Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita Ekonomi

Persiapan Pensiun Sejak Dini

Persiapan Pensiun Sejak Dini

Uang bukanlah segala-galanya, tapi segala-galanya perlu uang. Kalimat ini bukanlah hal baru bagi kita, sudah sering kali kita mendengarnya. Uang - sehelai kertas yang disepakati sebagai alat tukar dengan nilai-nilai nominal tertentu - memang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai alat untuk peningkatan kualitas hidup, mulai dari bayi sampai usia lanjut. Semua tahapan hidup manusia membutuhkannya, mulai anda dilahirkan sampai dengan Anda meninggal, dan tentunya bukan hal tabu untuk dibicarakan. Cara pandang anda terhadap uanglah yang akan menentukan uang itu jahat atau baik.

Memasuki usia pensiun, seorang individu manusia tetap membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Persiapan demi persiapan perlu dilakukan agar diusia tua tidak menjadi beban hidup bagi orang lain. Kalaupun disaat usia pensiun, anda memiliki anak yang mampu menopang kebutuhan hidup, setidaknya dengan dana pensiun yang dimiliki, anda dapat melakukan banyak kegiatan yang disenangi, misalnya anda dapat melakukan rekreasi kemanapun anda suka. Atau yang lebih mulia lagi anda berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dengan memberikan waktu dan dana anda untuk kegiatan-kegiatan sosial. Menyenangkan bukan ? Anda semakin melapangkan jalan untuk menuju pintu surga bila saatnya nanti di panggil oleh Pemberi Hidup.

Pertanyaannya, kapan mulai menciptakan dana pensiun ? Idealnya, pada saat anda mulai memperoleh penghasilan sendiri, maka pada saat itulah seharusnya sudah mulai menciptakan dana pensiun. Semakin cepat mempersiapkan dana pensiun semakin baik.

Bagaimana cara menghitungnya ? Sebagai asumsi – coba anda menghitung kebutuhan dana pensiun. Tetapkanlah acuan berdasarkan pengeluaran anda saat ini dalam sebulan, lalu kalikan setahun, dan hasilnya dikalikan sisa masa pensiun anda. Contoh: Saat ini Anda berusia 30 tahun, usia pensiun di kantor anda atau masa kerja aktif yang anda inginkan 55 tahun, maka masa pensiun anda masih 25 tahun lagi (sisa masa kerja).

Setelah itu, anda harus menghitung sisa masa pensiun, caranya asumsikan usia rata-rata hidup hidup anda berdasarkan pengalaman usia orang tua dan Kakek/nenek anda, misalkan usia rata-rata hidup 70 tahun, maka Sisa Masa Pensiun = usia rata-rata hidup – usia pensiun;  Sisa Masa Pensiun = 70 tahun – 55 tahun = 15 tahun.

Sekarang kita coba menghitung berapa kebutuhan pensiun anda, misalkan pengeluaran bulanan saat ini Rp 3.000.000,00, maka biaya pertahun : Rp3.000.000,00 x 12 bulan =  Rp36.000.000,00/tahun. Dengan asumsi pengeluaran disaat anda pensiun 70% dari pengeluaran saat ini, maka biaya hidup Anda = (Pengeluaran sekarang x Sisa Masa Pensiun) x 70% =  (Rp36.000.000,00 x 15 tahun) x 70% = Rp378.000.000,00. Dengan demikian dapat disumsikan, dana yang anda butuhkan pada saat menjalani sisa masa pensiun (sisa hidup) Rp378.000.000,00.

Dengan perhitungan biasa, maka kita harus menghitung lagi berapa yang harus ditabungkan setiap bulannya? Dengan asumsi bahwa sisa masa kerja anda 20 tahun lagi, maka tabungan perbulan untuk menyediakan dana untuk keperluan menjalani masa pensiun anda = (Rp378.000.000,00/(20 x 12 bulan) = Rp1.575.000,00.

 Dimana anda harus menabung untuk mempersiapkan dana pensiun ? Jawabannya tentu di Credit Union. Karena Credit Union tidak hanya sekedar tempat anda untuk menabung, namun juga sebagai tempat anda membantu orang lain tanpa anda harus kehilangan uang – uang anda semakin bertambah.  


By. Ewin Pabayo - Puskopdit BKCU Kalimantan

Share this Post:

Artikel Terkait: