Pengumuman:
PUSKOPCUINA mengucapkan selamat ulang tahun kepada CU Ndar Sesepok ke - 15, semoga terus berkarya
PUSKOPCUINA mengucapkan selamat ulang tahun kepada CU Pangudi Luhur Kasih ke - 14, semoga terus berkarya
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

artikel

Membangun usaha dengan kredit

Membangun usaha dengan kredit

Membangun usaha dengan kredit?

Kredit untuk membangun usaha? Mengapa tidak! Jika kita memiliki mimpi besar untuk mengembangkan usaha, kadang-kadang meminjam uang adalah langkah yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang keuntungan dan manfaat dari berkredit melalui Credit Union Cindelaras Tumangkar.

Credit Union Cindelaras Tumangkar (CUCT) adalah lembaga  yang bergerak di bidang keuangan, pendidikan dan pemberdayaan. CUCT bertujuan untuk membantu anggota mencapai tujuan keuangan mereka, termasuk mendukung perkembangan bisnis. Salah satu keuntungan terbesar dari meminjam melalui credit union adalah tingkat balas jasa pinjaman (BJP) yang kompetitif dibandingkan dengan Lembaga keuangan lain, terlebih apabila jangka waktu kredit relative panjang. Ini berarti  kita dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

Selain BJP yang lebih rendah, CUCT juga cenderung lebih fleksibel dalam memberikan kredit. Lembaga ini lebih memperhatikan situasi finansial dan kebutuhan anggotanya daripada hanya melihat angka-angka di atas kertas. Jika kita memiliki rencana bisnis yang solid dan potensi pertumbuhan yang baik, CUCT mungkin lebih bersedia memberikan kredit daripada bank tradisional.

Salah satu jenis kredit yang dapat kita ambil untuk mengembangkan usaha adalah kredit modal kerja. Kredit ini biasanya digunakan untuk membiayai kebutuhan  bisnis, seperti membeli bahan baku, membeli peralatan, atau memperluas operasional. Dengan kredit modal kerja,  kita dapat menjaga likuiditas bisnis dan memastikan kelancaran operasional.

Selain itu, CUCT menyediakan juga beberapa jenis kredit yang dapat  kita ambil untuk mengembangkan usaha, contohnya kredit property biasa digunakan untuk membeli aset produktif berupa tanah, rumah, gudang atau pengembangan usaha, pengadaan mesin produksi, kredit kendaraan untuk membeli kendaraan operasional. Dengan memperoleh kredit ini, kita dapat meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi bisnis, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada pendapatan dan pertumbuhan bisnis kita.


Namun, sebelum memutuskan untuk berkredit, penting untuk melakukan perencanaan keuangan yang matang. Pertama-tama, kita perlu memahami dengan jelas tujuan penggunaan dana kredit tersebut. Apakah kita benar-benar membutuhkannya untuk mengembangkan usaha? Atau apakah ada alternatif lain yang lebih baik?

Selanjutnya, kita perlu memperkirakan kemampuan bisnismu kita untuk membayar cicilan kredit. Kita harus juga memastikan bahwa bisnis kita memiliki arus kas yang cukup untuk membayar cicilan secara rutin tanpa mengganggu operasional bisnis. Jangan lupa untuk mempertimbangkan risiko-risiko yang mungkin terjadi, seperti fluktuasi pasar atau penurunan permintaan.

Terakhir, pastikan kita memilih Credit Union Cindelaras Tumangkar yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Lakukan riset tentang kredibilitas CUCT, tentang suku bunga kredit dan suku bunga simpanan, syarat-syarat kredit dan juga fasilitas asuransi kredit yang ditanggung CUCT. Jangan ragu untuk bertanya kepada anggota CUCT tentang pengalaman mereka dalam meminjam dari lembaga ini.


Pengalaman selama 18 tahun ini menyimpulkan, berkredit untuk membangun usaha bisa menjadi langkah yang cerdas jika dilakukan dengan bijak. Credit Union Cindelaras Tumangkar dapat menjadi mitra yang  tepat dalam memenuhi kebutuhan finansialmu. Dengan suku bunga yang kompetitif, fleksibilitas yang lebih besar, asuransi kredit yang dibayar lembaga, CUCT dapat membantu mewujudkan mimpi bisnis kita. Namun, pastikan untuk melakukan perencanaan keuangan yang matang. Semoga sukses bersama CUCT dalam mengembangkan usaha!


@basukiruswantaketuacuct

 

 

 

Share this Post:
Ditulis oleh Basuki Ruswanta
Ketua Pengurus CUCT

Artikel Terkait: