Pengumuman:
PUSKOPCUINA mengucapkan selamat ulang tahun kepada CU Ndar Sesepok ke - 15, semoga terus berkarya
PUSKOPCUINA mengucapkan selamat ulang tahun kepada CU Pangudi Luhur Kasih ke - 14, semoga terus berkarya
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita

CUCT terkini

CUCT terkini

Perkembangan Terbaru di CU Cindelaras Tumangkar 2023

Oleh: Endah SR

 

Halo Pemilik Credit Union Cindelaras Tumangkar, Anda tentu sudah banyak yang tahu bahwa di tahun 2023 ini ada beberapa hal baru di CUCT. Apa sajakah itu?

 

Perlindungan Asuransi Simpanan

Jika sebelumnya perlindungan asuransi di CUCT untuk simpanan maupun pinjaman bagi anggota hanya sampai usia 70 tahun, mulai tahun 2023 ini menjadi hingga usia 100 tahun. Ini maksudnya perlindungan yang seperti apa, sih?

Jika Anda adalah anggota CUCT yang memiliki Simpanan Wajib, Simpanan Pokok, dan Tabungan SiWaris, dan ndilalah Anda berpulang maka tabungan Anda ini akan ditambahkan 100%. Maksimal 50 juta rupiah. Jadi kalau jumlah dari tiga tabungan Anda tadi lebih dari 50 juta rupiah, misalnya saja 51 juta rupiah, maka yang dikembalikan pada keluarga Anda ya 51 juta tabungan murni Anda plus 50 juta tambahan dari klaim asuransi.

Tapi jika besaran tabungan Anda hanya sedikit, besaran klaim asuransi tabungan tentu saja berbeda. Beragam, tergantung berapa jumlah simpanan Anda.

Jadi jangan ragu untuk menambah jumlah simpanan di CUCT, ya? Karena sudah terbukti aman, dan masih dapat Balas Jasa Simpanan. Yup, CUCT menyebutnya BJS. Itu adalah Bunga kalau istilah di lembaga perbankan lainnya. BJS SiWaris di CUCT saat ini 8,25% pa.  Btw, tabunganmu di lembaga perbankan lain dapat bunga berapa?

Satu lagi, nabung di CUCT gak ada biaya administrasi bulanannya, lho. Gak seperti lembaga keuangan lain itu.

Uniknya kalau di CUCT itu, jumlah Balas Jasa Simpanan bisa beda-beda lho tiap anggota. Ini justru karena lembaga menerapkan prinsip keadilan. Untuk anggota yang memiliki pinjaman di CUCT dan dia selalu membayar angsuran Tepat Waktu Tepat Jumlah (TWTJ), maka Balas Jasa Simpanannya lebih besar dibanding anggota yang punya simpanan tapi lalai membayar angsuran atau dibanding anggota yang tidak memiliki pinjaman di CUCT.

Adil kan, ya? Sebab anggota yang memiliki pinjaman di CUCT punya peran memberi pendapatan bagi lembaga dengan membayar Balas jasa Pinjaman (BJP) setiap kali membayar angsuran. BJP ini lah yang kemudian digunakan untuk membiayai operasional lembaga (termasuk untuk bayar premi asuransi untuk perlindungan simpanan dan pinjaman). 

Dan jangan lupa, tentu di dalam kumpulan BJP dari banyak anggota ini pada akhirnya ada yang kita sebut sebagai SHU yang nantinya kembali kepada anggota juga. Lantas ada pula yang kembali pada anggota dalam bentuk bantuan SARI (Santunan Rawat Inap) dan BAYI CU (hadiah bagi bayi yang dilahirkan oleh keluarga CUCT).

 

Perlindungan Asuransi Pinjaman

Terkait soal Asuransi Pinjaman, pinjaman anggota di CUCT yang bisa dihapus maksimal 150 juta rupiah bila anggota tersebut meninggal dunia pada usia di bawah 70 tahun. 

Kalau sudah di atas 70 tahun perlindungannya berbeda, lebih rendah dari perlindungan untuk usia hingga 70 tahun. Ada grade usia dan angka rupiah yang berbeda. Anda bisa cek di Kantor Cabang CUCT terdekat, ya.

Namun tentu saja ada syaratnya. Perlindungan Asuransi Pinjaman ini hanya berlaku bagi anggota yang tertib bayar angsuran. Kalau macet angsurannya selama 6 (enam) bulan berturut-turut, maka perlindungan asuransi ini gugur secara otomatis. Preminya dicabut. Sayang banget, kan?

Jadi bagi Anda yang punya pinjaman di CUCT, yuk mari mengangsur dengan tertib, TWTJ alias Tepat Waktu Tepat Jumlah.

 

SOLDUKA (Solidaritas Duka Cita)

Mulai tahun 2023 ini iuran Solduka yang biasanya kita bayarkan antara bulan Januari – Maret naik 5 ribu rupiah. Kalau dulu biasanya Kakak Kasir CUCT mengingatkan Anda untuk bayar Solduka sebesar 20 ribu rupiah, tahun ini naik menjadi 25 ribu rupiah.

Dengan adanya kenaikan ini, santunan yang diperoleh bagi anggota CUCT yang meninggal dunia juga bertambah, lho. Kalau dulu pas bayar Solduka 20 ribu rupiah itu santunan hanya sebesar 2 juta rupiah, maka sekarang ketika besaran Solduka adalah 25 ribu rupiah, santunan bagi anggota CUCT yang meninggal menjadi sebesar 3,5 juta rupiah.

Iuran naik 5 ribu rupiah, santunan naik 1,5 juta rupiah. Tetap saja anggota untung, ya? Sudah diniatkan untuk berbagi kepada anggota yang tengah mengalami duka cita, eh manfaatnya bagi diri sendiri untuk berjaga-jaga besar pula.

Tepat sekali jika CUCT menyebut produk-produknya sudah disesuaikan dengan siklus hidup manusia. Dari lahir hingga mati. Ndilalah jika kita anggota CUCT dan meninggal dunia, ibaratnya kita sudah mempersiapkan biaya penguburan bagi diri sendiri. Tidak merepotkan keluarga, tidak ninggal warisan hutang tapi malah ada warisan berharga yang bermanfaat untuk keluarga yang kita tinggalkan.

Seserius itu CUCT mengajak para anggotanya untuk mempersiapkan segala aspek pembiayaan dalam hidup kita ini.

 

Pinjaman TUMBUH

Pinjaman tumbuh juga menjadi salah satu produk baru di tahun 2023 ini. Anggota CUCT bisa mengakses pinjaman dengan bunga sangat rendah, yakni 0,5% menurun atau setara dengan 3,25% flat setahun. Ini sama dengan bunga pinjaman di KUR.

Tentu untuk mengakses pinjaman ini anggota sudah harus memiliki Tabungan TUMBUH lebih dulu. Seperti apa sih tabungan tumbuh? Silahkan minta info kepada teman-teman manajemen di Kantor Cabang CUCT Anda, ya?

 

Pinjaman Escete

Tahun 2023 ini di CUCT juga sudah ada produk yang memberikan kemudahan pinjaman kepada anggota melalui ESCETE. Syarat pertama tentu sudah memiliki akun ESCETE ya.

Apa itu ESCETE? Ya semacam layanan mobile banking punyanya CUCT gitu, deh. Canggih, kan? Hari gini wajib dong kita juga ikut memanfaatkan kemajuan teknologi. Anda sebagai anggota CUCT sudah pada punya ESCETE belum?

ESCETE ini sangat membantu anggota untuk urusan transfer dengan sesama anggota CU yang ada dalam jaringan PUSKOPCUINA. Bisa transfer antar bank juga, bisa buat top up e-money, bisa tarik tunai di gerai Alfamart, bisa buat bayar listrik, bayar PAM, dan bayar iuran BPJS juga lewat ponsel android Anda.

Nah, fitur yang terbaru dari ESCETE adalah bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman juga di CUCT. Lebih cepat, setengah jam sudah bisa cair kalau anggota CUCT yang mengajukan pinjaman tapi tidak sempat datang ke Kantor CUCT.

Yang perlu digarisbawahi adalah, Pinjaman ESCETE ini beda dengan pinjol-pinjol yang merajalela itu tentunya. Bedaaa…. Padhakkan! 

Ada syarat dan ketentuan yang dibuat agar anggota dan lembaga sama-sama aman dan nyaman. Kalau pingin tahu lebih lanjut Anda boleh kontak teman-teman manajemen di Kantor Cabang CUCT terdekat, ya?

 

SMART CU

Makhluk apa lagi sih, ini? SMART CU ini adalah salah satu layanan dari CU yang tergabung di bawah PUSKOPCUINA, semacam e-commerce gitu deh. Anggota CUCT yang memiliki produk bisa jualan produknya lewat SMART CU. Jangkauan pemasarannya otomatis jadi lebih luas ya. Bayar membayarnya pakai ESCETE juga.

Nah, gimana? Layanan ini sudah Anda manfaatkan belum? 

 

Share this Post:
Ditulis oleh Endah Sulistyorini
Sekretaris Pengurus

Artikel Terkait: