dokumen” ujar Anton Sera’ Sima, Wakil Ketua PUSKOPCUINA saat menutup kegiatan bimbingan teknis (bimtek) assessment CULEG.

BIMTEK Assessment CULEG yang diselenggarakan oleh PUSKOPCUINA melalui bidang  tata kelola dan kepatuhan, sebagai salah satu program kerja tahun buku 2024. Kegiatan berlangsung pada tanggal 5 s.d. 7 Februari dan 9 Februari 2024, diikuti 109 orang peserta dari 15 CU dan manajemen PUSKOPCUINA. Rosalina Susi dan Ella Agustina memandu kegiatan ini. Dalam kegiatan bimtek, peserta dipandu oleh fasilitator untuk melakukan penilaian terhadap 11 perspektif  dan 130 indikator beserta dengan penjelasan bukti-bukti pendukung penilaian  yang dilakukan. Peserta antusias dalam mengikuti kegiatan BIMTEK. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh peserta untuk memperjelas penilaian  yang dilakukan oleh masing-masing peserta. 

Pada hari terakhir, peserta diberikan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari bimtek, dimana hasilnya nanti akan dimonitor oleh bidang tata kelola dan kepatuhan, khususnya bagian sertifikasi  untuk memastikan perbaikan-perbaikan yang dilakukan  atas gap yang terjadi dan pelaksanaan rekomendasi  yang diberikan kepada CU yang menjadi peserta kegiatan ini.

“Dengan mengikuti sertifikasi  CULEG, kita bukan hanya ingin mendapatkan penghargaan semata, tetapi hal-hal yang didapatkan ini merupakan hal-hal standar dan diperlukan sertifikat untuk pembuktiannya. Saya siap membantu untuk mewujudkannya  dengan persiapan yang baik dalam beberapa bulan ke depan”  penekanan Anton Sera’ Sima dalam menutup kegiatan bimtek assessment CULEG.

 

Ella Agustina - Bidang Tata Kelola dan Kepatuhan PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Ella Agustina
Staf Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA yang membidangi Sertifikasi

Artikel Terkait: