Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Diklat

TATA KELOLA CU YANG SEHAT MENUJU AKREDITASI ACCESS BRANDING

TATA KELOLA CU YANG SEHAT MENUJU AKREDITASI ACCESS BRANDING

“Tujuan utama bukan penghargaan, tetapi bagaimana mengelola CU dengan tata kelola yang sehat “ujar Anton Sera’sima, wakil ketua pengurus PUSKOPCUINA saat membuka Bimtek Assessment ACCESS Branding yang dilaksanakan  tanggal 23 – 26 Januari 2023 melalui zoom meeting, yang  diikuti oleh 18 orang peserta dari  CU Kasih Sejahtera, CU Betang Asi, CU Muara Kasih dan CU Sumber Kasih Sejahtera, yang merupakan  tim ACCESS Branding di CU masing-masing. 

Dok. Poto: Bidang Pemberdayaan PUSKOPCUINA

Kegiatan Bimtek ini sendiri merupakan  bagian  dari proses pendampingan akreditasi ACCESS Branding, diawali dengan rapat sosialisasi  yang dilaksanakan  tanggal 30 September 2022 yang lalu. Bimtek ini difasilitasi oleh Rosalina Susi dan Ella Agustina. Dalam bimtek ini, peserta dipandu untuk melakukan Self Assesment terhadap 86 indikator dari 4 perspektif  ACCESS Branding. Pada hari pertama, peserta dipandu penilaian pada 20 indikator perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pada hari kedua, 26 indikator perspektif bisnis internal. Pada hari ketiga, 14 indikator dari  27 perspektif anggota/pelanggan dijelaskan dan dilanjutkan 13 indikator  perspektif anggota/pelanggan dan 13 indikator perspektif keuangan diselesaikan pada hari terakhir. 

Dalam proses Bimtek, ada banyak diskusi untuk memperjelas pemahaman bersama terkait penilaian dan bagaimana kedepannya tim ACCESS CU bekerja mempersiapkan diri menuju akreditasi ACCESS Branding.

“Tahun 2023 adalah tahun dimulai pendampingan untuk keempat CU menuju akreditasi ACCESS Branding dan CU-CU masih diberikan kesempatan untuk menentukan kapan bisa mengikuti akreditasi, sehingga PUSKOPCUINA dalam hal ini bidang tata kelola dan kepatuhan bisa mendampingi secara intens, dengan harapan keempat CU yang mengikuti bisa mendapatkan akreditasi ACCESS Branding” ujar Petrus Doni, Manajer Tata Kelola dan Kepatuhan dalam diskusi setelah materi bimtek selesai disampaikan.

“CU Sauan Sibarrung mendapatkan akreditasi ACCESS Branding setelah 3 tahun dalam proses persiapannya, mulai tahun 2016 setelah mengikuti pembekalan  ACCESS di Pontianak, CU Sauan Sibarrung berbenah diri pada tata kelola CU yang sehat “ tegas Anton Sera’sima pada sambutan yang disampaikan.

 

Ella Agustina - Manajemen PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Ella Agustina
Staf Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA yang membidangi Sertifikasi

Artikel Terkait: