Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

PUSKOPCUINA MENDUKUNG UPAYA MEWUJUDKAN CU YANG TERINTEGRASI

PUSKOPCUINA MENDUKUNG UPAYA MEWUJUDKAN CU YANG TERINTEGRASI

PUSKOPCUINA sepenuhnya mendukung upaya Association Of Asian Confederation Of Credit Unions (ACCU) sebagai federasi CU regional untuk menjadikan CU terintegrasi.

Upaya-upaya yang sudah dan terus dilakukan oleh PUSKOPCUINA untuk mewujudkan CU terintegrasi adalah dengan membuat standarisasi, kontrak solidaritas, teknologi informasi, dan sharing sumber daya (sharing pengetahuan dan keterampilan antar aktivis CU melalui berbagai forum, sharing tenaga pendamping, sharing fasilitator, dan studi banding). 

Standarisasi yang sudah dan terus dilakukan melalui Manual Operasional (MO), Manual Prosedur (MP), Chart of Account/nomor dan nama perkiraan, dan teritori manajemen.

 

Apa manfaat bergabung dengan PUSKOPCUINA

Core layanan PUSKOPCUINA kepada calon anggota, anggota, dan anggota luar biasa terdiri dari pendampingan tata kelola, interlending, teknologi Informasi, pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan. Dalam prakteknya, core layanan tetap memperhatikan upaya mewujudkan CU yang terintegrasi.

 

Tata Kelola:

Untuk mendukung tata kelola CU yang baik dan berbasis ACCESS Branding (AB), PUSKOPCUINA telah memiliki 12 (dua belas) panduan Manual Operasional (MO) : perkreditan, keuangan, organisasi, human resources management, Diklat, pengawasan, sistem pengendalian internal, customer service, informasi teknologi, pemberdayaan, pemasaran, dan manajemen risiko. Manual Prosedur (MP) merupakan kumpulan SOP yang menjadi panduan prosedur kerja bagi manajemen. MP akan dilaunching bulan Juni 2021.

Dalam upaya mendorong tata Kelola CU berbasis AB, kegiatan dilakukan berbasis AB, seperti: strategic planning, business plan, pemeriksaan (audit), dan monitoring, PUSKOPCUINA Award. Disamping itu, PUSKOPCUINA juga melakukan  assessment AB, dan persiapan assessment AB. Anggota yang mengalami kendala juga mendapat pendampingan.

Kegiatan pelayanan kepada anggota dapat dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi SIMO dan atau aplikasi untuk kegiatan virtual lainnya.

 

Teknologi Informasi:

PUSKOPCUINA meyakini bahwa salah satu kunci keberlanjutan CU adalah menerapkan pelayanan berbasis digital. Dalam mendukung digitalisasi di CU, Gerakan CU dalam jejaring PUSKOPCUINA telah memiliki aplikasi SIMO dan ESCETE.

SIMO (Sistem Informasi Manajemen Organisasi)

Beberapa hal yang sudah ada pada SIMO sampai saat ini adalah:

  1. Database sentral untuk data anggota CU, data CU, data Aktivis CU, data Mitra, dan data laporan CU yang akan menjadi pusat data untuk analisis dalam gerakan.
  2. Portal website CU yang dimana semua CU dalam gerakan akan memiliki websitenya sendiri yang dapat dikelola secara mandiri oleh CU. Untuk mengaksesnya tinggal mengetikkan nama-cu.puskopditbkcukalimantan.org, (contoh: khatulistiwa-bakti.puskopditbkcukalimantan.org).
  3. Pendaftaran dan interaksi kegiatan PUSKOPCUINA dimana CU dapat mendaftar dan menerima informasi terkait dengan DIKLAT dan PERTEMUAN yang diselenggarakan.
  4. Pengajuan dan pengelolaan laporan klaim JALINAN.
  5. Pengelolaan tata kelola dari PUSKOPCUINA melalui sistem monitoring antara CU dan PUSKOPCUINA, dan sistem penilaian diri CU untuk ACCESS melalui self assesment ACCESS
  6. Database HRM (Human Resource Management) yang memungkinkan CU dan PUSKOPCUINA untuk dapat mengelola data aktivis yang pernah berkarya dan sedang berkarya di dalam gerakan. Disini data aktivis akan dicatat dengan lengkap dari riwayat pekerjaan, riwayat pendidikan sampai dengan riwayatnya dalam berinteraksi pada kegiatan yang diselenggarakan dalam Gerakan.
  7. Analisis laporan statistik yang mengacu pada PEARLS.
  8. Pelaksanaan pemilihan pengurus, pengawas maupun manajemen dengan sistem voting yang mudah, cepat dan aman.
  9. Pengelolaan data arsip aset tetap.

 

ESCETE

1. Core ESCETE : 

Suatu sistem aplikasi core banking untuk mencatat transaksi secara online/real time sampai kelaporan keuangan dengan menggunakan CoA standart dari PUSKOPCUINA. Karena dilakukan secara realtime maka laporan keuangan (neraca, PHU, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan CALK), analisis rasio, analisis PEARLS, posisi pinjaman dan konsolidasi laporan dapat langsung tersaji setiap saat.

Dengan menggunakan core ESCETE, CU dapat juga memberikan pelayanan kas keliling online menggunakan mobil, melakukan tarik tunai dari mesin CCM (Cardless Cash Machine), melakukan setor tunai simpanan pada mesin CDM (Cardless Deposit Machine), dan Corporate Debit Card (CDC; kartu ATM yang dapat digunakan diseluruh ATM yang menggunakan logo GPN-dapat ditarik disemua ATM bank BUMN di seluruh Indonesia) 

2. Mobile ESCETE: 

Satu aplikasi yang memudahkan anggota CU bertransaksi baik di CU maupun diluar CU seperti fitur transfer bank, transfer antar rekening dan antar CU, Bill payment (pembelian paket data dan pulsa HP, pulsa listrik, pembayaran tagihan PLN, pembayaran tagihan TV kabel, top UP OVO, Dana, Go Pay, setor tarik di loket Sahabat Alfamart dan lainnya).

3. sMartCU:

Aplikasi sMartCU sebagai sarana pemasaran produk-produk usaha anggota atau kelompok binaan dalam jaringan PUSKOPCUINA. Saat ini sudah di ujicoba pada 3 (tiga) CU yaitu CU Sauan Sibarrung, CU Mekar Kasih dan CU Mentari Kasih. Ada 4 (empat) kategori produk yang dipasarkan pada sMartCU yaitu hasil tani, kerajinan tangan, makanan dan produk lain.

Roadmap ESCETE tahun 2021

Interlending:

Simpan Pinjam Anggota (SPA) merupakan perwujudan dari jenis usaha PUSKOPCUINA, yaitu simpan pinjam sesuai regulasi pemerintah. Produk simpanan terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan SIKODIT, simpanan Siklus, dan simpanan PANTAS. Untuk produk pinjaman terdiri dari pinjaman modal usaha, pinjaman SIKLUS, dan pinjaman PANTAS. Simpanan Pokok Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah)/anggota dan simpanan wajib Rp2.000.000,00/anggota/bulan. Penyetoran simpanan pokok dapat dicicil.

 

Pendidikan dan pelatihan:

Gerakan Koperasi CU dalam jaringan PUSKOPCUINA menyadari bahwa misi utama Koperasi CU adalah meningkatkan kualitas hidup anggota, baik fisik, moral maupun spiritual melalui pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan serta layanan keuangan  yang berkualitas. 

PUSKOPCUINA meyakini bahwa pengetahuan dan keterampilan Pengurus, Pengawas, Komite, dan manajemen di CU Primer harus selalu ditingkatkan melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan secara terus menerus agar mampu melaksanakan fungsi, tugas, dan tanggungjawabnya masing-masing. 

Ada banyak jenis pelatihan yang diselenggarakan oleh PUSKOPCUINA, seperti training center untuk staf masa kerja <2 tahun, Diklat pimpinan manajemen (level 1, 2, dan 3), dan jenis Diklat reguler lainnya sesuai kebutuhan anggota. PUSKOPCUINA juga konsisten untuk melatihkan solusi bisnis yang dikeluarkan oleh ACCU. 

 

Pemberdayaan:

Gerakan PUSKOPCUINA menyadari bahwa untuk meningkatkan kualitas hidup anggota, salah satunya melalui kegiatan pemberdayaaan kepada anggotanya. Kesadaran ini menjadi kesepakatan bersama bahwa CU dalam jaringan PUSKOPCUINA melakukan pemberdayaan kepada anggota berbasis komunitas sesuai hasil lokakarya dalam rangkaian kegiatan RAT Puskopdit BKCU Kalimantan TB 2013 di Surabaya.

PUSKOPCUINA mendorong anggotanya untuk memberikan pendampingan kepada anggota, baik pendampingan kepada komunitas maupun pendampingan kelompok binaan usaha produktif. PUSKOPCUINA juga memfasilitas sharing model pemberdayaaan antar anggota, baik melalui kegiatan studi banding maupun forum group discussion. Untuk pemasaran hasil usaha kelompok binaan secara online, saat ini sudah tersedia aplikasi e-commerce yang dinamai sMartCU. 

 

Bagaimana status keanggotaan PUSKOPCUINA:

Status Keanggotaan PUSKOPCUINA terdiri dari calon anggota, anggota, dan anggota luar biasa. CU primer dapat memilih untuk menjadi anggota atau anggota luar biasa, sedangkan calon anggota menuju proses menjadi anggota.

 

Semoga PUSKOPCUINA dimampukan untuk memastikan keberlanjutan gerakan credit union melalui tata kelola yang sehat dan terintegrasi berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas anggota.

Salam Solusi Cerdas Terpercaya.

 

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: