Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Credit Union Stella Maris

Keharmonisan & Semangat Kerja Baru Kami

Keharmonisan & Semangat Kerja Baru Kami

Organizational Development (OD) merupakan salah salah kegiatan management strategic dalam sebuah credit union. Credit Union Stella Maris setiap awal tahun buku melaksanakan lokakarya OD.  

Tahun Buku 2023 OD dilaksanakan tanggal 20-21 Maret 2023 di Wisma St.Yohanes Paulus II, Anjongan, Kabupetan Mempawah Kalbar. OD yang diikuti pengurus, pengawas, penasihat, komite dan staf tersebut difasilitasi Edi V.Petebang, Ketua Pengurus CU Stella Maris. 


Dalam brainstorming nya, Edi menyampaikan ada empat tujuan OD. Pertama, menciptakan keharmonisan kerja antara pimpinan dengan staf: pengurus (pengawas, penasihat, komite) dengan staf; GM dengan staf; Manajer TP dengan staf. Kedua, menciptakan kemampuan memecahkan persoalan organisasi secara lebih terbuka. Ketiga, menciptkana keterbukaan dan komunikasi. Keempat, menambah semangat kerja seluruh anggota organisasi dan kemampuan mengendalikan diri. 

Menurut Edi, ada dua alasan mengapa OD wajib dilakukan. Pertama, faktor eksternal dan kedua, faltor internal. Faktor eksternal ada tiga aspek penting, yakni kompetisi, Ilmu pengetahuan dan teknologi, dan perubahan lingkungan. Faktor internal adalah tidak cocoknya struktur, sistem dan prosedur, perlengkapan dan fasilitas. 

“CU mau tidak mau menghadapi kompetisi antara lain, pinjaman online yang rata-rata mencapai 15-18 trliun pencairannya perbulan di Indonesia. Ada juga kredit ultramikor dengan bunga pinjaman 3 persen pertahun,”jelas Edi Petebang yang juga pengurus PUSKOPCUINA ini. 

Dalam paparannya Edi juga mengingatkan agar seluruh insan CU Stella Maris menjaga dan selalu mempraktikkan budaya organisasi (corporate culture). Yakni sistem nilai-nilai yang dipahami bersama oleh seluruh anggota organisasi,  rutin disosialisasikan, diimplementasi pada perilaku dan sikap masing-masing anggotanya dalam kehidupan berorganisasi.  

Ada enam budaya organisasi di CU Stella Maris, yakni Jujur, Amanah, Setia, Inovatif, Humanis, Ramah Lingkungan. Jujur: Aktivis CUSM memiliki di dalam dirinya kesesuaian antara perkataan dan perbuatan, ketulusan, keterbukaan, otentisitas dalam setiap aktivitas dan pelayanan. Amanah: Aktivis  CUSM menjalankan peran, tugas, tanggung jawab serta wewenang dengan bahagia, penuh rasa syukur, dan menggunakan seluruh kepercayaan yang diberikan secara bertanggungjawab. 

Setia: aktivis CUSM senantiasa taat mempraktikkan tata kelola CU, yakni tata kelola internal, tata kelola individual dan tata kelola eksternal dalam mengelola credit union agar CU Stella Maris sehat dan berkelanjutan. Inovasi: aktivis CUSM selalu bekerja dan bertindak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dan dijalankan dengan penuh tangung jawab dalam setiap pelayanan. Semangat rasa memiliki  yang tinggi terhadap lembaga dan tidak mudah goyah dalam situasi apa pun. Humanis: aktivis CUSM selalu bersikap positif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, berorientasi pada kepuasan anggota, memperlakukan setiap orang sebagai ciptaan Allah yang istimewa tanpa membedakan, dan terus berusaha menjaga hubungan antar manusia dalam kehidupan yang lebih luas. Ramah Lingkungan:  aktivis CU Stella Maris memiliki kepekaan terhadap isu lingkungan serta mempraktikkan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, baik di kantor maupun dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.  


11 MO 
OD selama dua hari diawali dengan misa, branstorming dilanjutkan diskusi kelompok dan pleno membahas 11 manual operasional (MO). Kesebelas MO tersebut dilakukan review dan revisi agar MO mampu menjawab kebutuhan anggota, kondisi lembaga dan menyesuaikan dengan perubahan, seperti aturan pemerintah maupun gerakan PUSKOPCUINA.    

Sebelas MO yang dibahas adalah MO Organisasi, HRM, Keuangan,  Perkreditan,  Pemasaran, Pemberdayaan, Diklat, Customer Service/CS, SPI, IT dan Pengawasan. 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah CU Stella Maris, di akhir lokakarya OD ditandatangani pernyataan Pakta Integritas seluruh peserta. “Pernyataan Pakta Integritas ini diharapkan menjadi pengingat bagi seluruh aktivis CU Stella Maris agar berperilaku dan bertindak seperti apa yang dituangkan dalam Pakta Integritas,”jelas Edi Petebang. *** 

 

Share this Post:
Ditulis oleh admin1
Admin ini untuk org BKCU agar bisa menulis artikel

Artikel Terkait: