Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Rapat Anggota

Segedong Membiru CU Stella Maris

Share:
Segedong Membiru CU Stella Maris
Peserta RAT berasal dari 4 tempat pelayanan

Sabtu tanggal 17 Februari 2024 Kota Kecamatan Segedong, 35 km dari Kota Pontianak, mendadak ramai karena kehadiran dua ratusan anggota Credit Union Stella Maris dari empat tempat pelayanan/kantor cabang menggunakan dua bis, mobil kecil dan sepeda motor. Dengan memakai kaos biru, di bawah tenda biru dan nuansa biru lainnya, mereka mengikuti forum tertinggi anggota, rapat anggota tahunan (RAT) Tahun Buku 2023.

Sambutan Dinas Koperasi dan UKm Kalbar

RAT diawali dengan seremoni acara (menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne CU, misi, visi, nilai inti), dilanjutkan sambutan-sambutan dan diselingi kesenian tundang, kesenian khas Melayu dan tarian nuansa Dayak.

Pemerintah, yang diwakili Drs. Resmiguno, Kepala Bidang Pengawasan dan Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat dalam sambutan pembukaan menyampaikan apresiasi kepada CU Stella Maris. “CU Stella Maris adalah CU  yang tepat waktu dalam pelaksanaan RAT sebagai bukti bahwa CU ini taat aturan dan sehat. Dengan melaksanakan RAT berarti sebuah koperasi berani dan terbuka mempertanggungjawabkan usaha, kegiatannya kepada anggota dan publik,”ujarnya. Di akhir sambutan, Resmiguno menyerahkan sertifikat penghargaan RAT Tepat Waktu kepada CU Stella Maris.  

 

Sambutan PUSKOPCUINA

Eustella Maris, Pengurus Pusat Koperasi Credit Union Indonesaia (PUSKOPCUINA) yang menjadi pembina, sekunder CU Stella Maris dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gerakan koperasi, khususnya credit union menghadapi beberapa tantangan. “Tantanggan yang kita hadapi antara lain adalah terkait regulasi/perundangan. Ada UU No. 4 Tahun 2023 tentang PPSK, Permenkop UKM No. 8 Tahun 2023 tentang Usaha Simpan Pinjam, perubahan SAK ETAP menjadi SAK Entitas Privat, ketentuan perpajakan yang ‘kadang’ membingungkan, Penting sekali agar pengurus memastikan agar koperasi mematuhi berbagai aturan, dan berkomunikasi dengan pemerintah,”jelasnya. 

RAT Tahun Buku 2023 

Ketua Panitia RAT, Hendrikus Harjo melaporkan bahwa agenda RAT ada dua, yakni laporan pertanggungjawaban pengurus dan laporan hasil pengawasan pengawas. “Tidak seperti RAT-RAT sebelumnya, dalam RAT kali ini tidak ada agenda pembahasan program kerja karena program kerja sudah dibahas dan disahkan dalam Rapat Anggota Khusus Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan Tahun Buku 2024,”jelasnya. 

Tema RAT Tahun Buku 2023 adalah: "Memperkuat tata kelola, pelayanan prima dan pemberdayaan yang didukung teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas hidup anggota sebagai pemilik dan penanggung jawab CU Stella Maris".

Melalui tema ini Pengurus mengajak seluruh anggota agar menjadi anggota yang aktif, anggota yang bertanggung jawab agar CU Stella Maris terus bertumbuh, semakin sehat dan berkelanjutan. “CU Stella Marisi yang sehat dan berkelanjutan hanya akan dicapai jika seluruh anggota turut bertanggung jawab terhadap CU Stella Maris. Anggota harus berpartisipasi aktif menabung, meminjam dan mengikuti kegiatan CU Stella Maris lainnya. Mari kita seimbang: mendapat balas jasa, tapi juga memberi kepada CU, yakni meminjam dan membayar pinjaman. Harus seimbang antara hak dan kewajiban,”harap Edi V. Petebang, Ketua Pengurus dalam sambutannya. 

Sambutan Ketua Pengurus Edi V. Petebang
Hendrikus Harjo, Ketua Panitia RAT

Edi juga sangat mengharapkan agar seluruh anggota sebagai pemilik wajib menjadi promotor CU Stella Maris. Ikut aktif mempromosikan, memperkenalkan CU melalui beragam cara, seperti media sosial dan melalui keseharian hidup dengan tetatangga, keluarga dan masyarakat. 

RAT dipimpin oleh perwakilan angota, yakni Tri Kukuh Tino David sebagai pimpinan rapat dan Nurkomariah sebagai sekretaris rapat. Setelah melalui pembahasan dalam dua termin, RAT secara aklamasi menerima laporan pertanggungjawaban pengurus dan laporan hasil pengawasan pengawas dengan beberapa catatan perbaikan.

Salah seorang peserta RAT, Ella Agustina mengatakan bahwa RAT menyenangkan. “RAT di kantor TP yang baru, pergi bareng pakai bis dengan para peserta. Doorprize-nya banyak lagi. Dan selesai tepat waktu. Luar biasa. Selamat buat semua panitia RAT, pengurus, pengawas dan manajemen CU Stella Maris, sukses acaranya,”ujarnya.

Penandatangan Berita Acara RAT 

Peserta RAT tambah antusias karena panitia menyediakan banyak hadiah doorprize dan undian. Undian yang berlaku untuk seluruh anggota adalah pemakaian escete CUSM mobile terbanyak untuk lima orang. Sedangkan doorprize hanya untuk anggota yang hadir pada saat RAT. Hampir sembilan puluh persen peserta mendapatkan doorprize. ***

Ella Agustina, Peserta RAT yang mendapat doorprize utama, kulkas
Author Image

Sekretaris Pengurus CU Stella Maris

Artikel Terkait: