Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

PERENCANAAN  BISNIS CU JADI DASAR PELAYANAN PRIMA

PERENCANAAN BISNIS CU JADI DASAR PELAYANAN PRIMA

Kompleksnya tantangan PUSKOPCUINA sebagai Federasi Nasional memerlukan persiapan strategi yang matang dengan mempertimbangkan baik kekuatan dan kelemahan internal maupun peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal PUSKOPCUINA. Business Plan merupakan implementasi dari manajemen strategis yang diterapkan oleh PUSKOPCUINA untuk merencanakan kegiatan, taktik, anggaran  serta pendapatan dan biaya. Program kerja Tahun Buku (TB) 2024 diharapkan mampu memenuhi kebutuhan anggota serta memberikan dampak positif bagi anggota individu Credit Union (CU) primer.

Dalam rangka menyusun program kerja PUSKOPCUINA TB 2024, akan dilaksanakan business plan yang melibatkan unsur Penasihat, Pengurus, Pengawas, Komite dan Manajemen PUSKOPCUINA.

Kegiatan business plan  ini dilaksanakan  pada  tanggal 25 s.d. 27 September  2023, yang diikuti oleh 40 orang peserta dari unsur Penasihat, Pengurus, Pengawas, Komite dan Manajemen PUSKOPCUINA. Kegiatan  dilakukan secara luring dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan difasilitasi oleh Simon Jaang, Sekretaris  Pengurus PUSKOPCUINA. 

Dalam kegiatan business plan, dilakukan  evaluasi pencapaian program kerja TB 2023, evaluasi pencapaian arah strategis, matrik program kegiatan dan matrik perencanaan program dan anggaran. 

Pembahasan dilakukan secara mendalam dalam kelompok, sesuai bidang kerja di PUSKOPCUINA, yaitu organisasi, pemberdayaan, tata kelola dan kepatuhan,teknologi  informasi dan usaha.  Hasil diskusi kelompok dipresentasika secara pleno dan didiskusikan kembali untuk mempertajamnya sehingga bisa menjadi program kerja TB 2024. Untuk finalisasi anggaran sesuai dengan MPP dilakukan setelah kegiatan business plan  yang dilakukan oleh manajemen PUSKOPCUINA.  

Dalam kegiatan business plan, dilakukan juga kegiatan pemberian sertifikat pengabdian manajemen PUSKOPCUINA yang sudah bekerja selama 15, 20 dan 25 tahun di PUSKOPCUINA yang diserahkan secara simbolis  oleh Agustinus Alibata, anggota pengurus PUSKOPCUINA, kepada perwakilan manajemen. Pada tahun 2023, sertifikat pengabdian diberikan secara khusus kepada Vedriana Tencau, staf operasional dan perpajakan, yang sudah mengabdi selama 20 tahun di PUSKOPCUINA.

Dalam penutupan kegiatan business plan, Marselus Sunardi, Ketua Pengurus mengingatkan tentang penggunaan anggaran yang ada secara efektif dan efisien, sehingga program kerja TB 2024 dapat terlaksana dan pelayanan kepada anggota tetap berkualitas.

Share this Post:
Ditulis oleh Ella Agustina
Staf Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA yang membidangi Sertifikasi

Artikel Terkait: