Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Ayo Bergabung dalam Forum Volunteer CU Indonesia

Ayo Bergabung dalam Forum Volunteer CU Indonesia

Dalam RAT PUSKOPCUINA di Semarang tanggal 3 Mei 2019, hadir Andrew So Kwok atau yang populer dipanggil Andrew So. Kehadiran pria yang lahir tanggal 29 Maret 1939ini adalah karena panggilan sebagai aktivis CU sejati. Seluruh biaya perjalanannya ditanggung sendiri, seminarnya free. “I have full commitment as volunteer for credit union movement,”jawabnya ketika ditanya Panitia mengapa tidak mau diganti uang tiket, dll.

Andrew So aktif dalam gerakan credit union sejak 1963 dan menjadi presiden dan pendiri ACCU pada tahun 1971. Pernah menjadi Ketua Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Hong Kong. Sampai saat ini masih aktif dalam gerakan credit union.

Gerakan credit union sangat membutuhkan orang-orang seperti Andrew So agar gerakan kemanusiaan ini terus hadir dan berkelanjutan. PUSKOPCUINA sangat menyadari pentingnya kontribusi para volunteer credit union ini. PUSKOPCUINA menyadari untuk mengembangkan gerakan credit union di Indonesia perlu mengikutsertakan banyak orang, baik dari lingkungan aktivis CU Primer dalam Gerakan PUSKOPCUINA maupun aktivis dari non anggota PUSKOPCUINA bahkan non anggota CU yang memiliki keterpanggilan untuk mengembangkan CU. 

Memerhatikan kebutuhan tersebut PUSKOPCUINA memandang perlu untuk mendirikan suatu wadah yang bisa mengakomodir lapisan masyarakat untuk secara sukarela berkontribusi mengembangkan CU. Ide ini sejak tahun 2019 sudah didiskusikan. Tahun 2021 forum ini dijadikan salah satu isu strategis dalam arah PUSKOPCUINA dan tahun 2022 mulai diwujudnyatakan.

              Forum Volunteer

Apa itu forum volunteer? Yakni media dan/atau tempat bertemunya para aktivis CU dan/atau pemerhati CU yang dengan sukarela melibatkan diri untuk ikut mengembangkan gerakan Credit Union (CU) di Indonesia. Untuk pertama kalinya di inisiasi oleh PUSKOPCUINA untuk selanjutnya menjadi lembaga yang mandiri. 

Tujuan kegiatan ini untuk memahami, mengetahui latar belakang, maksud tujuan dibentuknya Forum Volunteer Credit Union, memahami, mengetahui kriteria, persyaratan menjadi anggota, hak, kewajiban dan struktur kepengurusan anggota. Hasil yang di harapkan peserta memahami maksud, tujuan dan terpanggil untuk menjadi anggota Forum Volunteer Credit Union.

Forum volunteer credit union sebagai pribadi yang siap secara sukarela mengabdi dalam gerakan CU untuk mengupayakan terwujudnya misi ekonomi dan misi sosial CU agar kualitas hidup anggota CU meningkat. Forum tempat orang-orang yang bersedia dengan sukarela memberikan sumbangsih pikiran, tenaga, waktu maupun dana sesuai kemampuan masing-masing anggota.

Persyaratan menjadi anggota sebagai berikut: (1). mengisi dan menyerahkan forumulir keanggotaan, (2).menandatangani pakta integritas, (3). berkomitmen untuk menjadi anggota dan aktif dalam kegiatan secara sukarela, (4). mengikuti aturan yang diberlakukan kepengurusan Forum Volunteer. Hak anggota adalah (1). menghadiri undangan kegiatan yang diselenggarakan oleh PUSKOPCUINA dengan menanggung biaya akomodasi, konsumsi dan transportasi yang dibebankan panitia kepada anggota, (2). mendapatkan informasi yang relevan terkait gerakan CU dalam jaringan, (3). mendapatkan akses pembelajaran, baik dalam bentuk kegiatan secara daring, luring ataupun modul pelatihan atau solusi bisnis CU.

Untuk mensosialisasikan kehadiran forum ini sekaligus mendapat input dari para calon anggota Forum, dilakukan sosialisasi yang difasilitasi Agustinus Alibata, anggota Pengurus PUSKOPCUINA. Kegiatan pada tanggal 4 April 2022 tersebut dilakukan secara online. Dihadiri oleh berbagai unsur mulai dari penasihat, pengurus, pengawas, komite, manajemen, kelompok inti dan anggota CU. 

Mari bergabung dalam Forum Volunteer CU Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi PUSKOPCUINA dengan narahubung: Beni Runtunuwu, HP +62 821-1175-7679. 

 

Beni Runtunuwu, PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Admin
Admin

Artikel Terkait: