Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita

Pelatihan Penulisan Berita bagi aktivis CU di Jaringan Puskopcuina

Pelatihan Penulisan Berita bagi aktivis CU di Jaringan Puskopcuina

 

Credit Union (CU) adalah salah satu lembaga yang banyak diakses oleh masyarakat Indonesia sebagai sarana pengelolaan keuangan mereka. Informasi seputar per-CU-an sangat diperlukan karena lembaga tersebut berurusan dengan orang banyak. Dengan demikian bukankah sudah semestinya bahwa aktivis CU perlu memiliki kemampuan menulis berita yang  menarik, aktual dan faktual untuk disampaikan kepada masyarakat pada umumnya dan kepada anggota pada khususnya ?
Mengawali bulan Februari ini, Puskopcuina yang merupakan federasi CU tingkat nasional mengadakan Bimtek Kehumasan, protokoler, konferensi Pers dan Teknik Penulisan bagi para pengelola CU primer yang tergabung dalam jaringannya. Bimtek ini ditujukan agar pemahaman dan pengetahuan para pengelola CU tentang kehumasan, protokoler, konferensi pers dan teknik penulisan dapat meningkat. 
Pelatihan ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi  zoom pada Kamis -Jumat , 2- 3 Februari 2023. Hari pertama dimulai pukul 08:00  WIB diikuti sebanyak 106 peserta dari 28 CU yang mendaftar. Materi hari pertama ini adalah tentang penulisan, difasilitasi oleh  Edi V Petebang, salah seorang pengurus di Puskopcuina dan sudah berpengalaman di bidang penulisan jurnalistik baik di media regional maupun nasional serta aktif terlibat dalam penulisan buku beberapa CU di Kalimantan. 
 

 

Pada sesi satu, materi yang disampaikan seputar alasan mengapa menulis itu penting dan bagaimana mengatasi hambatan menulis, kemudian peserta diberi tugas praktik menulis berita. 
Sesi kedua lebih detail dipaparkan oleh fasilitator tentang  unsur utama berita, nilai dan jenis berita serta beberapa hal yang menjadi dasar penulisan berita yang kemudian berkembang menjadi diskusi dalam kerangka kelembagaan CU, misalnya siapakah yang perlu mengecek terakhir tentang isi berita, apakah perlu mencantumkan nama personal atau dewan pengurus, dsb. Diskusi ini menjadi hangat dan sangat kontekstual mengingat berita yang dimuat pada media komunikasi lembaga haruslah mencerminkan wajah lembaga. Seperti kita ketahui bersama, di era digital ini media komunikasi lembaga seperti website, akun IG, FB, TikTok merupakan  representasi kredibel dari lembaga tersebut yang perlu diisi dengan tulisan-tulisan yang menarik, faktual dan aktual dan dapat dipercaya. 
Untuk dapat menjadi penulis yang baik, perlu memiliki keinginan untuk banyak membaca dan sering praktik menulis. Sehingga apa yang telah dipelajari selama bimtek tidak berhenti pada teori saja, melainkan terus menerus dipraktikkan karena practise makes perfect. Demikian yang dapat kami sarikan dari paparan fasilitator di hari pertama selama kurang lebih selama 6 jam ini. 

Share this Post:

Artikel Terkait: