Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

MENUJU AKREDITASI ACCESS BRANDING SEBUAH FEDERASI

MENUJU AKREDITASI ACCESS BRANDING SEBUAH FEDERASI

“Saya sangat senang mendengar informasi bahwa PUSKOPCUINA mampu mendidik anggota secara individual, menyediakan pelayanan keuangan , pelayanan literasi keuangan dan terintegrasinya 46 CU anggota dan juga menyediakan alat untuk ketahanan, keberlanjutan dan bertumbuh “ujar Ranjith Hettiarachi, Chief Technical Officer (CTO) Asian Credit Union Confederation (ACCU) saat menyampaikan  sambutan pada pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) TB 2022 PUSKOPCUINA di Samarinda, 24 Mei 2023.

Pernyataan ini menjadi salah satu bentuk dukungan ACCU, dan mendorong PUSKOPCUINA mempersiapkan strategi menuju akreditasi ACCESS tingkat Federasi dan penilaian terintegrasinya sebuah federasi. Untuk mematangkan persiapan akreditasi dan penilaian terintegrasinya sebuah federasi, sudah dilakukan pertemuan antara ACCU dengan PUSKOPCUINA pada tanggal 6 Juni 2023 secara zoom meeting untuk membahas lebih lanjut terkait mekanisme self assessment.

Dok PUSKOPCUINA: GM Bersama Bidang Tata Kelola Saat Melakukan self assessment.

Pada tanggal 15 s.d. 16 Juni 2023, dilakukan penilaian sendiri atau self assessment 86 indikator yang dinilai oleh General Manager, WICU dan Bidang Tata Kelola dan Kepatuhan. Pada penilaian 86 indikator, ada perbedaan jumlah  indikator yang dinilai pada masing-masing perspektif  antara Credit Union Primer dengan Federasi. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut:

NO              PERSPEKTIF               JUMLAH INDIKATOR DINILAI
CU PRIMER FEDERASI
1Keuangan1315
2Kepuasan Anggota2722
3Bisnis Internal2624
4Pembelajaran - Pertumbuhan2025

Dalam proses penilaian, ada banyak diskusi untuk memperjelas pemahaman bersama terkait indikator penilaian terutama yang berbeda dengan yang digunakan dalam penilaian di CU primer serta bagaimana penerapannya di PUSKOPCUINA. “PUSKOPCUINA memiliki peluang untuk mendapatkan penilaian terintegrasinya sebuah federasi dan akreditasi ACCESS dengan pencapaian yang didapatkan saat ini ujar Ranjith Hettiarachi kepada perwakilan PUSKOPCUINA yang mengikuti pertemuan bersama ACCU. Semoga hal itu bisa terjadi dan ini menjadikan PUSKOPCUINA sebagai Federasi pertama dibawah ACCU yang bisa mendapatkan akreditasi ACCESS. Semoga. Salam Solusi Cerdas Terpercaya.

 

Ella Agustina - Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Ella Agustina
Staf Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA yang membidangi Sertifikasi

Artikel Terkait: