Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

FORUM KOMITE CREDIT UNION,WADAH PENINGKATAN KOMPETENSI

FORUM KOMITE CREDIT UNION,WADAH PENINGKATAN KOMPETENSI

Pendidikan adalah salah satu pilar CU yang harus dilakukan secara berkelanjutan sesuai pesan F.W. Raiffeisen untuk meningkatkan kompetensi bagi pengurus, pengawas, komite dan manajemen. Pembelajaran yang terus menerus akan menghasilkan sikap yang profesional bagi aktivis CU primer. Sikap profesional  ini yang diperlukan untuk mengelola  gerakan dalam mencapai misi dan visi CU. Untuk memastikan pengelolaan CU bertumbuh dengan baik, komite harus mampu menjalankan fungsi, tugas, dan tanggungjawabnya sehingga dapat menjamin kesehatan CU di masa mendatang.

Latar belakang ini yang menjadi dasar pelaksanaan Forum Komite Credit Union Primer pertama PUSKOPCUINA. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 6 Oktober 2023 secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Sebanyak 196 orang pengurus dan komite dari 23 CU primer anggota PUSKOPCUINA yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini difasilitasi oleh Anton Sera’ Sima, wakil ketua pengurus PUSKOPCUINA.

Dalam kegiatan forum ini, fasilitator memaparkan secara lugas tentang tata kelola individu  dan tugas serta tanggung jawabnya sebagai komite. Fasilitator memberikan pemahaman tentang semangat voluntir/relawan dalam Credit Union melalui materi community worker bagi peserta yang hadir. “Hal ini penting sebagai seorang komite Credit Union yaitu memiliki semangat voluntir/relawan , yang bersedia bekerja tanpa dibayar dalam membantu pengurus dan manajemen mewujudkan misi dan visi CU dengan tercapainya target dalam program kerja ” ujar Anton Sera’ Sima dalam penjelasannya lebih lanjut tentang hal ini.

Interaksi aktif peserta terlihat dengan antusiasnya pertanyaan mereka yang disampaikan baik secara langsung maupun chat inbox  zoom. Pertanyaan demi pertanyaan disampaikan dan dijawab secara lugas dan jelas oleh fasilitator berdasarkan pengalaman beliau mendampingi para komite di CU Sauan Sibarrung. 

CU Sauan Sibarrung adalah CU primer anggota PUSKOPCUINA yang mendapatkan predikat GOLD untuk ACCESS Branding dan CULEG yang diberikan saat ACCU Forum tahun 2023 yang diselenggarakan di Nepal, 14-16 September 2023 yang lalu.

Kegiatan Forum Komite ini diakhiri dengan membuat kesepakatan CU primer dan PUSKOPCUINA tentang komite yang mana pelaksanaannya akan dilihat kembali tahun 2024.

Share this Post:
Ditulis oleh Ella Agustina
Staf Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA yang membidangi Sertifikasi

Artikel Terkait: