Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

ESCETE : Modernisasi Credit Union Melalui Digitalisasi

ESCETE : Modernisasi Credit Union Melalui Digitalisasi

Zaman now merupakan zaman digitalisasi, hampir di segala bidang. Digitalisasi tidak dapat ditolak atau hindari oleh sebuah organisasi - terutama terkait dengan industri keuangan - jika ingin bertahan hidup. Pun demikian dengan Credit Union (CU). CU harus mampu membuat dan memperbaiki proses bisnis dengan memanfaatkan teknologi dan data digital. 

PUSKOPCUINA telah dan terus meningkatkan modernisasi CU melalui digitalisasi menggunakan aplikasi ESCETE. Ini juga bentuk dukungan kepada Pemerintah dan sekaligus sinergisitas dengan Pemerintah. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM RI mendorong koperasi segera melakukan transformasi koperasi terhadap teknologi digital.

Sebagaimana yang diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, “Transformasi koperasi terhadap teknologi digital harus kita lakukan. Sekarang adalah era digital, kita tidak mungkin keluar dari era ini. Semua sekarang sudah terhubung dalam ekosistem digital” (dikutip dari www.kompas.com dengan judul Digitalisasi Koperasi 0,73 Persen, Indonesia Terancam Diserbu Produk Luar).

Tentunya digitalisasi di CU akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggota. Anggota tidak mesti datang ke kantor untuk bertransaksi, baik transaksi di CU atau lainnya. Cukup melalui handphone berbasis android, anggota bisa bertransaksi dimana saja dan kapanpun selama masih ada saldo simpanan dan ada akses internet. 

Dari sisi CU, dengan digitalisasi akan membuat proses bisnis menjadi lebih efisien, efektif, cepat, tepat dan menguntungkan. Digitalisasi juga akan mengurangi beban kerja dari manajemen, terutama bagian frontliner, seperti kasir karena anggota bisa menyetor langsung melalui aplikasi, bahkan anggota dapat mengajukan pinjaman secara online, dan langsung dapat dicairkan, khususnya pinjaman dibawah simpanan. Tentu beban kerja bagian kredit juga berkurang. Pencairannya tidak harus ke kantor CU, anggota bisa tarik lewat ATM bank dan Alfamart di seluruh Indonesia. Oh ya, sekarang anggota bisa memiliki kartu ATM berlogo GPN, jadi bisa tarik di semua ATM yang ada logo GPN di seluruh Indonesia. Keren kan?

                         

Selain layanan melalui mobile CU (baca: mobile ESCETE), CU juga bisa menyediakan fasilitas mesin Cardless Cash Machine (CCM) yang dapat digunakan oleh anggota untuk menyetor dan menarik simpanannya. Walaupun CU sudah menyediakan mobile CU, penarikan lewat ATM bank, Alfamart dan mobil kas keliling online tapi kalau anggota masih mau ke kantor CU untuk transaksi dapat memilih layanan CCM ini.                        

Kantor pelayanan ( kantor cabang) dapat dikurangi, karena layanan transaksi dapat dilakukan melalui mobil kas keliling online. Anggota terlayani dengan baik, dan efisiensi terjadi di CU. Tentu kalau banyak kantor cabang, biaya operasional juga meningkat bukan?

Dengan demikian, tenaga frontliner bisa dikurangi sehingga lebih banyak orang dan waktu dialokasikan untuk mendampingi anggota CU. Pengurus dan pengawas dapat mengetahui kinerja keuangan CU secara realtime. Pengurus dapat melakukan monitoring atas kinerja keuangan dari mana saja dan kapan pun, demikian halnya dengan pengawas, dapat melakukan pemeriksaan laporan keuangan CU tidak harus datang ke kantor CU.

Tentu fasilitas mobil kas keliling online, mesin CCM, dan Corporate Debit Card (CDC) atau kartu ATM ini merupakan fasilitas yang dipilih oleh masing-masing CU. Fasilitasnya sudah tersedia, tingga CU yang memilih sesuai kebutuhan anggotanya.

Mobile ESCETE merupakan aplikasi yang memudahkan anggota CU bertransaksi baik di CU maupun diluar CU seperti fitur transfer bank, transfer antar rekening dan antar CU, Bill payment (pembelian paket data dan pulsa HP, pulsa listrik, pembayaran tagihan PLN, pembayaran tagihan TV kabel, top UP OVO, Dana, Go Pay, setor tarik di loket Sahabat Alfamart dan lainnya).

Anggota CU juga dapat memasarkan produk usaha produktifnya melalui aplikasi sMartCU. Pembayaran barang oleh pembeli dilakukan dengan cara transfer. Pengiriman barang dari penjual kepada pembeli melalui jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Ini adalah e-commerce CU dalam jaringan PUSKOPCUINA. Berminat beli? Buka link www.smartcu.id. Anda membeli berarti membantu orang lain tanpa ada kehilangan uang, hanya berubah bentuk saja. Jadi akan “berdaya bersama”.

Tentunya fasilitas ini bisa didapatkan CU Primer jika sudah menggunakan aplikasi ESCETE, baik core ESCETE maupun mobile ESCETE serta sMartCU. Apakah hanya anggota PUSKOPCUINA yang bisa menggunakannya? Kabar gembiranya, nanti aplikasi ESCETE ini tidak hanya digunakan oleh anggota PSUKOPCUINA saja, tetapi terbuka bagi CU primer non anggota yang ingin menggunakannya.

Dampak lain dari penggunaan ESCETE, anda telah mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat transformasi koperasi terhadap teknologi digital dan sekaligus memenuhi kebutuhan anggota dari  generasi Y (anak milenial) dan generasi Z yang sangat melek teknologi. 

Salam Solusi Cerdas Terpercaya

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: