Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

artikel

Prinsip Saling Menghidupi antara Lembaga dan Anggota

Prinsip Saling Menghidupi antara Lembaga dan Anggota

Prinsip Saling Menghidupi antara Lembaga dan Anggota

 

Hidup di era modern ini, kebutuhan finansial semakin kompleks dan sulit dipenuhi. Namun, jangan khawatir! Ada solusi yang dapat membantu kita menghadapi tantangan tersebut, yaitu Credit Union Cindelaras Tumangkar. Apa itu Credit Union? Bagaimana perannya dalam saling menghidupi antara lembaga dan anggota? Mari kita simak lebih lanjut!


Credit Union Cindelaras Tumangkar (CUCT) adalah sebuah entitas yang mengemban 3 misi, yaitu pendidikan, pemberdayaan dan pelayanan keuangan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Ketiga layanan ini hanya diperuntukkan bagi anggota CUCT. Prinsip dari pengoperasian lembaga ini adalah saling percaya (credere) dan saling menghidupi antara lembaga dan anggota. Dalam hal ini, baik lembaga maupun anggota saling mendukung dan memperoleh manfaat satu sama lain dari layanan yang diterapkan oleh CUCT, dapat diartikan bahwa lembaga ini tidak seperti Lembaga keuangan lain, yang hanya fokus pada keuntungan semata, tetapi lebih mengutamakan kepentingan kesejahteraan anggota.


Anggota Credit Union Cindelaras Tumangkar wajib memiliki peran aktif dalam menabung dan meminjam. Aktif menabung dan juga meminjam, inilah pengertian saling menghidupi antara lembaga dan anggota diwujudnyatakan. Dengan menabung secara rutin, anggota dapat membangun simpanan yang berguna untuk masa depan. Simpanan ini juga menjadi modal bagi lembaga untuk memberikan kredit kepada anggota lain yang membutuhkan. Keterlibatan anggota dalam meminjam menjadikan perputaran keuangan yang menghasilkan bagi lembaga, dapat terjadi. Hasil dari usaha ini untuk dikembalikan ke anggota dalam bentuk balas jasa simpanan anggota, membayar asuransi bagi anggota, membayar teknologi yang memudahkan transaksi bagi anggota, kebutuhan biaya operasional, biaya usaha, juga diberikan dalam bentuk pelaksanaan pendidikan, pemberdayaan anggota dan juga pembagian deviden.

 

Dalam hal pelayanan keuangan, CUCT menyiapkan 11 macam simpanan, yang bertujuan untuk mempersiapkan setiap tahap kehidupan, misalnya simpanan Pendidikan, simpanan modal usaha, simpanan mempersiapkan kebutuhan akan rumah, tanah atau renovasi, mempersiapkan pembelian kendaraan, mempersiapkan ibadah, mepersiapkan masa-masa darurat/keadaan sulit di fase kehidupan, sampai mempersiapkan masa pensiun. Keunggulan simpanan yang disiapkan CUCT adalah tanpa biaya administrasi, sehingga besar simpanan seberapapun dapat “tumbuh”/terus berkembang di CUCT. Jenis kredit yang disiapkan CUCT berjumlah 8 jenis dimana setiap anggota dapat mengakses kredit lebih dari 1 jenis dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.


Dalam bidang pendidikan, CUCT juga memberikan edukasi melek keuangan kepada anggotanya. Mereka menyadari pentingnya pemahaman tentang manajemen keuangan yang baik bagi anggota. Melalui pelatihan dan workshop dengan modul yang telah tersusun dengan baik, anggota diajarkan bagaimana cara mengelola uang dengan bijak, mengatur anggaran, dan menghindari praktik boros yang tidak perlu. Dengan pengetahuan ini, anggota dapat mengoptimalkan penggunaan uang mereka dan mencapai kestabilan finansial.

Bidang pemberdayaan yang dilaksanakan CUCT, adalah dengan memberikan pelatihan bagi kelompok-kelompok anggota sesuai karakteristik kelompok masing-masing. Sebagai contoh bagi kelompok peternak & pedagang di wilayah Kemadang, kecamatan Tanjungsari kabupaten Gunungkidul, diajarkan cara fermentasi pakan ternak bekerjasama dengan dinas pertanian Kabupaten Gunungkidul.

Guna menjaga keberlangsungan program pemberdayaan ini, CUCT juga menjalin kerjasama dengan 2 universitas besar di DIY, yaitu dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Melalui program Pengabdian Masyarakat bagi dosen di 2 universitas ini, diharapkan pemberdayaan anggota lebih tepat sasaran karena sumber daya manusia yang tepat dan berkualitas/ sesuai keahlian di bidang yang dibutuhkan anggota.

Keberhasilan CUCT dalam melaksakan misinya tidak lepas dari kerja sama antara lembaga dan anggota. Lembaga ini berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada anggotanya, sementara anggota juga diharapkan untuk menjaga kedisiplinan dalam menabung dan membayar kredit tepat waktu. Dengan saling mendukung dan bekerja sama, lembaga ini dipastikan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Kesimpulannya, Credit Union Cindelaras Tumangkar adalah solusi yang tepat bagi kita dalam menghadapi tantangan finansial. Dengan prinsip saling menghidupi antara lembaga dan anggota, kita dapat membangun masa depan yang lebih baik. 

Jadi, mari bergabung dengan Credit Union Cindelaras Tumangkar dan jadilah bagian dari komunitas yang saling mendukung dalam mencapai kesejahteraan finansial!

 

Oleh: Basuki Ruswanta

Ketua Pengurus CUCT

 

Share this Post:
Ditulis oleh Basuki Ruswanta
Ketua Pengurus CUCT

Artikel Terkait: