Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Sharing Anggota

Peran CUAL Dalam Pengembangan Entrepreneurshipku

Share:
Peran CUAL Dalam Pengembangan Entrepreneurshipku

Saudara… Pernahkah saudara merasakan situasi, ketika jiwa usaha sedang membara dan bersemangat tetapi menemukan hambatan? Keputusan apa yang saudara ambil?

Begitu banyak pertanyaan yang muncul di dalam pikiran kita ketika ide kreatif dan semangat kita untuk menjalankan usaha ternyata tidak sejalan dengan kenyataan yang ada. Karena pada kenyataannya begitu banyak kendala dan hambatan yang mungkin muncul ketika kita menjalankan usaha. Dan kendala itu bisa berasal dari internal diri kita sendiri atau dari faktor ekternal seperti lingkungan.  
 

Dan respon kita terhadap masalah yang dihadapiakan  menentukan bagaimana usaha kita akan berjalan kemudian. Lalu bagaimana menentukan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut? 
Menenangkan pikiran dan mengontrol emosi anda adalah hal pertama yang mesti dilakukan. Karena tanpa pengelolaan pikiran dan emosi yang baik, masalah yang kita hadapi tidak akan tersolusikan dengan baik. Cobalah untuk tetap berfikir positif dan berdoalah untuk meminta pertolongan Tuhan. Setelah itu gunakan cara berpikir kreatif untuk menemukan solusi. Salah satunya dengan mengkonsultasikan masalah kita kepada orang yang bisa di percaya. Carilah jalan keluarnya dan segera selesaikan masalah tersebut agar tidak berkepanjangan.  
Dan salah satu tempat yang tepat untuk kita bisa mengkonsultasikan masalah usaha kita adalah di Credit Union. Karena Credit Union tidak hanya melayani simpan pinjam untuk anggotanya, tetapi ada pelatihan, pemberdayaan dan juga pendampingan untuk anggotanya yang ingin mengembangkan usahanya. Dan ini lah yang membedakan antara Credit Union dengan koprasi simpan/pinjam sejenisnya. 


Semenjak tahun 2012, saya bergabung dengan Credit Union Angudi Laras (CUAL) di Purworejo, begitu banyak manfaat yang saya rasakan. Ketika sebelum menikah dan belum memiliki tanggungan, CUAL mengajarkan saya untuk menabung dengan mengambil pinjaman kapitalisasi. Dimana ketika itu, tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk mempersiapkan dana untuk masa depan saya. Dan kini setelah saya menjadi pelaku usaha, dan memiliki 5 jenis usaha, saya mulai merasakan manfaat dari tabungan yang sudah saya bentuk ketika masih lajang.  


Sedikit info saudara, saat ini saya memiliki 5 jenis usaha, antara lain, Toko Bangunan, EO Otomotif, Budidaya Porang, Mitra JNE dan Rental Mobil. Ke-5 usaha saya ini berdiri secara bertahap seiring kebutuhan di lingkungan saya dan CUAL selalu berperan aktif disetiap lahirnya usaha saya. Adapun dukungan CUAL untuk usaha saya antara lain sebagai berikut : 

  1. Pinjaman untuk modal usaha.  
    Modal adalah unsur utama dalam kita menjalankan usaha. Perhitungan yang matang dan modal yang kuat, akan memudahkan pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya dan CUAL memberikan pinjaman dengan bunga yang wajar. Dan CUAL juga memberikan konsutasi gratis yang berkaitan dengan management keuangan ketika ada anggota yang membutuhkan.

2. Pendampingan Usaha.  
Tidak hanya permodalan saja yang menjadi fokus dari CUAL, tetapi saya juga mendapatkan pendampingan dalam mengembangkan usaha. Antara lain : 
- Pendampingan budidaya, pemasaran dan pengolahan porang.  
Saudara, saya bukan orang yang memiliki latarbelakang petani, tentu sangat sulit bagi saya dalam mengolah tanah milik keluarga untuk ditanami porang dan pengolahannya. Dan CUAL menolong saya dengan mempertemukan saya pada para pelaku usaha porang dan saya bisa belajar banyak dari hal ini 
- Pendampingan membuat Business Model Canvas (BMC). 
Saudara, untuk kalian yang akan membuat dan yang sudah memiliki usaha, saya sarankan untuk saudara membuat BMC dari usaha saudara. Disini CUAL membantu saya dalam membuat BMC dari usaha saya dan dari sini saya dapat mengetahui tentang potensi, peluang, tantangan dan ancaman yang muncul dari usaha yang saya lakukan. 
- Pendampingan membuat strategic planning.  
Setelah saya dibimbing untuk membuat BMC, pendampingan selanjutnya adalah membuat strategic planning dari usaha saya tersebut. Dimana strategic planning ini membantu saya dalam mencapai tujuan usaha.  

3. Pelatihan. 
Selain permodalan dan pendampingan, saya juga pernah mengikuti pelatihan di CUAL, antara lain : 
- Pelatihan menggunakan media promosi tik-tok, dimana saya diajari untuk membuat video-video yang dapat mendukung promosi dari usaha saya dan juga pelatihan dibidang kuliner yaitu; 
- Pelatihan membuat produk makanan. Dan mungkin ini bisa menjadi ide usaha saya berikutnya untuk bisa memiliki usaha baru di bidang kuliner. 

Nah saudara, itu lah beberapa manfaat dari Credit Union yang pernah saya rasakan dan mungkin pernah saudara dapatkan juga dari Credit Union dimana saudara tinggal. Pengalaman saya ini bisa jadi berbeda dengan pengalaman saudara. Namun apapun manfaat dari Credit Union yang pernah saudara rasakan, mari bersama-sama kita berperan aktif dalam mendorong anggota lain untuk  dapat merasakan manfaat yang sama dari Credit Union untuk mengembangkan jiwa enterprener anggota 
 

Author Image

Anggota Pengawas CUAL

Artikel Terkait: