Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

CU SW Menuju Tata Kelola CU Standar

CU SW Menuju Tata Kelola CU Standar

PUSKOPCUINA terus menerus memfasilitasi CU-CU primer anggotanya agar mempraktikkan tata kelola CU yang standar. Sakah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan secara berkala kepada CU anggota. 

Pertengahan Maret 2022, Tim Pemeriksa PUSKOPCUINA melakukan pemeriksaan ke CU Semangat Warga di Jombang, Jawa Timur. Sebelum melakukan pemeriksaan, diadakan pertemuan awal bersama pengurus, pengawas, dan manajemen. Setelah itu mulai dilanjutkan pemeriksaan. Pemeriksaan selama tiga haei (15-17/3) fokus pada aspek keuangan. 

Di akhir pemeriksaan disampaikan hasil temuan awal kepada pengurus, pengawas, dan manajemen. Beberapa rekomendasi awal misalnya CU harus mampu mempertahankan kinerja keuangan standar yang sudah baik, CU sanggup memperbaiki kinerja keuangan yang masih lemah menjadi lebih sehat sesuai dengan standar PEARLS, CU melakukan evaluasi setiap bulan terhadap pencapaian kinerja keuangan. 

Hasil pemeriksaan lainnya yang tidak kalah penting yaitu CU harus melakukan perbaikan kekeliruan pencatatan pada laporan keuangan, setelah pemeriksa membandingkan data dengan program komputerisasi di CU.  

Sudah tentu kelemahan-kelemahan yang ada justru harus semakin menguatkan semangat aktivis melakukan perubahan secara berkesinambungan, sehingga CU ini menjadi lebih baik lagi ke depannya. Bertumbuh dan Berkelanjutan, itulah cara berpikir yang harus ada pada diri seluruh aktivis dan anggotanya. 

Pemeriksa bersama manajemen CUSW

Pengurus, Pengawas, dan manajemen CUSW berkomitmen melakukan perbaikan-perbaikan terhadap tata kelola keuangan yang saat ini belum sesuai standar ACCESS Branding. 

Bimtek Arus Kas 
Selain melakukan pemeriksaan, Tim PUSKOPCUINA juga melakukan Bimtek tentang pembuatan arus kas: bagaimana CU melihat ketersediaan anggaran dengan rencana pembiayaan kegiatan-kegiatan dapat diatur dengan baik (18-19/3). 

Diharapkan proses Bimtek tersebut mampu memberikan nilai tambah dan kemampuan bagi semua aktivis di CU Semangat Warga. Terutama dalam menghitung kemampuan keuangan agar mampu membiayaai seluruh beban yang bersumber dari kegiatan lembaganya.  

Para peserta sudah mampu, misalnya bagaimana menghitung proyeksi arus kas yang bersumber dari simpanan dan pinjaman anggota. Bagaimana melihat trend pertumbuhan bulanan bahkan tahunan. Bagaimana membuat target anggota, target asset, termasuk target pinjaman beredar. Bagaimana melihat trend pertumbuhan pendapatan yang bersumber dari usaha CU, lalu bagaimana melihat pertumbuhan beban atas usaha yang dilakukan di CU Semangat Warga.  

Semoga CU ini terus bertumbuh dan berkelanjutan di masa mendatang. 


Adrianus Alkadri, Tim Pemeriksa dari PUSKOPCUINA 
 

Share this Post:
Ditulis oleh Admin
Admin

Artikel Terkait: