Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

MENJADI KOPERASI “CLOSE LOOP” DENGAN MEMAKSIMALKAN PERPUTARAN DANA KEPADA CU PRIMER ANGGOTANYA

MENJADI KOPERASI “CLOSE LOOP” DENGAN MEMAKSIMALKAN PERPUTARAN DANA KEPADA CU PRIMER ANGGOTANYA

Lokakarya Simpan Pinjam Anggota (SPA), Jalinan, dan Solidaritas Gerakan (SG)

Narasumber: Marselus Sunardi, S.Pd.

Simpan Pinjam Anggota (SPA) memberikan layanan simpan pinjam kepada CU anggota melalui aplikasi ESCETE dan Mobile ESCETE. Semua anggota aktif memenuhi kewajiban terhadap simpanan. Sekunder tidak mungkin hidup jika anggota Hanya simpan atau Hanya pinjam. Simpan Pinjam harus seimbang. Kesepakatan lokakarya produk dan pelayanan pada tanggal 24 Maret 2021 mewajibkan anggota meminjam. UU Nomor 4 Tahun 2023 tentang PPSK, PUSKOPCUINA menjadi Koperasi yang bersifat “close loop” dan memaksimalkan perputaran dananya kepada para anggotanya.

Sumber Photo: PUSKOPCUINA

Jalinan merupakan bentuk solidaritas bersama milik anggota PUSKOPCUINA yang mengelola resiko kerugian CU primer akibat anggota meninggal atau cacat total tetap, sehingga dalam mengelola resiko ini perlu dilakukan kajian bersama atas kemampuan Jalinan dengan mempertimbangkan resiko finansial dan resiko hukum. Pada 1 April 2022 yang lalu PUSKOPCUINA telah melakukan kerjasama dengan pihak asuransi untuk melindungi simpanan, pinjaman, dan santunan dukacita anggota di CU primer. Pengelolaan Jalinan berkesinambungan dan harus terjadi peningkatan manfaat solidaritas kepada anggota CU Primer. Terjadinya mitigasi risiko hukum dan finansial dalam pengelolaan Jalinan. Penyamaan persepsi antara PUSKOPCUINA dan anggota dalam memaknai kerjasama dengan mitra asuransi berupa perlindungan simpanan, pinjaman, dan solduka.

Solidaritas Gerakan (SG) adalah kontribusi yang disetor CU anggota PUSKOPCUINA yang dihitung berdasarkan jumlah tertentu dari total pendapatan setiap bulan setelah dikurangi biaya modal per bulan, dicatat di PUSKOPCUINA sebagai penerimaan yang akan dipergunakan untuk kegiatan pelayanan anggota dan operasional kantor. Solidaritas Gerakan adalah komitmen bersama dalam semangat kekeluargaan dan kesetiakawanan untuk turut berpartisipasi dalam pengembangan Gerakan PUSKOPCUINA sebagai Federasi Nasional agar tetap sehat dan berkelanjutan. Salah satu bentuk konkritnya melakukan penggalangan dana secara gotong royonguntuk memastikan keberlangsungan pendidikan, pengembangan/pertumbuhan dan pengawasan dalam gerakan CU kita. SG menjadi implementasi konkrit dari Pilar Solidaritas (pilar ke-3) dan prinsip kerjasama antar koperasi (prinsip ke-6). SG sangat berkontribusi dalam memastikan fungsi dan peran gerakan CU dalam membangun dan membina CU dari awal sehingga kita bisa melihat dan menikmati CU sebagaimana sekarang ini.

PUSKOPCUINA melaksanakan kegiatan lokakarya Lokakarya Simpan Pinjam Anggota, Jalinan dan Solidaritas Gerakan, yang diikuti oleh ketua pengurus atau pengurus CU primer, GM atau Manajer CU primer, penasihat, pengurus, pengawas dan komite keuangan PUSKOPCUINA, serta manajemen PUSKOPCUINA. Pelaksanaan kegiatan lokakarya dilakukan secara luring dan daring melalui aplikasi zoom meetingtanggal 22 s.d. 23 Februari 2023 yang difasilitasi Marselus Sunardi, dengan menerapkan pendekatan bersifat partisipasi aktif dan interaktif, yaitu melalui pemaparan oleh fasilitator, dan ad diskusi pleno.

Adapun tujuan yang diharapkan dari lokakarya ini diantaranya:

  • Pelayanan SPA memberikan manfaat bersama bagi PUSKOPCUINA dan CU Primer
  • Adanya formula perhitungan Solidaritas Gerakan yang menjawab kebutuhan  CU primer dan PUSKOPCUINA
  • Pengelolaan Jalinan berkesinambungan dan terjadinya peningkatan manfaat solidaritas kepada anggota CU Primer
  • Terjadinya mitigasi risiko hukum dan finansial dalam pengelolaan Jalinan
  • Penyamaan persepsi antara PUSKOPCUINA dan anggota dalam memaknai kerjasama dengan mitra asuransi Gerakan
  • Menetapkan mitra asuransi perlindungan simpanan, pinjaman dan solduka

Dalam sambutannya Simon Jaang mengungkapkan, bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan serta menjaga keberlangsungan gerakan CU, maka PUSKOPCUINA perlu melakukan inovasi produk dan pelayanan. Produk dan pelayanan diberikan kepada anggota dalam bentuk layanan simpanan dan pinjaman untuk mengembangkan aset CU primer sebagai wujud kebersamaan dan saling ketergantungan (interdependensi) antar sesama CU primer dan CU primer dengan PUSKOPCUINA, sehingga perlu dilakukan kajian bersama sejauh mana layanan yang telah diberikan berdampak positif bagi CU primer dan PUSKOPCUINA. 

Setelah mendengarkan materi yang disampaikan narasumber, peserta masuk dalam diskusi kelompok yang dibagi dalam empat kelompok, dengan pembahasan diskusi:

  • Bagaimana upaya kita Bersama agar kegiatan Simpan Pinjam di PUSKOPCUINA dapat berjalan dengan baik sesuai kesepakatan yang sudah diatur dalam kontrak solidaritas.
  • Menentukan formulasi SG sehingga manfaat SG dapat tetap optimal dalam rangka memastikan CU anggota bertumbuh menjadi CU yang sehat dan berkelanjutan.
Sumber Photo: PUSKOPCUINA

Setelah melalui pembahasan di kelompok dan pembahasan pleno, maka diperoleh berita acara lokakarya SPA, Jalinan, dan SG yang ditandatangani oeleh perwakilan CU anggota yaitu Ketua CU Khatulistiwa Bakti, Ketua CU Stella Maris, dan Ketua CU Muare Pesisir.Rumusan berita acara lokakarya ini ditandatangani pukul 15.35 WIB. Marselus Sunardi menutup pembahasan agenda lokakarya dengan mengucapkan terima kasih atas kontribusi semua peserta selama proses lokakarya.

Anton Sera’ Sima dalam sambutannya sekaligus menutup lokakarya, forum ini sudah menghasilkan beberapa rekomendasi yang dibuat dalam berita acara yang segera ditandatangani. Dengan mengucapkan limpah terima kasih atas kontribusi serta pemikirannya semua peserta, sekaligus permohonan maaf atas keterbatasan selama proses lokakarya SPA, Jalinan, dan SG.

Adrianus Alkadri - NAC PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Adrianus Alkadri
Perangkat GM PUSKOPCUINA yang membidangi NAC

Artikel Terkait: