Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

ISO 9001:2015 "Penerapan Sistim Manajemen Mutu PUSKOPCUINA"

ISO 9001:2015 "Penerapan Sistim Manajemen Mutu PUSKOPCUINA"

Surveillance Audit ISO 9001:2015

ISO 9001:2015 merupakan standar manajemen mutu yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization dikenal juga dengan ISO yang berisikan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi sebuah perusahaan/organisasi dalam membentuk suatu quality management system. Surveillance Audit adalah audit pemantauan yang wajib dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO. Tujuan audit untuk memantau pelaksanaan ISO dari organisasi atau perusahaan tersebut apakah masih sesuai dengan ketentuan ISO atau tidak.

Dokumentasi: PUSKOPCUINA

Adapun yang menjadi konsep dasar ISO 9001 bisa disederhanakan menjadi tiga hal:

  1. ISO 9001 harus memiliki standar operasional prosedur dan sistem operasi yang jelas sehingga dapat dijadikan sebagai acuan bekerja.
  2. Karyawan yang bekerja harus kompeten untuk menghindari adanya ketidaksesuaian antara hasil output atau proses yang terjadi dengan yang disyaratkan.
  3. Adanya infrastruktur yang baik yang dapat digunakan oleh perusahaan (gedung, peralatan, software). 

Standar ISO 9001 menggunakan pendekatan manajemen mutu  berorientasi pada proses. Untuk memastikan tingkat keberhasilan manajemen kualitas berorientasi proses, maka ISO 9001:2015 membutuhkan penerapan Siklus Deming – PDCA (Plan-Do-Check-Act).

Tidak ketinggalan dengan PUSKOPCUINA, sebagai Federasi Nasional Credit Union terus melakukan upaya pemenuhan persyaratan implementasi secara keseluruhan dalam rangka pembaharuan dan perpanjangan sertifikat ISO 9001:2015 yang diperoleh untuk masa 3 tahun. Di antara 3 tahun ini BSI sebagai Badan Sertifikasi telah melakukan Audit Surveillance untuk memastikan konsistensi penerapan ISO oleh PUSKOPCUINA, sehingga dapat dinilai layak atau tidak untuk mendapatkan pembaharuan dan perpanjangan sertifikat.

BSI Group sebagai salah satu badan sertifikasi ISO melalui Andri Sulendra selaku Client Manager BSI Group Indonesiatelah melaksanakan Surveillance Audit I pada tanggal 4 Agustus 2023 yang dilakukan secara langsung di Kantor PUSKOPCUINA. Hal ini terus dilakukan agar mampu mendorong penerapan sistem manajemen mutu dalam upaya meningkatan keberlanjutan yang berfokus pada kepuasan CU primer anggotanya.

Surveillance Audit ISO 9001:2015 berlangsung secara lancer karena selama ini PUSKOPCUINA telah menerapkan persyaratan ISO secara konsisten. Mendapatkan pembaharuan dan perpanjangan Sertifikat ISO 9001:2015 bukanlah tujuan akhir, melainkan langkah awal demi meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan dengan mengimplementasikan persyaratannya secara konsisten dan berkesinambungan. Keberhasilan ini merupakan keberhasilan kita semua bersama seluruh CU primer anggota yang terus mendukung gerakan ini agar terus bertumbuh menjadi lebih baik.

Di akhir kegiatan, ketua pengurus PUSKOPCUINA Marselus Sunardi menyampaikan ucapan terima kasih kepada BSI Group Indonesiamelalui Andri Sulendra, dan Priono Dwi Saputro selaku konsultan ISO. Terima kasih juga setulus-tulusnya kepada pengurus, pengawas, penasihat, komite, semua manajemen, khususnya auditor internal dari manajemen yang telah terlibat mempersiapkan proses persiapan data-data sebelum dilakukan surveillance audit. Proviciat atas pencapaian perpanjangan sertifikat ISO PUSKOPCUINA.

 

Adrianus Alkadri - NAC PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Adrianus Alkadri
Perangkat GM PUSKOPCUINA yang membidangi NAC

Artikel Terkait: