Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita Teknologi

CU Deus Go LIve

CU Deus Go LIve

Pada zaman ini, tidak bisa dihindari lagi bahwa CU harus berubah ke pelayanan yang lebih cepat dan effisien, maka dari itu kita berharap aplikasi ESCETE dapat menjawab kebutuhan CU untuk melayani Anggota secara optimal. 

Pernyataan itu disampaikan Suprayitno, Ketua Pengurus CU Deus dalam kegiatan sosialisasi ESCETE di CU Deus Providebit, Semarang.  Credit Union Deus Providebit (CUDP) yang berlokasi di Semarang dan Bekasi merupakan salah satu anggota gerakan PUSKOPCUINA, yang mendukung digitalisasi jaringan mengadakan Sosalisasi ESCETE. Pada kegiatan Sosalisasi ESCETE pada tanggal 18 februari 2022, yang dihadiri oleh pengurus, pengawas, dan Manajemen secara virtual dengan zoom meeting. 

Peserta yang hadir antara lain dari unsur Pengurus dihadiri oleh Aignatius Suprayitno sebagai Ketua Pengurus. Dari unsur Pengawas, Valentina Rusmala Murti Ketua Pengawas. Serta unsur dari Manajemen Woro TriHaryanto selaku Manager CUDP.  

Pelayanan di CU Deus Providebit, Semarang

Pada saat sosalisasi, dari PUSKOPCUINA dihadiri oleh Salomon selaku Manager bidang Sistem Informasi saat itu dan dari Manajemen Gandhiwiria. Sedangkan Dari PT.ARO dihadiri oleh Kathrin dan Oktadianti.  Hasil dari Sosalisasi tersebut CUDP siap melakukan persiapan menggunakan aplikasi ESCETE pada bulan April 2022 dan bersedia melakukan proses migrasi sistem.   

Proses migrasi Aplikasi ESCETE didampingi oleh Gandhiwiria dari tim IT PUSKOPCUINA dan Ersal dari tim PT.ARO dilakukan dengan secara daring. Proses pertama dilakukan dengan pencocokan produk simpanan, pinjaman dan user ke produk insial pada sistem ESCETE yang dimulai dari tanggal 1- 3 Maret 2022. Pada tanggal 5 maret 2022 dilakukan proses perpindahan data setelah mengisi template data migrasi oleh CUDP ke tim PT.ARO dan PUSKOPCUINA guna menyiapkan core aplikasi ORT(Operational Readyness Testing) yang digunakan untuk tahapan percobaan dan testing aplikasi ESCETE.  

Terhitung dari proses migrasi ORT hingga sistem ORT ESCETE dapat digunakan diperlukan 5 hari dikarenakan beberapa merevisi parameter simpanan dan pinjaman yang disarankan  Manajemen. Selanjutnya Pada tanggal 14-29 Maret 2022, dilakukan training dan uji coba transaksi – transaksi yang sudah terjadi di kantor pelayanan. Uji coba sistem didampingi oleh tim PUSKOPCUINA secara daring dengan zoom meeting. Uji Coba meliputi transaksi-transaksi yang sering terjadi di kantor pelayanan antara lain:  setor-tarik simpanan, angsuran pinjaman, pencairan pelunasaan pinjaman, dan jurnal umum.  

Selanjutnya pada tanggal 29-31 Maret 2022, CUDP melakukan persiapan proses tutup buku bulan Maret  serta mulai menyiapkan data anggota untuk dimigrasikan secara lengkap ke sistem ESCETE. Setelah proses buku bulanan CUDP mengirimkan data bulan maret yang siap dimigrasikan pada tanggal 1 April 2022 ke tim PUSKOPCUINA dan tim PT.ARO untuk dicek data-data tersebut. Data anggota CUDP dinyatakan siap untuk migrasi ke sistem ESCETE.  

Pada tanggal 4 April 2022, core ESCETE GoLive sudah dapat diakses, setelah mengalami gangguan server setelah migrasi. Tim PUSKOPCUINA dan Manajemen CUDP langsung melakukan pengecekan data. Setelah dikonfirmasi data migrasi yang masuk sudah cocok dengan data aplikasi sebelumnya. Maka pada tanggal 5 April 2022, CUDP sudah GoLive ESCETE.  

Setelah sebulan proses migrasi yang cukup melelahkan yang dilakukan oleh Manajemen, tim PUSKOPCUINA, tim PT.ARO. Hal ini dilakukan semua untuk memperlancar pelayanan kepada anggota. Sekarang Anggota CUDP sudah dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan aplikasi ESCETE.*** 
Gandhiwiria  

 

Share this Post:
Ditulis oleh Admininstrasi
admin

Artikel Terkait: