Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Pengurus dan Pengawas PUSKOPCUINA Periode Tahun Buku 2021-2023

Pengurus dan Pengawas PUSKOPCUINA Periode Tahun Buku 2021-2023

Rapat Anggota Tahunan (RAT) PUSKOPCUINA Tahun Buku (TB) 2020 dilaksanakan tanggal 29 Mei 2021 dengan rangkaian kegiatan mulai tanggal 27 – 29 Mei 2021. Tema yang diusung dalam RAT ke-32 ini berbunyi mewujudkan Integrasi Gerakan Credit Union melalui Efektivitas PUSKOPCUINA. RAT berlangsung di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta dengan tuan rumah CU Cindelaras Tumangkar. CU Cindelaras Tumangkar (CUCT) merupakan anggota PUSKOPCUINA yang ada di DI. Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan mulai tanggal 27 Mei 2021 diawali dengan kegiatan keagamaan untuk meminta pertolongan Tuhan Yang Maha Esa agar pelaksanaan rangkaian kegiatan RAT dapat berlangsung dengan lancar. Untuk peserta yang beragama Islam dilaksanakan tausiyah yang dipimpin oleh Ahmad Rofiq, Anggota Pengurus PUSKOPCUINA periode TB 2018-2020. 

Bagi peserta yang beragama Kristen Protestan, diadakan ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Lukas Sukoco, Ketua Pengurus CU Angudi Laras. Sedangkan bagi peserta yang beragama Katolik, diadakan misa yang dipimpin oleh Vikep Kevikepan Yogyakarta Timur Keuskupan Agung Semarang, Rm. Alphonsus Rodriquez Yudono Suwondo, Pr didampingi oleh 7 (tujuh) orang Romo yang berasal dari beberapa keuskupan yang menjadi utusan/peninjau dari CU Primer yang mengikuti RAT secara offline. 

Selanjutnya masih dihari yang sama, diadakan cordially welcome. Cordially welcome merupakan acara yang diperuntukkan untuk menyambut kedatangan peserta. Acara diawali dengan ucapan pembuka dari MC. Malam itu bertugas Jos, anggota CUCT dan Susi, Manajer Tata Kelola PUSKOPCUINA. Kepiawaian MC membuat suasana semakin menyenangkan. 

Tarian buto wanudya (krincing manis) menjadi pembuka acara, tarian ini dibawakan oleh 5 orang penari perempuan. Awalnya tarian ini dilakoni oleh kaum pria, krincing manis hadir sebagai semangat emansipasi wanita.

Tanggal 28 Mei 2021, pembukaan RAT PUSKOPCUINA XXXII TB 2020 dan dilanjutkan dengan seminar dan pemaparan visi dan misi calon Pengurus dan Pengawas PUSKOPCUINA periode TB 2021-2023. Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki berkenan hadir dalam rangkaian pembukaan RAT. 

Dalam kesempatan berbahagia tersebut, Menkop dan UKM berkenan melaunching Buku SOP Koperasi CU,  aplikasi ESCETE, dan PUSKOPCUINA sebagai Federasi Nasional. Launching diawali dengan pemutaran video dan selanjutnya Menkop dan UKM mengangkat wayang gunungan sebagai simbol telah resminya ketiga hal tersebut. 

Saat launching, Menkop dan UKM didampingi oleh Ketua Pengurus PUSKOPCUINA periode TB 2018-2020, Edi V. Petebang, penulis buku SOP Koperasi CU, Rm. Fredy Rante Taruk, Pr, dan mitra pengembang aplikasi ESCETE, Sutjahyo Budiman – Dirut Fortress Data Services.

Dalam sambutannya, Menkop dan UKM RI, Teten Masduki mewakili pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih kepada gerakan CU yang telah ikut membantu pemerintah dalam mengatasi kemiskinan, terutama ditengah-tengah situasi pandemi Covid-19 ini. Kita patut bangga bahwa gerakan koperasi tidak ada yang tutup karena dampak Covid-19, ujarnya. 

Potensi sumber daya di Indonesia sangat melimpah, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya secara maksimal. Kementerian Koperasi dan UKM mendorong Koperasi berperan dalam mengelola sumber-sumber daya yang belum maksimal diolah, misalnya di sektor perikanan, tambahnya.

Hadir dalam pembukaan RAT ini, Gubernur Provinsi DI. Yogyakarta yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pengembangan - Tri Saktiyana, Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI - Ahmad Zabadi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY – Srie Nurkyatsiwi, Pengawas Koperasi Ahli Madya Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat –Evi Theodora Agustina Silalahi, dan Bendahara Inkopdit - Valentinus Edi Cahyono.

Mengakhiri kegiatan pada hari kedua, Panitia Pemilihan Pengurus dan Pengawas yang diketuai oleh Victorina Budi Astuti menyampaikan visi dan misi calon pengurus dan Pengawas dengan memutar video yang sudah disiapkan oleh panitia. Kali ini terdapat sepuluh calon pengurus dan lima orang calon pengawas. 

Hari ketiga, tanggal 29 Mei 2021 merupakan puncak dari rangkaian, yakni RAT. Anggota (CU primer) yang hadir 44 dari 44 anggota, sehingga kuorum mencapai 100%. Selama RAT berlangsung dipimpin oleh Ir. F.X. Suwarta, MP selaku pimpinan rapat dan Titus Indrianta sebagai sekretaris rapat. Pelaksanaan RAT berjalan dengan lancar dan tertib. 

Anggota secara bulat menerima laporan pertanggungjawaban pengurus dan laporan  hasil pengawasan pengawas TB 2020. Rapat anggota juga memutuskan CU Kasih Sejahtera di Atambua sebagai tuan rumah RAT TB 2021. Pada RAT yang ke-32 ini, untuk pertama kalinya menggunakan hak suara secara proporsional (berimbang) berdasarkan jumlah anggota di CU Primer. 

Ketentuan ini diatur dalam Permenkop dan UKM RI Nomor 19/PER/M.KUKM/IX/2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi. Rapat Anggota telah memilih Pengurus dan Pengawas PUSKOPCUINA periode tahun buku 2021-2023 seperti pada tabel berikut.

Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan dilakukan oleh Kepala Bidang Kepatuhan dan Sistem Pelaporan Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM RI, Tri Aditya Putra.

Dalam RAT kali ini juga dipilih komite pemilihan pengurus dan pengawas untuk masa bakti selama 3 tahun. CU primer yang terpilih CU Femung Pebaya, CU Khatulistiwa Bakti, CU Bererod Gratia, CU Sauan Sibarrung, dan CU Angudi Laras.

RAT TB 2020 dilaksanakan secara luring dan/atau daring sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Hadir secara luring sebanyak 32 CU dan daring sebanyak 12 CU. 

Secara keseluruhan, peserta berjumlah 216 orang, hadir secara luring 167 orang dan daring 49 orang. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat dalam kegiatan ini. Panitia telah menyediakan hand sanitizer dan masker untuk setiap peserta. Pengaturan kursi memperhatikan social distancing. Pada saat makan, pihak hotel sudah menyiapkan hand sanitizer dan sarung tangan plastik.

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: