Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Leadership Bootcamp: Latihan Kepemimpinan Intensif Pemimpin CU

Leadership Bootcamp: Latihan Kepemimpinan Intensif Pemimpin CU

ACCU menyadari adanya kebutuhan akan pelatihan kepemimpinan yang intensif bagi para pemimpin Credit Union di Asia. Program pelatihan yang tersedia saat ini di tingkat negara lebih banyak berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan, tetapi kurang pada keterampilan lunak (softskills) yang diperlukan untuk mengendalikan kompleksitas dan perubahan. 

Untuk meningkatkan momentum yang dapat menjembatani kesenjangan dalam integrasi jaringan Credit Union, ACCU telah membuat program Leadership Bootcamp untuk menyentuh pemikiran para pemimpin. Leadership Bootcamp bertujuan menemukan kekuatan dan kelemahan pribadi kepemimpinan, transisi pada perspektif kepemimpinan yang baru, dan menginspirasi para pemimpin untuk meninggalkan warisan yang baik bagi generasi berikutnya, dengan mengeksplorasi, menguasai keterampilan, dan pengetahuan dengan nyaman.

Pelatihan level pertama Leadership Bootcamp yang difasilitasi oleh Marselus Sunardi, Rosalina Susi, dan Serapina Serapin, adalah adaptasi dari 11 materi LeaderSHIFT oleh John Maxwell yang dikontekstualisasikan ke dalam lingkungan Credit Union. 

Leader - SHIFTs mengajarkan untuk mempercepat karir para pemimpin dengan menempatkan kepemimpinan mereka pada tingkat yang tinggi. Pelatihan ini menyediakan 11 blueprint sebagai berikut.

  1. Solois menjadi konduktor (Soloist to Conductor)
  2. Target untuk pertumbuhan (Goals to Growth)
  3. Manfaat menjadi harga (Perks to Price)
  4. Menyenangkan orang menjadi memberi tantangan bagi orang (Pleasing People to Challenging People)
  5. Berdaya pelihara menjadi berdaya cipta (Maintaining to Creating)
  6. Mendaki tangga menjadi pembangun tangga (Ladder Climbing to Ladder Building)
  7. Mengarahkan menjadi menghubungkan (Directing to Connecting)
  8. Keseragaman tim menjadi keragaman tim (Team Uniformity to Team Diversity)
  9. Wewenang Jabatan menjadi wewenang moral (Positional Authority to Moral Authority)
  10. Pemimpin terlatih menjadi pemimpin transformasional (Trained Leaders to Transformational Leaders)
  11. Karir menjadi panggilan hidup (Career to Calling)

Leadership Bootcamp yang dilaksanakan secara online selama lima hari yaitu 13 – 17 Juni 2022 dengan Peserta Leadership Bootcamp berjumlah 114 peserta, yang berasal dari 21 CU anggota PUSKOPCUINA, termasuk unsur Pengurus dan Manajemen PUSKOPCUINA. 

Agar pelatihan Leadership Bootcamp lebih efektivitas, kegiatan dibagi menjadi tiga kelas yang masing-masing difasilitasi oleh satu fasilitator, yaitu kelas 1 oleh Marselus Sunardi, kelas 2 Serapina Serapin, dan kelas 3 oleh Rosalina Susi. 

Selain utusan PUSKOPCUINA, peserta yang mengikuti Leadership Bootcamp berasal dari CU Femung Pebaya, CU Angudi Laras, CU Kasih Sejahtera, CU Mekar Kasih, CU Mentari Kasih, CU Muara Kasih, CU Tilung Jaya, CU Sumber Rejeki, CU Sumber Kasih Sejahtera, CU Sumber Sejahtera, CU Gerbang Kasih, CU Likku Aba, CU Khatulistiwa Bakti, CU Prima Danarta, CU Ndar Sesepok, CU Kridha Rahardja, CU Sempekat Ningkah Olo, CU Betang Asi, CU Bererod Gratia, dan CU Jembatan Kasih, dan CU Daya Lestari.

Dengan menyelesaikan pengembangan kepemimpinan, peserta mampu membuka potensi dirinya, mendorong batasan-batasan, membangun dan mempertahankan layanan keuangan yang cepat untuk membangun kehidupan masyarakat, melebihi pesaing, menarik dan mempertahankan orang-orang yang terampil dan berkinerja tinggi. Semoga!

Adrianus Alkadri, NAC PUSKOPCUINA

 

 

Share this Post:
Ditulis oleh Admin
Admin

Artikel Terkait: