Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Informasi

CU PL Kasih makin hadir diantara Anggota

CU PL Kasih makin hadir diantara Anggota

CU PL Kasih Makin Hadir di antara Anggota

 

Pada akhir bulan Juni 2023 selama 3 hari, Aktivis CU PL Kasih didampingi RD. Fredy Rante Taruk Mengada kegiatan Tranformatif Leadership. Salah satu hal penting yang kami refleksikan, bagaimana caranya agar CU PL Kasih keberadaannya semakin dirasakan oleh anggota? CU PL Kasih adalah CU dengan karakteristik anggota guru dan karyawan di lembaga pendidikan. Setelah berdinamika ada kesadaran penting bagi kami. Anggota hidup di lingkungan kumpulan massa peserta didik dan orang tua peserta didik, mereka sering megadakan kegiatan yang mendatangkan keramaian. Seperti perayaan ulang tahun sekolah dan perayaan-perayaan lain yang mengumpulkan banyak orang. Peluang inilah yang kami manfaatkan untuk memberi manfaat bagi anggota yang punya usaha. Berikut sharing cara kami agar CU PL Kasih kehadirannya semakin dirasakan anggota.

SMP PL Domenico Savio di Semarang adalah sekolah yang sangat besar, murid lebih dari 1.000 orang dan berlatar belakang ekonomi menengah atas. Kegiatan bazar dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2023 di Lapangan sekolah dalam rangka perayaan Dies Natalis sekolah.

Kami mengumpulkan anggota yang memiliki usaha. Kami diskusi dengan mereka untuk merancang mengisi kegiatan bazar. CU PL Kasih memfasilitasi anggota stand untuk menjual produk hasil usaha mereka. Tujuan dari program ini adalah untuk memberi dukungan anggota memasarkan usaha anggota CU PL Kasih. Atau bahasa lain membantu anggota menciptakan pasar bersama.

Dalam kegiatan bazar tersebut ada 10 anggota yang ikut menjual hasil usaha mereka yaitu:

  1. Tahu aci
  2. Pop Corn
  3. Kering Pedho
  4. Iga bakar dan bumbu masak
  5. Susu kedelai
  6. Salad buah
  7. Jus buah
  8. Cireng
  9. Samcan
  10. Cheese steak

Memperhatikan pengalaman pertama memfasilitasi anggota berjualan di kegiatan keramaian sekolah, kami berpendapat bahwa kegiatan tersebut perlu dilaksanakan secara berkelanjutan dan di berbagai tempat sehingga anggota dapat memasarkan hasil usahanya. Itu salah satu bentuk CU PL Kasih hadir di antara anggota. Selama ini kami lebih dominan berbicara tabungan dan pinjaman kepada anggota. Cara itu tidak sepenuhnya mampu dengan efektif kehadiran CU PL Kasih kehadirannya dirasakan anggota. Sementara di sekolah-sekolah di lingkungan anggota sering terjadi kegiatan yang mendatangkan banyak pihak, terjadi kerumunan orang. Itu potensial untuk menciptakan pasar bersama bagi anggota. 

Share this Post:
Ketua Pengurus

Artikel Terkait: