Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita Credit Union

Pemberdayaan Anggota Model PKA CU Bonaventura

Pemberdayaan Anggota Model PKA CU Bonaventura

Misi CU Bonaventura yaitu memberdayakan anggota menuju masyarakat yang mandiri, sejahtera, dan berkualitas melalui pendidikan, pelayanan keuangan, dan pendampingan. Salah satu penekanan dari misi tersebut adalah melakukan pendampingan berbasis komunitas. Komunitas artinya kesatuan yang terdiri dari individu-individu atau anggota-anggota. Ini sesuai dengan arti kata “credit union” yaitu perkumpulan orang yang saling percaya. Berbasis komunitas artinya CU Bonaventura menjadikan Anggota dalam komunitas sebagai subjek utama pelayanan dan pemberdayaan. 

PKA disalah satu TP Bersama komunitas ibu-ibu (foto: Bidang Dikdaya CU Bonaventura)

Pendampingan Anggota selama ini sudah dilakukan melalui Pertemuan Kelompok Anggota (PKA). PKA sudah dimulai sejak 2009. Pemikiran awalnya didasari bahwa CU Bonaventura adalah milik anggota. Sebagai pemilik, Anggota perlu mengetahui perkembangan CU Bonaventura. Dalam perkembangannya, PKA juga menjadi media Anggota untuk menyampaikan permasalahannya dalam ber-CU. Sehingga PKA juga membahas dan mencari solusi bagi Anggota. 

PKA dilaksanakan oleh tim dari TP yang terdiri dari manajer dan staf. Anggota yang dikumpulkan berasal dari satu lingkup kecil misalnya RT atau dusun. Tugas untuk mengumpulkan Anggota dan menentukan tempat pertemuan ditangani oleh anggota potensial. Anggota diajak berkumpul di rumah salah satu anggota secara bergiliran. Misalnya Bulan Januari di rumah Bapak A, Februari di rumah Ibu B, Maret di rumah Bapak C. Waktu pertemuan biasanya pada malam hari saat anggota sudah lepas dari kesibukan bekerja. Namun pernah pula dilakukan siang dan sore hari. Beragam metode disiapkan oleh tim PKA agar kegiatan menarik dan bermanfaat. Metode yang digunakan biasanya diskusi kelas, diskusi kelompok, curah pendapat, atau simulasi. 

PKA dilakukan secara berkala. Biasanya sebulan atau 3 bulan sekali di satu wilayah. Setiap wilayah memiliki karakter yang berbeda. Misalnya di kampung orang tinggal berdekatan dan sangat akrab. Tidak sulit untuk berkumpul. Berbeda dengan situasi di perkotaan. Banyak anggota tinggal berjauhan dan bahkan tidak saling mengenal. Tetapi lewat PKA mereka bisa saling kenal dan memunculkan keakraban. 

              Secara garis besar manfaat yang diperoleh oleh Anggota maupun manajemen TP melalui PKA adalah:

  1. Mengelola hubungan baik dan erat anggota dengan anggota dan anggota dengan manajemen CU Bonaventura.
  2. Anggota mendapat informasi terbaru dan benar tentang CU Bonaventura.
  3. Manajemen dapat mengetahui kebutuhan, keinginan, pandangan, dan keluhan anggotapada CU Bonaventura sehingga dapat Menyusun strategi pelayanan yang tepat.
  4. Manajemen dapat mengetahui kondisi nyata dan terkini anggota secara pribadi sehingga mengerti cara yang tepat melayaninya.
Salah satu kegiatan PKA : Manajemen sedang memaparkan pencapaian bulanan TP (Foto: Siska)

Hasil yang ingin dicapai lewat PKA adalah (1). Anggota tetap setia dengan CU Bonaventura. (2). Anggota memahami dan memanfaatkan produk dan pelayanan CU Bonaventura dengan baik. (3). Anggota mau mengajak orang lain untuk bergabung di CU Bonaventura.

Banyak anggota yang berpartisipasi dalam setiap PKA. Ini menjadi modal awal yang kuat untuk memberdayakan anggota. Maka ke depannya PKA memungkinkan untuk dapat dikembangkan menjadi kelompok usaha produktif. Upaya ini dimulai dengan membentuk kelompok kecil terstruktur beranggotakan 15 orang. Kelompok ini harus mengadakan pertemuan rutin setiap bulan untuk memperkuat hubungan antar anggota kelompok dan menciptakan kesepahaman. Jika kelompok sudah benar-benar solid maka dapat mulai membicarakan usaha bersama yang dikelola kelompok. 

Melihat besarnya manfaat pertemuan ini bagi anggota maka sangat diharapkan kehadiran anggota dalam setiap PKA yang diselenggarakan di lingkungannya. Anggota yang sudah aktif dapat memotivasi anggota lain yang tidak aktif untuk menghadiri PKA agar tergerak aktif kembali.***

Gabrile, S.E., Sekretaris GM CU Bonaventura

Share this Post:
Ditulis oleh Admin
Admin

Artikel Terkait: