Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Pendidikan Anggota

PENTINGNYA PENDIDIKAN FINANCIAL LITERACY BAGI ANGGOTA

PENTINGNYA PENDIDIKAN FINANCIAL LITERACY BAGI ANGGOTA

Dalam kehidupannya, setiap anggota CU pasti akan selalu terlibat dengan anggaran dan keuangan. Untuk itu, literasi keuangan adalah sesuatu yang sangat diperlukan oleh setiap anggota agar mampu menerapkan skala prioritas dalam mengelola keuangannya sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan keluarga.

Literasi Keuangan Adalah

Pengertian umum dari financial literacy atau literasi keuangan adalah Lebih khusus mengacu pada seperangkat keterampilan dan pengetahuan yang memungkinkan seorang individu mampu membuat keputusan yang efektif dengan semua sumber daya keuangannya untuk mencapai tujuan hidupnya.

Beberapa ahli bidang ekonomi memiliki pandangannya sendiri terkait literasi keuangan. Manurung menjelaskan bahwa literasi keuangan adalah seperangkat pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam membuat keputusan dan kebijakan yang efektif dengan memanfaatkan seluruh sumber daya keuangan yang dimilikinya.

Sedangkan Mitchell berpendapat bahwa literasi keuangan adalah cara mengukur kemampuan setiap orang dalam menjalani berbagai informasi ekonomi yang didapatkannya. Sehingga memungkinkan mereka untuk mampu mengambil keputusan dalam membuat perencanaan keuangan, akumulasi keuangan, pemanfaatan pinjaman dan simpanan hari tuanya.

Mengapa Pendidikan Financial Lteracy penting bagi anggota?

Anggota CU KUSAPA memerlukan tingkat literasi keuangan yang baik agar mereka mampu mengelola keuangannya secara lebih baik dan mampu meningkatkan pendapatannya sehingga tidak dihabiskan secara mudah pada berbagai hal yang sifatnya konsumtif, tapi digunakan investasi yang nilainya lebih produktif.

 

Manfaat Literasi Keuangan bagi Anggota

Literasi keuangan yang baik mempunyai manfaat jangka panjang untuk setiap anggota CU KUSAPA. Literasi keuangan juga mampu membuat anggota mengelola dan juga mengambil setiap peluang untuk bisa meningkatkan pendapatan sehingga anggota mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan. Selain itu, literasi keuangan pun mampu membantu anggota CU KUSAPA dalam membuat keputusan utamanya yang berkaitan dengan pengambilan keputusan untuk menabung dan berinvestasi.

Kesimpulan

Berdasarkan manfaat tersebut diatas, CU KUSAPA melaksanakan Pendidikan Financial Lietracy bagi anggota di kantor TP Bujakng Nyangko Pahauman pada hari senin tanggal 30 Januari 2023, anggota yang diundang sebanyak 30 orang yang difasilitasi oleh Sukino, Deputy Pemberdayaan CU KUSAPA. 

Mengingat begitu pentingnya Pendidikan Financal literacy ini bagi anggota, maka CU KUSAPA secara konsisten menargetkan pelaksanaan kegiatan ini dalam program kerja setiap tahunnya.

Share this Post:
Ditulis oleh SUKINO
Deputy Pemberdayaan

Artikel Terkait: