Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Struktur Manajemen dan Integrasi Gerakan CU

Struktur Manajemen dan Integrasi Gerakan CU

“Kita sudah sepakat bahwa kita ingin menjadi federasi nasonal yang terintegrasi. Di Asia, National Credit Union Federation of Korea/NACUFOK adalah salah satu contoh federasi, di mana sudah sangat tersistem mulai dari bangunan sampai model kepegawaian”, ujar Marselus Sunardi, Ketua Pengurus PUSKOPCUINA saat membuka Forum Group Discussion (FGD) penyusunan struktur manajemen CU dalam jaringan PUSKOPCUINA. 

FGD diselenggarakan tanggal 11-12 April 2022 secara online. Kegiatan ini diikuti 89 peserta yang berasal dari perwakilan GM/Manajer, deputi/kepala bagian personalia, staf personalia Credit Union/CU dan manajemen PUSKOPCUINA. Erowin, GM PUSKOPCUINA yang menjadi fasilitator dalam kegiatan FGD ini. 

Belajar dari CU di Negara lain yang sudah terintegrasi, PUSKOPCUINA memulainya dengan merancang standarisasi struktur, penamaan jabatan, dan levelisasi manajemen yang efektif dan efisien. Sebelum FGD ini telah dilaksanakan Lokakarya Manual Prosedur/MP di Surabaya (18-21/10/2021). 

Peserta FGD (foto: Ella) 

Hasil yang diharapkan dari FGD ini  adalah tersedianya draft nama jabatan  yang standar di CU dan tersedianya  proyeksi nama jabatan di setiap tempat Pelayanan (TP)  sesuai produktivitas staf yang ditetapkan.

Diskusi hari pertama membahas tentang nama jabatan standar di CU yang dibahas dalam empat kelompok. Hasil diskusi kelompok dilanjutkan dalam diskusi pleno, yang mana menghasilkan nama jabatan standar untuk manajemen CU yang dikelompokkan  sebagai  pelaksana teknis, manajemen tingkat pertama, manajemen tingkat menengah, dan manajemen tingkat puncak. Hari kedua dilanjutkan dengan diskusi proyeksi nama jabatan di TP sesuai produktivitas staf. Peserta dibagi dalam lima kelompok yang membahas nama jabatan di TP dengan level TP pratama, madya, optima, ultima dan kantor pusat.

“Kami bersepakat untuk tetap menggunakan draft nama jabatan di TP ultima walaupun dalam kelompok kami belum ada CU yang sudah berada pada level TP ultima”, ujar Agato, manajer CU Kusapa saat pleno kelompok hari kedua. 

Antusias peserta sangat terasa dalam FGD tersebut. Peserta aktif dalam berdiskusi baik di dalam kelompok maupun pleno. Hasil FGD ini akan menjadi agenda dalam lokakarya kepegawaian yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2022.*

Beni & Ella, PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Admin
Admin

Artikel Terkait: