Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Sejarah

Sejarah Credit Union Di Dunia

Sejarah Credit Union Di Dunia

Pada abad 19, tahun 1846-1847, masyarakat Jerman ditimpa musibah kelaparan dan musim dingin yang hebat. Akibat cuaca buruk tersebut, banyak penduduk yang kelaparan. Penyakitpun menyerang mereka. Akhirnya kehidupan menjadi sangat kacau. Para petani yang menggantungkan hidup pada kemurahan alam tak berdaya. Henry Wolff seorang pejabat local setempat menggambarkan kondisi para petani saat itu sebagai “Dunia Tak Berpengharapan”. Miskin tak berdaya dan pertanian berantakan. Masyarakat tidak memiliki uang untuk membeli mesin pertanian, pupuk, bibit atau membangun peternakan untuk meningkatkan pendapatan.

Pada saat itu petani adalah korban yang sangat menderita. Para petani meminjam uang dari lintah darat dengan bunga yang sangat tinggi. Disamping itu mereka meminta jaminan atas lahan pertanian mereka. Apabila mereka gagal membayar pada saat jatuh tempo maka tanah pertanian dan harta benda lain yang mereka gadai langsung disita. Bahkan sering terjadi harta benda para petani juga menjadi incaran para lintah darat. Kehidupan para petani pada waktu itu ibarat 

“gali lobang tutup lobang, tutup hutang lama, cari hutang baru.”

Usaha ini ternyata tidak membuahkan hasil dan tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh kaum miskin. Derma atau bantuan cuma-cuma tidak dapat memecahkan masalah kemiskinan namun menambah beban karena jumlah warga miskin menjadi terus bertambah karena mudahnya menTahun 1849 saat Friedrich Wilhelm Raiffeisen menjadi walikota ia mendirikan Perkumpulan Masyarakat Flamersfeld untuk membantu para petani miskin yang terdiri dari 60 orang kaya. “Kaum miskin harus segera ditolong” begitu katanya. Maka Raiffeisen mengundang kaum kaya agar mengumpulkan uang untuk menolong kaum miskin. Kaum kaya menanggapi secara positif seruan sang walikota

dapat sumbangan. Penggunaan uang oleh kaum miskin tidak terkontrol, bahkan tidak sedikit yang cepat-cepat memboroskan uangnya agar menerima derma lagi. Akibatnya para dermawan tidak berminat membantu kaum miskin lagi

Friedrich Wilhelm Raiffeisen, pada waktu itu juga mendirikan Brotveiren, suatu kelompok yang membagi-bagikan roti kepada kaum miskin. Kemudian ia mendirikan pabrik roti yang menjual roti kepada orang yang tidak mampu

 dengan harga murah. Ia juga mendirikan perkumpulan yang bertugas meminjamkan uang dan membeli bibit kentang kepada petani. Tetapi hal itu ternyata juga tidak menyelesaikan masalah kemiskinan secara permanen. Hari ini diberi, besok sudah habis, begitu seterusnya.

Friedrich Wilhelm Raiffeisen pindah ke Heddersdoff dan menjabat lagi sebagai walikota. Ia juga mendirikan perkumpulan Heddesdorfer Welfare Organizationsuatu organisasi yang bergerak dalam bidang sosial dan pendidikan. Kemudian organisasi ini dikenal cukup luas dimasyarakat. Walaupun pengorganisasiannya berhasil tetapi kemudian muncul berbagai kendala. Para penanam modal dari kaum kaya mulai luntur semangatnya, karena keuntungan organisasi tersebut tidak mereka rasakan.

Reiffeisen terus memperbaiki dan menyempurnakan gagasan terutama mengenai prinsip dan metode pengorganisasian masyarakat. Akhirnya ia mengganti pendekatan dari pendekatan derma dan belas kasihan dengan PRINSIP MENOLONG DIRI SENDIRI (self help). Ternyata pendekatan ini Sukses.


Tahun 1864 Friedrich Wilhelm Raiffeisen mendirikan sebuah organisasi baru berama “Heddesdorfer Credit Union” dimana kebanyakan anggotanya adalah para petani. Untuk menjadi anggotanya seseorang harus berwatak baik, rajin, dan jujur. Untuk mengetahuinya, para tetangga harus memberikan rekomendasi. Kegiatannya mirip arisan, mengumpulkan sejumlah uang lalu meminjamkannya kepada anggota yang memerlukan. Manajemen Heddesdorfer Credit Union dijalankan secara demokratis dengan cara:

  1. Setiap anggota berpartisipasi dalam rapat anggota.
  2. Satu anggota satu suara.
  3. Para anggota memilih pengurus dan membuat pola kebijakan bersama.
  4. Dipilih suatu badan yang disebut dengan pengawas.
  5. Pengawas bertugas mengawasi kegiatan Credit Union dan membuat laporan pengawasan kepada rapat anggota
  6. Raiffeisen menekankan pada kerja secara sukarela kepada Pengurus dan Pengawas
  7. Yang boleh menerima imbalan hanyalah kasir purnawaktu yang menjalankan operasional

Berdasarkan pengalaman di atas, sang wali kota akhirnya memiliki kesimpulan:

  • Sumbangan tidak menolong diri kaum miskin, tetapi sebaliknya merendahkan martabat manusia yang menerimanya.
  • Kemiskinan disebabkan oleh cara berpikir yang keliru
  • Kesulitan si miskin hanya dapat diatasi oleh si miskin itu sendiri.
  • Si miskin harus mengumpulkan uang secara bersama-sama dan kemudian meminjamkan kepada sesama mereka.
  • Pinjaman harus digunakan untuk tujuan produktif yang memberikan penghasilan. Jaminan peminjam adalah watak peminjam.

Singkatnya Heddesdorfer Credit Union yang dibangun Reiffeisen, Petani dan Kaum buruh berkembang pesat di Jerman. Credit Union Sampai wafatnya Reiffeisen tahun 1988, terdapat 425 Credit Union di Jerman.

Keberhasilan Heddesdorfer Credit Union atas 3 prinsip utama dalam menjalankan organisasi akhirnya menjadi prinsip dasar Credt Union:

  1. Azas Swadaya, modal dari simpanan hanya diperoleh dari anggotanya,
  2. Azas Setiakawan/solidaritas, Pinjaman hanya diberikan kepada anggotanya,
  3. Azaz Pendidikan/penyadaran, membangun watak adalah yang utama, hanya yang berwatak baik yang diberikan pinjaman

CU berkembang ke seluruh dunia, Seorang wartawan Alphonse Desjardin pada awal abad ke-20 membawa CU ke Canada. Seorang saudagar kaya Edward Fillene membawa CU ke Amerika Serikat.Mary Gabriella Mulherim membawa ke Asia khususnya Korea. Pada tahun 1934, dibuat Undang-Undang tentang Credit Union pada masa pemerintahan Presiden F. D. Rosevelt. Kemudian gabungan Credit Union di Amerika Serikat (Credit Union National Association) membentuk Biro Pengembangan CU sedunia, yang diresmikan menjadi World Council of Credit Unions (WOCCU) pada 1971. Kantor pusatnya di Madison, Wiscounsin Amerika Serikat.


Laporan Statistik WOCCU tahun 2010[2]

KETERANGAN

JUMLAH

Negara

100

Credit Union

52,945

Anggota

187,986,967

Simpanan (US$)

1,229,389,373,994

Pinjaman (US$)

960,089,324,649

Cadangan (US$)

131,659,476,973

Aset (US$)

1,460,551,666,291

 

Struktur Jaringan Credit Union

WOCCU : World Council of Credit union

ACCOSCA : The Afrika Cooperative and Credit Association

AFCUL : The Australian Federation of Credit Union Limited

CUNA : The Credit Union National Association (USA)

ACCU : The Asian Confederation of Credit Union (Bangkok)

CCS : The Canadian Cooperative Credit Society

CCCU : The Caribbean Confederation of Credit Union

COLAC : The Confederation Latino Americana de Cooperative de Alhoro

INKOPDIT : Induk Koperasi Kredit

BKCU : Badan Kooordinasi Credit Union

BK3D : Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah

CU : Credit Union

Anggota : Masyarakat anggota Credit Union.

 

Federasi Credit Union ASIA

  1. Bangladesh, CCULB-The Cooperative Credit Union League of Bangladesh
  2. Hongkong, CULHK-Credit Union League of Hong Kong
  3. Indonesia , CUCO- Credit Union Counseling Office (namun dalam perjalanan waktu berganti nama menjadi BK3I-Badan kordinasi Koperasi Kredit Indonesia lalu berganti lagi dengan nama INKOPDIT-Induk koperasi kredit) dengan alamat website masih menggunakan CUCO, www.cucoindo.org)
  4. Jepang , JCU - Japan Credit Unions
  5. Korea, NACUFOK - National Credit Union Federation of Korea
  6. Malaysia, WCCS - Workers Credit Co-operative Society Ltd. Malaysia
  7. Nepal, NEFSCUN - Nepal Federation of Savings and Credit Cooperatives Union
  8. Papua New Guinea , FESALOS - Federation of Savings & Loan Societies PNG
  9. Philippines,
    1. NATCCO - National Confederation of Cooperatives
    2. PFCCO - Philippine Federation of Credit Cooperatives
  10. Republic of China Taiwan, CULROC - Credit Union League of the Republic of China Taiwan
  11. Sri Lanka , SANASA - Federation of Thrift & Credit Cooperative Societies Sri Lanka
  12. Thailand ,
    1. CULT - Credit Union League of Thailand
    2. FSCT - Federation of Savings and Credit Cooperatives of Thailand
  13. Vietnam, CCF - Central People’s Credit Fund - Vietnam

Catatan:

Ada yang menarik dari federasi Credit Union diatas; ada 2 negara di Asia yaitu Philipina dan Thailand memiliki 2 federasi Credit Union. Artinya ACCU memperkenankan sebuah negara memiliki lebih dari satu Federasi Credit Union.

Di Indonesia federasi Kredit Union disebut Induk Koperasi Kredit (INKOPDIT).

[1] Sumber informasi dari buku “Menjadi kaya karena uang bekerja untuk kita” , ditulis oleh Munaldus berdasarkan buku The Credit Union Movement: Origins and Development 1850-1970 yang ditulis oleh J. Carrol dan Gilbert C. Fite, Ilustrasi: materi DIKSAR CUBG.

[2] www.woccu.org 2010 Statistical Report, WOCCU juga mencatat penetrasi pertumbuhan 7.5% (jumlah anggota Credit Union dibagi populasi ekonomi aktif usia 19-64 tahun). Di Indonesia sendiri tahun 2010 penetrasi pertumbuhan Credit Union baru mencapai 0.9%, namun di Korea penetrasi Credit Union sudah mencapai 15.7%.

Share this Post:

Artikel Terkait: