Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

PUSKOPCUINA Mendukung Program “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”

PUSKOPCUINA Mendukung Program “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”

Apa itu Kampus Merdeka (MBKM)?

Secara sederhana, Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah inovasi yang diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk menghasilkan lulusan Perguruan Tinggi yang sesuai dengan perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia kerja, maupun dinamika masyarakat. Program Kampus Merdeka (MBKM) sudah diluncurkan sejak akhir Januari 2020. Berdasarkan data dari laman Kampus Merdeka Kemendikbud, sudah ada lebih dari 725.000 mahasiswa yang terdaftar dan sudah memiliki akun Kampus Merdeka, serta 1.300 Perguruan Tinggi yang sudah berpartisipasi dalam program Kampus Merdeka.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU)

Dok. PUSKOPCUINA: Penandatanganan MoU

PUSKOP Credit Union Indonesia (Skd) telah menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Universitas Panca Bhakti, untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran dalam mendukung program “merdeka belajar-kampus merdeka”. Penandatanganan MoU ini tertuang melalui MoU Nomor: 30/PKCU/DP_ORG/MoU/VI/2023 dan Nomor: 212/UPB/E.04/2023.Penandatanganan dilaksanakan pada Selasa, tanggal 27 Juni 2023 bertempat di Convention Hall Universitas Panca Bhakti Pontianak. Hadir dalam penandatanganan MoU ini yaitu Ketua Pengurus PUSKOPCUINA Marselus Sunardi yang juga didampingi beberapa unsur pimpinan manajemen PUSKOPCUINA. Sementara dari Universitas Panca Bhakti hadir Wakil Rektor I Bapak Dr. Ir. Agus Salim Masulili, M.P., didampingi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ibu Endang Kristiawati, S.E., Ak., M.Si.

Tujuan dilaksanakan penandatanganan kesepahaman bersama ini yaitu:

  1. Maksud dibuatnya Nota Kesepahaman Bersama ini adalah sebagai dasar dalam rencana pelaksanaan kerja sama PARA PIHAK untuk Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengajaran Dalam Mendukung Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
  2. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama di bidang kegiatan pembelajaran jarak jauh dan implementasi program merdeka belajar-kampus merdeka yang diselenggarakan oleh Universitas Panca Bhakti sebagai salah satu perguruan tinggi di Kota Pontianak.

Adapun ruang lingkup kesepahaman bersama yang berlaku selama 3 (tiga) tahun kedepan berfokus mengembangkan program kerjasama yang meliputi beberapa hal, diantaranya:

  1. Implementasi aktivitas merdeka belajar-kampus merdeka;
  2. Penelitian;
  3. Pengabdian kepada masyarakat; dan
  4. Bidang lain yang disepakati bersama.

Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (PKS)

Dok. PUSKOPCUINA: Penandatanganan PKS

Selain penandatanganan MoU, pada waktu yang sama juga telah dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (PKS), antara Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas Panca Bhakti. Perjanjian Kerjasama ini yaitu tentang implementasi aktivitas magang pada MBKM. Penandatanganan Kerjasama tertuang melalui PKS Nomor: 315/UPB.IV/E.04/2023 dan Nomor: 31/PKCU/DP_ORG/MoU/VI/2023. Penandatanganan PKS dilakukan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Endang Kristiawati, S.E., Ak., M.Sidan Ketua Pengurus PUSKOPCUINA Marselus Sunardi, S.Pd. Perjanjian Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan Pendidikan Tinggi pada Universitas Panca Bhakti Pontianak.

Adapun ruang lingkup kerjasama yang berlaku selama 3 (tiga) tahun kedepan berfokus mengembangkan program kerjasama yang meliputi beberapa hal, diantaranya:

  1. Pelaksanaan Implementasi Aktivitas Magang Pada MBKM oleh Mahasiswa/mahasisiwi Fakultas Ekonomi dan BisnisUPB.
  2. PUSKOPCUINA bersedia mengizinkan dan/atau menerima Mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ekonomi dan BisnisUPB untuk melaksanakan aktivitas Magang Merdeka Belajat Kampus Merdeka (MBKM).

Seminar Bertemakan Gerakan Credit Union

Setelah penandatanganan MoU dan PKS, dilaksanakan seminar dengan tema “Credit Union Meningkatkan Kualitas Hidup Anggota”. Seminar yang difasilitasi Ketua Pengurus PUSKOPCUINA Marselus Sunardi, dihadiri oleh Dekan dan beberapa dosen pengajar, serta dihadiri perwakilan mahasiswa/mahasiswi tingkat IV di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Panca Bhakti Pontianak.

Seminar ini bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta tentang peranan Credit Union (CU) sebagai salah satu bentuk koperasi dalam memenuhi tujuan sebagai sokoguru ekonomi nasional di Indonesia.

Dok. PUSKOPCUINA: Peserta Seminar Credit Union

Adapun materi yang akan disampaikan dalam kuliah ini sebagai berikut:

  1. Sejarah Gerakan Credit Union,
  2. CU adalah Koperasi Sejati,
  3. Core BusinessCredit Union,
  4. Credit Union dan PUSKOPCUINA.

Misi PUSKOPCUINA adalah memastikan keberlanjutan gerakan CU melalui tata kelola yang sehat dan terintegrasi berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas Anggota. Sedangkan Visi PUSKOPCUINA adalah menjadi Federasi Nasional Credit Union yang Terintegrasi, Terpercaya dan berkelanjutan. Untuk memastikan keberlanjutan Gerakan CU di Indonesia, khususnya para anggota CU, maka PUSKOPCUINA memberikan pelayanan yang mendukung tercapainya misi tersebut.

CU sebagai koperasi betul-betul berusaha menjadi sokoguru ekonomi nasional dengan menerapkan tata kelola koperasi yang baik (good governance cooperative) sebagai ciri khas koperasi sejati yang mengutamakan misi untuk meningkatkan kualitas hidup anggota serta selalu berusaha mengikuti perkembangan jaman menggunakan system informasi IT untuk meningkatkan pelayanan sesuai kebutuhan anggota. Maka peran CU sangat penting untuk melanjutkan roda koperasi tetap pada relnya dan cita-cita para pendiri koperasi nasional dan internasional dapat tercapai.

“Koperasi sejati mengacu pada prinsip-prinsip dasar koperasi yang dijalankan dengan sepenuhnya sesuai dengan nilai-nilai koperasi oleh anggota sebagai pemilik untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, sosial, dan budaya mereka secara bersama-sama. Prinsip-prinsip dasar koperasi.” Ungkap Marselus Sunardi.

Akhir kata, dengan dilaksanakannya penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PUSKPPCUINA dan Universitas Panca Bhakti tersebut, diharapkan dapat bermanfaat bagi perguruan tinggi khususnya UPB dan PUSKOPCUINA yang dapat digunakan sebagai salah satu acuan dalam pelaksanaan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

 

Adrianus Alkadri – NAC PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Adrianus Alkadri
Perangkat GM PUSKOPCUINA yang membidangi NAC

Artikel Terkait: