Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

sMartCU Membantu Pemasaran Hasil Usaha Anggota

sMartCU Membantu Pemasaran Hasil Usaha Anggota

PUSKOPCUINA bersama anggotanya telah sepakat untuk mengembangkan Credit Union berbasis pemberdayaan anggota. Tujuannya jelas, agar anggota meningkat kualitas hidupnya. Tidak cukup sekedar menyediakan layanan keuangan yang berkualitas, namun CU dituntut untuk mampu memfasilitasi lahirnya wirausahawan baru dari anggota dan meningkatkan volume usaha anggota yang sudah lama menjadi wirausahawan. Tantangan lainnya, bagaimana CU mampu melahirkan dan mendampingi kelompok usaha binaan CU sehingga kelompok mampu berproduksi untuk menghasilkan produk yang dapat diterima oleh pasar.

Pemasaran produk dari kelompok binaan CU menjadi perhatian PUSKOPCUINA. Sudah lama dipikirkan cara untuk membantu anggota CU menjual produknya, tentu saja menggunakan chanel pemasaran yang memanfaatkan teknologi.

Cita-cita ini dapat terpenuhi setelah PUSKOPCUINA memiliki marketplace yang diberi nama sMartCU yang dapat diakses pada laman www.smartcu.id. Pembeli yang berbelanja di sMartCU tidak sekedar memenuhi kebutuhannya namun yang terpenting juga telah membantu mengembangkan usaha UMKM.

Tanggal 15 Maret 2022 diadakan rapat antara PUSKOPCUINA, PT. ARO, CU Primer dan vendor (anggota yang menjual produknya di sMartCU). Hal ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada para CU Primer selaku admin dan vendor terkait optimalisasi penggunaan sMartCU, seperti cara membuat foto untuk iklan produk, cara beriklan dan sharing pengalaman dari vendor. Rapat ini dipimpin oleh Dr. Fredy Rante Taruk, Pr selaku Ketua Tim Pengembangan Teknologi Informasi PUSKOPCUINA. Hadir 7 CU Primer: CU Angudi Laras, CU Cindelaras Tumangkar, CU Kridha Rahardja, CU Mekar Kasih, CU Mentari Kasih, CU Sauan Sibarrung,  dan CU Stella Maris dan 23 orang vendor. 

Pertemuan ini menghasilkan rekomendasi membuat: 1aplikasi sMartCu berbasis mobile apps, 2dashboard perkembangan transaksi/omzet vendor, 3upload produk untuk varian dan ukuran, 4dokumentasi produk success story (video) dan 5menampilkan grafik 10 besar penjualan produk dari vendor sekaligus menjadi pembicara dalam pertemuan berikutnya. 

Dalam kesempatan pertemuan ini, dihadirkan vendor dari CU Sauan Sibarrung, CU Mekar Kasih dan CU Mentari Kasih untuk sharing pengalaman selama menggunakan sMartCU dalam menjual produknya. Martinus – salah satu vendor dari CU Sauan Sibarrung, menyampaikan terima kasih kepada PUSKOPCUINA dan CU Sauan Sibarrung karena telah membantu pemasaran produk minuman herbal yang diproduksinya. sMartCU ini membantu saya memasarkan produk minuman herbal saya, dan mampu meningkatkan penjualan, apalagi ditambah dengan ada diskon penjualan dan diskon ongkos kirim, ujarnya.

Kacang mente saya kalau saat hari raya bisa terjual diatas 200 Kg, tapi kalau hari biasa bisa habis 30-50 Kg, ini juga berkat sMartCU sehingga penjualan bisa meningkat, papar Boy, salah satu vendor dari CU Sauan Sibarrung yang menjual kacang mente di platform sMartCU.

Tak jauh berbeda dengan Martinus dan Boy, Cristine juga menyampaikan bahwa sMartCU membantu dia dalam memasarkan kue yang dibuatnya. Penjualannya meningkat. Harapannya, sMartCU ini bisa diakses melalui mobile apps biar pembeli bisa lebih mudah mengaksesnya, kalau berbasis web ini masih agak sulit, saran Cristine. Dua tahun lalu saya kembali ke Toraja, setelah beberapa tahun tinggal di Manado, saya menjadi anggota CU Sauan Sibarrung, lewat CU Sauan Sibarrung saya bisa mendapatkan modal untuk usaha saya, terima kasih CU Sauan Sibarrung, tambah Cristine.

CU Mekar kasih dalam pertemuan ini menghadirkan salah satu kelompok binaannya yang membuat kripik tempe. Berkat pendampingan dari CU Mekar Kasih dan pemasaran kripik tempe di sMartCU, penjualan kami bisa meningkat, ujar Emiliana Erna. Kami ada 10 orang dalam kelompok ini. Kripik kami sudah bisa kami jual ke Jakarta dan NTT, walaupun tidak semua lewat sMartCU tambahnya.

Harapan kedepannya, usaha kelompok binaan di CU semakin berkembang sehingga mampu meningkatkan ekonomi rumah tangga anggota dan sMartCU mampu memfasilitasi penjualan produk yang dibuat anggota.

Salam Solusi Cerdas Terpercaya,

Erowin

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager PUSKOPCUINA

Artikel Terkait: