Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

MONITORING DAN EVALUASI IX PUSKOPCUINA

MONITORING DAN EVALUASI IX PUSKOPCUINA

Monitoring dan Evaluasi merupakan dua kegiatan terpadu dalam rangka pengendalian suatu program kerja. Meskipun merupakan satu kesatuan kegiatan, namun MONEV memiliki fokus yang berbeda satu sama lain. Monitoring adalah kegiatan pemantauam untuk memperoleh informasi secara terus-menerus sehingga hasil sesuai dengan program yang telah ditetapkan lembaga. Evaluasi merupakan kegiatan penilaian di akhir kegiatan untuk melihat pencapaian dari program yang telah dijalankan.

MONEV adalah bagian penting dan tidak terpisahkan dari sebuah perencanaan program. Setiap merencanakan sebuah program wajib pula dibuat rencana monitoring dan evaluasi terhadap program tersebut. Apabila sebuah program tidak memiliki rencana monitoring dan evaluasi,maka tidak ada pula data akurat yang dapat digunakan sebagai data analisis untuk perbaikan pelaksanaan program tersebut.

Dokumentasi: PUSKOPCUINA

Pentingnya kegiatan MONEV untuk sebuah organisasi, PUSKOPCUINA melakukan secara rutin kegiatan ini setiap tahun. Monev yang dilakukan tahun 2023 ini merupakan MONEV IX yang sudah dilakukan oleh PUSKOPCUINA yang dilakukan secara luring dan daring pada tanggal 25 s.d. 27 Juli 2023. Monev diikuti oleh unsur penasihat, pengurus, pengawas, komite dan manajemen PUSKOPCUINA. MONEV ini difasilitasi oleh Edi Vinsensius Petebang, anggota pengurus PUSKOPCUINA.

Dalam kegiatan MONEV dipresentasikan rekomendasi MONEV tahun 2022 dan pencapaian program kerja TB 2023 dengan menggunakan data per 30 Juni 2023. Ada diskusi yang terjadi setelah presentasi dilakukan dan dipertajam dalam diskusi kelompok yang dibagi berdasarkan bidang kerja di PUSKOPCUINA, yaitu Organisasi, Tata Kelola dan Kepatuhan, Pemberdayaan, Teknologi Informasi dan Usaha. Hasil diskusi kelompok dibahas secara pleno dan menghasilkan 37 rekomendasi yang menjadi keputusan dalam MONEV IX.

Setelah berproses selama lebih kurang 3 hari, dihasilkan feedback dari MONEV IX tahun 2023 ini, dihasilkan keputusan bersama sebagai rekomendasi untuk dilakukan pada semester kedua ini. Semoga kita semua dapat melaksanakan rekomendasi bersama ini dengan sebaik-baiknya demi kemajuan PUSKOPCUINA bersama CU anggota.

Diakhiri Monev kali ini juga dilakukan rapat evaluasi RAT XXXIV PUSKOPCUINA TB 2022, dimana secara resmi dibubarkan kepanitiaan SC dan OC PUSKOPCUINA.

 

Ella Agustina - Staf Sertifikasi PUSKOPCUINA.

Share this Post:
Ditulis oleh Ella Agustina
Staf Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA yang membidangi Sertifikasi

Artikel Terkait: