Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita Internasional

Asian Credit Union Forum 2023 - Kathmandu, Nepal

Asian Credit Union Forum 2023 - Kathmandu, Nepal

PUSKOPCUINA beserta 2 CU Primer anggota, yaitu CU Betang Asi dan CU Sauan Sibarrung mengikuti kegiatan Asian Credit Union Forum yang diselenggarakan oleh Association of Asian Confederation of Credit Unions (ACCU) bertempat di Kathmandu, Nepal.

Rangkaian kegiatan berlangsung dari tanggal 11 September sampai dengan 17 September 2023, dimana 11-13 September 2023 adalah lokakarya sebelum kegiatan forum yang terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu: 

  1. Kelompok CEO di CEO Workshop yang membahas terkait dengan Bangkok Declaration yang ditetapkan di Asian Credit Union Forum 2022 lalu di Bangkok, Thailand.
  2. Kelompok Asian Credit Union Executive Society yang membahas terkait dengan solusi bisnis ACCU yang baru, yaitu Business Solution No. 33 Guide to Financial Wellness of Employees dengan fasilitator salah satunya RD Fredy Rante Taruk Pr., penasihat PUSKOPCUINA dan CU Sauan Sibarrung yang membahas terkait dengan bagaimana Credit Union dapat meningkatkan kesehatan finansial dari staf CU agar tidak melakukan tindakan fraud.
  3. Kelompok Women dan Youth workshop yang membahas terkait dengan strategi keterlibatan anak muda dan perempuan dalam gerakan Credit Union.

CEO Workshop, 11-13 September 2023

Pada CEO Workshop diikuti oleh peserta yang merupakan CEO dari masing-masing federasi di negara mereka masing-masing yang terdiri dari Indonesia, Jepang, Filipina, Thailand, Papua Nugini, Taiwan, dan Nepal.

Pada workshop ini dibahas terkait dengan hasil Bangkok Declaration dan juga target selanjutnya di tahun 2030 yang terdiri dari:

  1. Mendalamkan jangkauan dengan 100.000 anggota di 500 Credit Union melalui pelaksanaan Program Inovasi Keuangan Mikro Credit Union yang berkelanjutan, berfokus pada pria dan wanita dalam komunitas, kelompok yang kurang beruntung, dan kelompok yang terpinggirkan lainnya untuk mewujudkan komitmen dan partisipasi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) Goal 1.
  2. Memasukkan 30% pemuda dan wanita sebagai anggota dan pemimpin dalam Credit Union untuk memperluas akses dan literasi keuangan serta mempromosikan kesetaraan gender sambil memperkuat kesejahteraan komunitas dan keberlanjutan koperasi keuangan ini.
  3. Menciptakan setidaknya 500 peluang kerja bagi anggota di 100 Credit Union dengan menginstitusionalisasi Layanan Pengembangan Bisnis yang menyediakan dorongan bisnis yang profesional, berkualitas tinggi, dan terindividualisasi serta bantuan teknis kepada anggota dengan usaha kecil yang sudah ada dan perusahaan baru yang akan dibuka.
  4. Fokus pada kesejahteraan keuangan secara holistik bagi setidaknya 50.000 anggota dan karyawan di 100 Credit Union daripada hanya literasi keuangan dengan menawarkan dukungan dan nasihat holistik sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan jangka pendek sambil bekerja menuju tujuan keuangan jangka panjang.
  5. Meningkatkan peran Credit Union sebagai penasihat penciptaan kekayaan yang dipercayai oleh anggota dengan menawarkan hanya produk dan layanan pembangunan kekayaan yang membantu setidaknya 50.000 anggota di 200 Credit Union mencapai kemandirian keuangan.
  6. Merangkul solidaritas antargenerasi, mendorong komitmen di antara 100.000 pemimpin dan karyawan dari segala kelompok usia dalam 10.000 Credit Union untuk menjunjung tinggi nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi saling membantu. Dalam upaya ini, kami berjanji untuk terlibat dalam pembelajaran berkelanjutan melalui Leadership Bootcamp, memperkuat rasa tujuan kolektif kami saat kami bersiap untuk memberikan tongkat estafet kepada generasi pemimpin berikutnya.
  7. Memperkuat Credit Union melalui standar ACCESS di 1.000 Credit Union, CULEG di 16 federasi, dan pengawasan berbasis risiko untuk meningkatkan daya tahan dalam menghadapi gangguan dan mempromosikan budaya pengelolaan risiko dengan tujuan memiliki modal institusi minimum sebesar 10%.
  8. Berkontribusi pada digitalisasi setidaknya 50% dari koperasi keuangan yang digunakan oleh setidaknya 30% anggotanya. Ini dapat lebih meningkatkan inovasi dan kewirausahaan serta mendukung transisi ke layanan keuangan yang inklusif, berbiaya rendah, dan berkarbon rendah.
  9. Mendorong budaya pengelolaan iklim yang mendukung inovasi dengan menginstitusionalisasikan program peningkatan kesadaran bagi anggota dan lensa iklim dalam semua aspek operasi dan layanan keuangan Credit Union untuk mengelola dampak perubahan iklim, meningkatkan kapasitas adaptasi, dan mengurangi kerentanan secara keseluruhan. Setidaknya 10% dari Credit Union di Asia telah mengintegrasikan lensa iklim dalam semua area operasional.
  10. Terlibat aktif dalam mengembangkan strategi integrasi dalam 10 federasi nasional, memberikan umpan balik yang tepat waktu tentang pencapaian dan tantangan integrasi.

Credit Union Visit and Cultural Immersion, 14 September 2023

Setelah CEO Workshop maka kegiatan dilanjutkan dengan field visit mengunjungi CU di Nepal salah satunya adalah CU Chandragiri SACCOS dengan melihat kantor mereka lalu mengunjungi stand pameran produk-produk hasil anggota dan kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari CU terkait dengan profil, pengembangan dan juga pencapaian yang telah dicapai.

Setelah mengunjungi CU maka kami dilanjutkan dengan pergi mengunjungi salah satu situs budaya dan religius umat Buddha yang paling penting di Kathmandu yaitu Swayambhunath Stupa yang juga dikenal dengan stupa monyet atau stupa kera dan merupakan salah satu stupa tertua dan paling suci di Nepal dan merupakan salah satu ikon yang paling dikenal dalam budaya Nepal.

Asian Credit Union Forum Day 1, 15 September 2023

Asian Credit Union Forum dimulai dengan sambutan, tarian dan perarakan bendera masing-masing negara di aula Megha Malhar di Hotel The Soaltee Kathmandu. Disini juga diserahkan penghargaan kepada berbagai CU di gerakan Asia yaitu penghargaan ACCESS Branding predikat Gold kepada CU Sauan Sibarrung dan sekaligus memberikan penghargaan pertama di Asia untuk kategori CULEG kepada CU Sauan Sibarrung.

Plenary 1 - State of the World Credit Union Movement

Dilanjutkan dengan plenary 1 yang dibawakan oleh President dan CEO World Council yaitu Elissa McCarter LaBorde yang membahas terkait dengan kondisi gerakan Credit Union di dunia terutama pada tantangan yang dihadapi yaitu:

  1. Kondisi ekonomi global
  2. Teknologi
  3. Regulasi
  4. Tata Kelola
  5. Kejahatan/ancaman cyber
  6. Keanggotaan CU yang semakin menua
  7. Perebutan pekerja dengan keahlian tinggi

Selain tantangan juga terdapat berbagai peluang seperti digitalisasi, kondisi iklim dan keberlanjutan serta ketahanan mata pencaharian.

Plenary 2 - From Bangkok Delcaration to Action: Our Progress and Next Steps

Dilanjutkan dengan plenary 2 dimana CEO dari federasi di negara Indonesia, Filipina dan Nepal membagikan pencapaian, tantangan dan peluang yang dihadapi dalam bangkok declaration.

Plenary 3 - Leveraging Digital Technology to enchance member experience, Improve operational efficiency, and drive growth

Dilanjutkan dengan plenary 3 yang dibawakan oleh Risk Management Team Seungjoo Shin dari NACUFOK Federasi Credit Union di Korea Selatan yang memperkenalkan terkait digital financial platform yaitu On Bank (mobile banking), Reon Branch (internet banking) dan LIFE On (Lifestyle dan e-commerce).

Breakout 1

Setelah Plenary 3 maka peserta diberikan kesempatan untuk memilih sesi breakout dimana terdapat 3 sesi breakout di ruangan yang berbeda dengan pembahasan yang berbeda pula. Breakout yang ada yaitu:

  1. PURPOSE: Financial inclusions is inherent ot credit unions but actions is required. Breakout ini membahas terkait dengan bagaimana CU bisa menjangkau masyarakat dengan ekonomi rendah dan masyarakat di daerah terpencil yang juga berkorelasi dengan SDG no. 1 yaitu tentang tidak ada kemiskinan di tahun 2030.
  2. PEOPLE: Credit Unions Mirror-image the People who Govern and Run Them. Breakout ini membahas bagaimana CU menciptakan struktur kepemimpinan yang dimana merefleksikan kombinasi antara hard skill dan soft skill yang relevan untuk operasi Credit Union.
  3. PASSION: Is Mission Drift a Challenge in the Credit Union Movement? Breakout ini membahas tentang tantangan gerakan Credit Union dimana terdapat berbagai CU yang mulai menawarkan layanan diluar layanan umum CU seperti layanan manajemen investasi dan asuransi.

Nepali Night

Selanjutnya hari ditutup dengan Nepali Night yang merupakan kegiatan seni budaya yang ditawarkan oleh 2 Federasi Credit Union Nepal yaitu NEFSCUN dan NCBL 

Asian Credit Union Forum Day 2, 16 September 2023

Hari kedua dari Asian Credit Union Forum dimulai di ruangan yang sama yaitu di aula Megha Malhar dan melanjutkan dengan plenary.

Plenary 4 – ACCU’s International Credit Union Development

Plenary ini ACCU memperkenalkan kembali pengembangan gerakan Credit Union yang dilakukan oleh ACCU yaitu dengan pengenalan beberapa komunitas yaitu 

  1. Asian Credit Union Executive Society (ACUES) yang merupakan komunitas untuk para eksekutif (CEO, Manajer, Deputi) dan profesional di CU untuk tergabung bersama dan saling berbagi ilmu dan pengetahuan.
  2. Asian Credit Union Network of Emerging Leaders (ACUNEL) yang merupakan komunitas untuk para pemuda profesional dan calon pemimpin masa depan di kalangan CU dengan tujuan untuk menyiapkan orang muda di dalam gerakan Credit Union.
  3. Sisters Society’s yang merupakan komunitas untuk perempuan yang berkarya di dalam komunitas CU dengan tujuan untuk saling berbagi dan mendorong perempuan untuk dapat lebih banyak mengambil peran dalam gerakan Credit Union.

Plenary 5 – The Triple Bottom Line: Why is it Important for Credit Union?

Plenary ini membahas terkait konsep Tripe Bottom line dalam gerakan Credit Union yang mengevaluasi kesuksesan berdasarkan pada performa finansial, dampak sosial dan tanggungjawab terhadap lingkungan sekitar.

Breakout 2

Setelah plenary dilanjutkan dengan breakout yaitu:

  1. PURPOSE: Going Above and Beyond Financial Services for Member Empowerment (NACUFOK Experience). Breakout ini membahas terkait dengan bagaimana CU telah berevolusi diluar layanan perbankan tradisional, tapi lebih berfokus pada pemberdayaan anggota dengan inovatif meliputi aspek fisik, emosi, sosial, spiritual dan intektual dalam hidup anggota.
  2. PEOPLE: Building a Digital Literate Membership of Credit Unions: Enabling them to live in the society of the future. Breakout ini membahas bagaimana CU memberikan layanan digital kepada anggota dan menghadapi tantangan seperti literasi digital, pembiayaan dan juga bagaimana pentingnya anggota dapat menggunakan teknologi dengan baik dan aman.
  3. PASSION: Passion for People Differentiates Truly Great Leaders. Breakout ini membahas bagaimana seorang pemimpin yang memiliki “passion” dalam memimpin CU dapat memberikan waktu dan tenaga serta pikiran lebih demi kebutuhan anggota.

Breakout 3

Kemudian dilanjutkan lagi dengan breakout selanjutnya di siang hari yaitu:

  1. PURPOSE: The Roadmap for the Financial Wellness of Employees and Members of Credit Unions. Breakout ini membahas terkait solusi bisnis 33 yang sebelumnya sudah dibahas juga di pre-forum workshop oleh kelompok ACUES yaitu terkait bagaimana CU menyiapkan pemahaman finansial literasi kepada anggota dan kepada staf.
  2. PEOPLE: Is training leads to a positive contribution in building quality people and quality credit unions? Breakout ini membahas bagaimana gerakan Credit Union di Korea mencontohkan prinsip koperasi nomor 5 dan membuat gerakan Credit Union Korea mencapai peringkat khusus ke-4 dalam gerakan Credit Union global.
  3. PASSION: How do we strengthen the credit union value proposition to attract and retain talents? Breakout ini membahas bagaimana Credit Union menjadi menarik bagi anak muda untuk ikut terlibat dalam manajemen dan posisi pengurus.

Plenary 6 – Living the Credit Union Difference, the Sauan Sibarrung Credit Union Experience

Plenari ini membahas bagaimana CU Sauan Sibarrung membangun komunitas Credit Union yang menawarkan diluar layanan finansial melingkupi komunitas, pemberdayaan, dan dampak sosial. Dan membuat CU Sauan Sibarrung bisa mendapatkan ACCESS Branding predikat Gold dan juga penghargaan CULEG pertama di asia. 

Plenary 7 – Forum Recommendation and Closing

Plenari terakhir yang berfokus pada pembacaan berbagai rekomendasi salah satunya adalah pembaharuan dari Bangkok Declaration yang sudah dibahas di CEO Workshop menjadi Kathmandu Reinforced Bangkok Declaration. 

ACCU Annual General Meeting, 17 September 2023

Selanjutnya pada tanggal 17 September 2023 dilanjutkan dengan Annual General Meeting (AGM) yang hanya untuk utusan dari masing-masing federasi di negara yang membahas terkait berbagai pencapaian rencana kerja di tahun 2023, penerimaan anggota baru, pembahasan rencana kerja di tahun 2024 dan penentuan tuan rumah Asian Credit Union Forum 2024 yang akan bertempat di Indonesia.

 

Share this Post:
Ditulis oleh Tony
Manajer Bidang Teknologi Informasi

Artikel Terkait: