Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Pembelajaran Credit Union

SERTIFIKASI LEVEL VI DAN UJI KOMPETENSI MANAJER

SERTIFIKASI LEVEL VI DAN UJI KOMPETENSI MANAJER

Sertifikasi Manajer "Menciptakan Pemimpin CU yang Berkualitas dan Mampu Bersaing"

Mengacu Peraturan Menteri Negara Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah RI Nomor 19/Per/M.KUKM/XI/2008 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi (BAB II Pasal 11 ayat 10 huruf a,b), maka wajib dilakukan peningkatan pemahaman tentang standar kompetensi kepada pengelola Koperasi khususnya Kepala Cabang/Manajer dari unsur KSP/USP Koperasi, Koperasi Kredit dan Koperasi Jasa Keuangan, baik konvesional maupun syariah. Melalui kegiatan pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi untuk selanjutnya dipersiapkan melakukan uji kompetensi.

PUSKOPCUINA bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi-Koperasi Jasa Keuangan (LSP-KJK)telah menyelenggakan Pembekalan Sertifikasi dan Uji Kompetensi untuk jabatan Sertifikasi Level VI-Kepala Cabang atau Manajer KJK untuk mendapatkan pengakuan pengelola CU yang telah siap bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Kegiatan ini diikuti oleh para pimpinan manajemen di CU dengan jabatan saat sebagai GM/Deputy/Manajer/Manajer TP/Kepala TP.

Foto: Peserta Sertifikasi dan Uji Kompetensi Manajer di Surabaya

Pelatihan Sertifikasi dan Uji Kompetensi Manajer dilaksanakan di 2 (dua) wilayah:

  • Suites Hotel Surabaya, tanggal 12 s.d. 16 September 2022, dengan jumlah peserta 35 orang, yang merupakan utusan 11 CU yaitu CU Bahtera Sejahtera, CU Remaung Kecubung, CU Mototabian, CU Prima Danarta, CU Sumber Rejeki, CU Betang Asi, CU Bererod Gratia, CU Sempekat Ningkah Olo, CU Likku Aba, CU Ndar Sesepok, dan CU Kasih Sejahtera.
  • Transera Hotel Pontianak, tanggal 20 s.d. 24 September 2022, dengan jumlah peserta 48 orang, yang merupakan utusan 9 CU yaitu CU Bonaventura, CU Kusapa, CU Muare Pesisir, PUSKOPCUINA, CU Sari Intugin, CU Stella Maris, CU Tilung Jaya, CU Usaha Kita, dan CU Pancur Dangeri.

Setelah mengikuti kegiatan dimaksud PUSKOPCUINA berharap agar semua peserta mampu:

  1. Memahami proses sertifikasi sebagai bukti untuk kerja Kepala Cabang/Manajer CU.
  2. Meningkatkan kinerja kepala cabang/manajer berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) KJK.
  3. Menghantarkan peserta mengikuti uji kompetensi untuk menjadi pengelola CU yang bersertifikasi dan kompeten.
  4. Peserta dinyatakan kompeten pada jabatan Manajer CU berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) KJK.

Dalam paparan materi pembekalan oleh para pemateri di Surabaya disampaikan oleh Wahyu, Y. Gede Sutmasa dan Ghoni. Sedangkan para pemateri di Pontianak disampaikan oleh Ahmad Rizal dan Y. Gede Sutmasa dengan materi yang terdiri dari:

  1. KJK.SP01.002.01 : Organisasi dan manajemen koperasi simpan pinjam atau unit simpan pinjam koperasi
  2. KJK.SP01.006.01 : Menyusun perencanaan strategi
  3. KJK.SP01.007.01 : Melakukan motivasi
  4. KJK.SP02.013.01 : Melaksanakan pengendalian intern
  5. KJK.SP02.014.01 : Melakukan kontrak pinjaman/pembiayaan dan pengikatan agunan
  6. KJK.SP02.026.01 : Menilai tingkat kesehatan
  7. KJK.SP02.027.01 : Menganalisis program kerja dan RAPB
  8. KJK.SP02.028.01 : Mengamankan asset dan infrastruktur
  9. KJK.SP02.029.01 : Melakukan kemitraan
  10. KJK.SP03.006.01 : Melakukan negosiasi
  11. KJK.SP03.007.01 : Menyajikan presentasi
Foto: Peserta Sertifikasi dan Uji Kompetensi Manajer di Pontianak

Selanjutnya para peserta dibekali dengan Materi Uji Kompetensi Manajer yang dilakukan para asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi-Koperasi Jasa Keuangan (LSP-KJK) diantaranya Satria Putra Utomo, Suharno, Ria Indhirawati, Kalih Nurrohman, Dyah Ayu Perwitasari, dan Serapina Serapin (untuk kegiatan di Surabaya). Sedangkan asesor yang melakukan Uji Kompetensi Manajer di Pontianak diantaranya Wahyu Anindya, Jardi Pamungkas Akbar, Eko Kawandono, Endro Praponco, Suharno, dan Serapina Serapin.

Bidang Pemberdayaan PUSKOPCUINA berharap bahwa melalui pelatihan Sertifikasi Level VI dan Uji Kompetensi Manajer kali ini, para peserta diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan khususnya dalam meningkatkan profesionalitas guna melakukan pelayanan terhadap anggota yang semakin berkualitas sehingga terciptanya Credit Union yang sehat dan berkelanjutan.

 

Bertinus – Staf Bidang Pemberdayaan PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Adrianus Alkadri
Perangkat GM PUSKOPCUINA yang membidangi NAC

Artikel Terkait: