Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

"ACCESS BRANDING" SARANA MENUJU TATA KELOLA CU YANG SEHAT DI CU KASIH SEJAHTERA

"ACCESS BRANDING" SARANA MENUJU TATA KELOLA CU YANG SEHAT DI CU KASIH SEJAHTERA

ACCESS Branding adalah tools atau alat perencanaan strategis dan sekaligus penilaian standar tata kelola dan kualitas pelayanan sebuah Credit Union Primer. ACCESS sendiri adalah singkatan dari A-1 Competitive Choices for Excellence in Service and Soundness. Jadi secara sederhana, ACCESS Branding adalah sertifikasi terhadap sebuah Credit Union. Sejak tahun 2005 sertifikasi Access Branding telah disosialisasikan oleh Asian Confederation of Credit Union (ACCU) baik kepada CU/Koperasi Kredit Primer maupun kepada gerakan Puskopdit/Koperasi Kredit Sekunder. Selaras dengan penilaian kinerja Balanced Scorecard, ACCESS Brandingmengukur empat perspektif pelayanan dan kesehatan CU, yaitu: Perspektif Keuangan, Perspektif Anggota, Perspektif Bisnis Internal dan  Perspektif Pembelajaran & Pertumbuhan. Keempat perspektif tersebut terurai ke dalam 86 indikator penilaian.

Doc. Photo: Rosalina Susi & Ella Agustina Saat Memfasilitasi Persiapan Assesment ACCESS di CU Kasih Sejahtera

“Setelah kegiatan pemaparan, rekomendasi yang disampaikan menjadi tanggungjawab kita bersama, pengurus,pengawas,komite, GM dan deputi serta manajer-manajer KC-KCP untuk melaksanakannya “ujar Rm. Syprianus Silvester Tes Mau, Pr,Ketua pengurus CU Kasih Sejahtera saat menutup kegiatan Assessment ACCESS Branding  CU Kasih Sejahtera  yang dilaksanakan tanggal 28 Maret  – 1 April 2023 di Atambua.

Kegiatan assessment ini merupakan program kerja bidang tata kelola tahun 2023. Dalam program kerja tahun 2023, pendampingan akreditasi ACCESS Branding di CU Kasih Sejahtera dilaksanakan sebanyak dua kali, secara  langsung ke CU  dan online melalui zoom meeting.

Kegiatan dilaksanakan oleh  Ella Agustina dan Rosalina Susi, tim ACCESS PUSKOPCUINA. Selama lima hari efektif kegiatan dilaksanakan dengan proses konfirmasi dan verifikasi hasil self assessment di SIMO per 28 Februari 2023, kemudian kunjungan lapangan pada Kantor Cabang (KC) dan Kantor Cabang Pembantu (KCP) dan diakhiri dengan pertemua pemaparan hasil assessment yang dilakukan.

Kegiatan kunjungan lapangan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2023, yang melakukan kunjungan ke KC Atambua, KCP Atambua Barat, KCP Halilulik, KCP Seon, KC Betun dan KCP Tasimane. Kunjungan dimulai pada pukul 08.00 Wita dan berakhir pada pukul 18.00 Wita. Selain tim ACCESS PUSKOPCUINA, tim ACCESS dan GM CU Kasih Sejahtera turut serta mendampingi . Diskusi dan pengamatan lapangan dilakukan, mulai dengan diskusi bersama komite-komite yang ada  di KC-KCP maupun pengamatan terhadap  aktivitas manajemen dan infrastruktur yang dimiliki.

Kegiatan assessment diakhiri dengan rapat pemaparan hasil assessment yang dihadiri oleh 54 orang, yang terdiri dari pengurus,pengawas,manajer KC-KCP dan tim ACCESS CU Kasih Sejahtera. Dalam pertemuan dipaparkan oleh tim PUSKOPCUINA mengenai hal-hal yang diperiksa dari keempat perspektif ACCESS dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk perbaikan ke depannya dan ini akan dikawal oleh tim ACCESS CU Kasih Sejahtera dalam pelaksanaannya.

Hasil dari pelaksanaan rekomendasinya akan dilihat kembali pada kegiatan assessment yang kedua dilakukan pada bulan September 2023 mendatang dan harapannya tim ACCESS CU Kasih Sejahtera bisa fokus dalam mengawalnya” ujar Ella Agustina, koordinator tim.

Jadi, ACCESS Branding bukan sekedar penilaian yang menitikberatkan pada sarana prasarana, kelengkapan administrasi, pertumbuhan aset dan aspek kasat mata lainnya. ACCESS Branding merupakan penilaian yang holistik sampai kepada kinerja Credit Union sebagai sebuah gerakan dan kepemimpinan orang-orang yang terlibat dalam gerakan Credit Union.

Doc. Photo: Rosalina Susi & Ella Agustina Saat Memfasilitasi Persiapan Assesment ACCESS di CU Kasih Sejahtera

Seperti yang disampaikan Petrus Doni, Manajer Tata Kelola saat memberikan Bimtek Assessment ACCESS pada Januari 2023 lalu, dimana tahun 2023 adalah tahun dimulai pendampingan untuk keempat CU anggota PUSKOPCUINA menuju akreditasi ACCESS Branding dan bagi CU-CU masih diberikan kesempatan untuk menentukan kapan bisa mengikuti akreditasi, sehingga PUSKOPCUINA dalam hal ini bidang tata kelola dan kepatuhan bisa mendampingi secara intens, dengan harapan keempat CU yang mengikuti bisa mendapatkan akreditasi ACCESS Branding, termasuk CU Kasih Sejahtera masuk didalamnya. Semoga ini bisa diwujudkan dengan tata kelola CU yang semakin baik, anggota juga bisa mendapatkan banyak manfaat menjadi anggota CU.

 

Ella Agustina - Staf Sertifikasi PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Ella Agustina
Staf Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA yang membidangi Sertifikasi

Artikel Terkait: