Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Pelatihan CUSCC secara online; solusi bisnis ACCU nomor 19

Pelatihan CUSCC secara online; solusi bisnis ACCU nomor 19

Ditengah-tengah pandemi Covid-19, Puskop Credit Union Indonesia (PUSKOPCUINA) tetap menyelenggarakan Diklat secara virtual, agar aktivis Credit Union (CU) tetap memiliki kompetensi untuk mengelola CU, apalagi ditengah tantangan yang berat sebagi dampak pandemi Covid-19 yang juga belum ada tanda-tanda akan mereda. Sejak April 2020, penyelenggaran Diklat, FGD, atau lokakarya lebih banyak menggunakan metode online.

Demikian halnya dengan Diklat Credit Union Audit/Supervisory Competency Course (CUSCC) atau kursus kompetensi komite audit/pengawas credit union tahun ini juga dilaksanakan secara online, mulai tanggal 19-22 April 2021. Pelatihan ini diikuti oleh 57 orang peserta dari 27 CU Primer yang difasilitasi oleh Rosalina Susi, Manajer Tata Kelola PUSKOPCUINA. Rosalina Susi salah satu fasilitator Diklat CUSCC yang memperoleh pelatihan langsung dari Association of Asian Confederation of Credit Unions (ACCU) di Bangkok tahun 2012. 

PUSKOPCUINA sejak tahun 2013 mulai menyelenggarakan pelatihan ini. Modul ini merupakan solusi bisnis nomor 19 yang dikeluarkan oleh ACCU. 

Solusi bisnis ini memberikan pedoman dan alat bagi kinerja pengawas/komite audit yang efektif dalam menjalankan tugasnya. Solusi ini menyediakan alat praktis bagi pengawas/komite audit untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya tanpa meninggalkan tujuan CU. Hal ini penting bagi pengawas/komite audit. PUSKOPCUINA bersama anggota menetapkan pelatihan ini sebagai pelatihan wajib bagi pengawas.

Di CU, Pengawas/Komite Audit membantu pengurus untuk mengawasi tanggung jawab pelaporan keuangan. Komite Audit juga bertanggung jawab atas pengawasan internal, proses audit dan kepatuhan terhadap hukum, peraturan dan kode etik di CU.

Pada saat rapat anggota tahunan (RAT) para anggota memilih pengawas. Meskipun pengawas bekerja sebagai relawan, penting bahwa pegawas memiliki kompetensi di bidang akuntansi dan audit yang diperoleh dari pengalaman atau pelatihan. Pertimbangan ini menjadikan PUSKOPCUINA secara rutin menyelenggarakan diklat ini. 

Selama 4 hari kegiatan, ada 8 materi yang diberikan dalam pelatihan CUSCC ini,  terdiri dari peran komite audit atau pengawas credit union - piagam komite audit, jenis audit, membaca dan memahami laporan keuangan credit union, mengevaluasi kecukupan lingkungan pengendalian internal credit union, memahami pernyataan manajemen mengenai laporan keuangan credit union, menetapkan tujuan dan prosedur audit, audit kinerja sosial, dan menilai efektivitas komite audit/pengawas. Dan pada akhir sesi, peserta diminta membuat rencana aksi setelah mengikuti pelatihan ini.

Semoga pelatihan ini semakin mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengawas/komite audit agar pengawasan di CU semakin berkualitas agar CU mampu berkelanjutan demi meningkatnya kualitas hidup anggota. Salam Solusi Cerdas Terpercaya.

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: