Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

Melahirkan Loyalis Credit Union

Melahirkan Loyalis Credit Union

Dalam pembelajaran gerakan CU di Asia, keberlangsungan credit union ditentukan oleh lima faktor. Yakni kekuatan keuangan, efisiensi operasional, kepuasan anggota, posisi bersaing dan kepuasan pegawai. Kelima faktor tersebut saling berhubungan dan tidak terpisahkan karena saling mempengaruhi. 

Salah satu aspek penting dan penentu dari lima faktor tersebut adalah kepuasan pegawai. Pegawai merasa puas bekerja di credit union karena credit union nya sehat dan memberikan suasana kerja yang menyenangkan. Di sisi lembaga, CU harus menyiapkan, mendidik dan mengembangkan staf agar memiliki loyalitas dan intgeritas. CU harus memiliki staf yang mempunyai loyalitas dan integritas. Loyalitas terhadap lembaga sekaligus memiliki integritas yang teruji. 

Suasana TC yang rileks, pas untuk belajar dan menempa diri (foto: edi petebang)

Federasi Nasional Credit Union Indonesia (PUSKOPCUINA) sangtat peduli dengan loyalitas dan integritas para staf yang bekerja di 45 credit union anggota yang tersebar di 25 provinsi di Indonesia. Ada sejumlah program pengembangan diri, pendidikan dan pelatihan yang diadakan ataupun diorganisiri PUSKOPCUINA untuk memastikan lahirnya staf-staf yang loyal dan berintegritas di credit union; salah satunya adalah Training Centre (TC). 

Keunikan pelatihan yang dibungkus dengan sebutan traning centre (TC) ini adalah karena memadukan antara hard skill dan soft skill; antara olah intelektual dan emosional. Dalam pelatihan ini, tidak hanya materi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kerja saja yang dibentuk. Kedisiplinan, kehidupan rohani, kemampuan bersosialisasi, dan kesadaran akan lingkungan sekitar. 

Saban hari peserta mulai rangkaian kegiatan pukul 05.30 Wib. Diawali meditasi, dilanjutkan dengan doa/ibadat pagi menurut agama masing-masing peserta. Meditasi dan ibadat pagi dipimpin peserta secara bergiliran harinya. 

Selanjutnya sarapan pagi dan sesi pembelajaran mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.30. Setelah istirahat siang, sesi pelajaran dilanjutkan pukul 13.30 sd 15.30 WIB. Setelah itu olah raga dan (tentative) ada sesi malam pukul 19.00- 21.00 WIB selama 36 hari.

Tahun 2022 ini dilaksanakan 2 TC, yakni di wilayah tengah dan barat. Di tengah dipusatkan di Rumah Retret Bukit Rahmat, Putak, Kaltim dan di wilayah barat di Rumah Retret Constantini, Kalbar. 

Salah satu kelompok sedang mempresentaiskan sharing dan diskusi kelompoknya (foto:edi petebang)

TC Barat

Peserta TC Barat ini berjumlah 31 orang dari 11 CU berasal dari pulau Kalimantan, Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara dan Nias. Meraka adalah Metias Lagi dan Lorensius Joni dari CU Tling Jaya, Putusibau (Kalbar); Adam Perwira Adi dari CU Angudi Laras, Purworejo (Jateng), Antonius Kristianto Goang, Maria Elansia Ngono, dan Ferdinandus Wangge dari CU Gerbang Kasih, Keuskupan Ende, NTT; Saulus Nasda, Suardi Kuang, Yordanus Aceng, Teodora Megawati, Yulia Helena Rita, dan Yustina Pina dari CU Kusapa, Sanggau, Kalbar; Tripina, Magdalena Yulianeti, Heniwati, Kalista Tika, Herkulanus Samion, Ade Supriyadi,Cornelio Lupi, dan Imron Setiawan dari CU Usaha Kita, Sungai Ayak, Kalbar. Rikono dan Aprilia Dewitari dari CU Remaung Kecubunga, Pangkalan Bun, Kalteng; Hermanto dan Veronika Arseniati dari CU Oancur Dangeri, Ketapang, Kalbar. Dari Jakarta ada Pikat Lanang Sanjaya dari CU Pelita Sejahtera.

Dari Pulau Sumatera ada Margareta Yovita dan Maria Herlina Lumbantoruan dari CU Jembatan Kasih, Batam, Kepri. Dari Pulau Tello, Sumatera Utara ada Liberius Manao dan Sumarni Gaho dari CU Kasih Setia Pulau Tello. Dari Pulau Nias ada Parnias Waruwu dari CU Santa Maria Gunung Sitoli serta dari CU Sohagaini Lahusa Gomo adalah Alberta Zai dan Juniaman Tafonao.

Dari CU asal peserta, ada dua CU yang di luar anggota PUSKOPCUINA, yakni CU KSPT Tello dan CU Santa Maria. Memang di setiap TC PUSKOPCUINA menerima peserta dari CU di luar anggota PUSKOPCUINA.

Secara berurutan materi yang didalami selama TC ini adalah Orientasi Program, Pengembangan Diri, character Building, Managing Your For Other (MYFO), Public Speaking, Pemberdayaan, Financial Literacy, Akuntansi CU, Pendalaman Nilai-Nilai Credit Union, Rekreasi, Kerja Bakti, Credit Union Loan Officer Competency Course (CULOCC), Pengorganisasian Kredit & Penagihan, Member Relationship Management, Eksposure (CUKB, Muara Kasih &Stella Maris), laporan dan Sharing, Rekoleksi, Membangun Komitmen dan Rencana Tndak Lanjut untuk pribadi dan lembaga.

Outbond peserta TC (fofo: puskopcuina)
Outbond untuk pembentukan karakter staf (fofo: puskopcuina/siska)

Para fasilitator yang mendamping peserta di TC Barat secara bergliran adalah Agustinus Alibata, Serapina Serapin, Ella Agustina, Thomas More Anwar, Sumbogo, Salomon,Rosalina Susi, Edi V. Petebang, Maria Magdalena Emi, Tri Kukuh Tino David, da Pastor Donatus Jensi, CDD. 

Diskusi di alam terbuka (foto: puskopcuina/Siska)
Kegiatan olah raga (foto: puskopcuina/siska)

Para peserta yang rata-rata fresh graduate ini, dan mayoritas belum berkeluarga sangat antusias mengikuti semua pembelajaran, dari awal bangun tidur sampai malam. Di tangan anak-anak muda inilah masa depan CU digayutkan agar gerakan pemberdayaan ini semakin eksis, semakin sehat dan terus berkembang.

PUSKOPCUINA konsisten dan berkomitmen penuh untuk memastikan keberlanjutan gerakan credit union di Nusantara sesuai misinya. PUSKOPCUINA meyakini, hanya dengan tersedianya sumber daya manusia yang mumpunilah gerakan credit union akan terus bertumbuh dan berkelanjutan. 

PUSKOPCUINA membuka diri bekerja sama dengan CU primer non anggota maupun dengan CU Sekunder untuk menjadi peserta sejumlah training. Materi training PUSKOPCUINA, atas seijin ACCU, diadopsi dari materi-materi training yang dari gerakan CU Asia (ACCU).

Jika pembaca tertarik mengikuti training PUSKOPCUINA silakan kontak: 

Jalan Imam Bonjol, Gang Haji Mursyid 1 No. 7-8 Pontianak, Kalimantan Barat 78123 Telp.0561-765591; email:cucoborneo@hotmail.com

 

Share this Post:
Ditulis oleh Edi V. Petebang
Aktivis Credit Union

Artikel Terkait: