Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita Internasional

PUSKOPCUINA MENJADI ANGGOTA ACCU

PUSKOPCUINA MENJADI ANGGOTA ACCU

Association of Asian Confederation of Credit Unions (ACCU) melalui CEO, Ms. Elenita V. San Roque menyampaikan kepada Ketua Pengurus PUSKOPCUINA, Marselus Sunardi bahwa ACCU melalui Rapat Pengurus ke-106 yang dilaksanakan tanggal 6 Septembe 2021 telah menyetujui permohonan PUSKOPCUINA menjadi Associate Member. Dengan demikian, PUSKOPCUINA resmi menjadi bagian dari keanggotaan ACCU. 

Diterimanya PUSKOPCUINA sebagai anggota ACCU menjadi kebanggaan dan sekalius sukacita bersama aktivis CU dalam jejaring PUSKOPCUINA. Tentu ini melebihi ekspektasi PUSKOPCUINA, karena tahun ini PUSKOPCUINA baru mencanangkan masih menjadi supporter member ACCU. Dukungan ACCU ini tentu menambah semangat PUSKOPCUINA dan anggotanya untuk terus mengembangkan CU dengan tata kelola yang baik berbasis A-1 Competitive Choice for Competitiveness and Excellence in Services and Soundness (ACCESS). 
Penerapan tata Kelola CU berbasis ACCESS  ini sudah menjadi komitmen bagi anggota PUSKOPCUINA, dan saat ini kita terus berupaya membenahi tata Kelola CU agar CU sungguh-sungguh mampu meningkatkan mutu hidup anggotanya dan CU tetap berkelanjutan. 

Praktek terbaik dalam penerapan tata kelola berbasis ACCESS sudah dilakukan CU Sauan Sibarrung, salah satu anggota PUSKOPCUINA yang ada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Dalam keadaan sulit akibat pandemi Covid-19, CU Sauan Sibarrung tetap mampu mempertahankan akreditasi ACCESS Branding selama 4 tahun berturut-turut dengan predikat Silver. Satu-satu CU di Indonesia yang sudah mampu meraih akreditasi ACCESS Branding dari 1.029 CU yang ada di Indonesia (sumber : Statistical Report ACCU 2020). 

ACCESS Branding menggunakan arsitektur balanced scorecard. ACCESS terdiri dari 86 indikator dalam empat perspektif kegiatan CU, yakni perspektif keuangan, anggota, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan ACCESS digunakan sebagai sistem manajemen yang dapat menyalurkan energi, kemampuan, dan pengetahuan khusus yang dimiliki oleh orang-orang di dalam CU terhadap pencapaian tujuan strategis jangka panjang. Mencapai setiap indikator akan membangun kemampuan kompetitive berjangka panjang, nilai, dan deferensiasi CU di pasar.

Dengan menjadi anggota ACCU, PUSKOPCUINA telah mendukung ACCU dalam mendorong kemajuan signifikan dalam memungkinkan lebih dari 48,7 juta anggota individu CU di Asiauntuk mengakses layanan keuangan yang terjangkau.

ACCU juga mengundang PUSKOPCUINA untuk mengikuti Rapat Anggota tahunan ACCU ke-40 yang dilaksanakan secara daring tanggal 10 September 2021. Dalam kesempatan ini, PUSKOPCUINA diwakili oleh Marselus Sunardi selaku Ketua Pengurus dan Erowin sebagai General Manager.

Annual General Meeting (AGM) ACCU ini akan dihadiri oleh anggota ACCU yang tersebar di 21 negara, salah satunya Indonesia. Anggota yang hadir terdiri dari 16 regular member, 1 associate member dan 13 affiliate member. Ketiga kategori keanggotaan sebagai delegasi dalam AGM - di Indonesia dikenal dengan Rapat Anggota Tahunan – yang merupakan perwakilan pengurus dari masing-masing federasi nasional CU disetiap negara tersebut. 

Semoga PUSKOPCUNA dan anggota semakin bertumbuh sehingga mampu mewujudkan tujuan CU, yakni meningkatkan kualitas hidup anggota dan CU yang berkelanjutan.

Salam Solusi Cerdas Terpercaya

Erowin

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: