Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Kegiatan CUAL

Sekilas tentang BALA CUAL (Sekumpulan Aktivis CU Angudi Laras (CUAL) Purworejo, yang siap berjuang untuk pemberdayaan masyarakat)

Share:
Sekilas tentang BALA CUAL (Sekumpulan Aktivis CU Angudi Laras (CUAL) Purworejo,  yang siap berjuang untuk pemberdayaan masyarakat)

SEKILAS  TENTANG  BALA CUAL   (Sekumpulan Aktivis CU Angudi Laras (CUAL) Purworejo,  yang siap berjuang untuk pemberdayaan masyarakat)

Makna Etimologis 


Tahukah kita? Bila kita mencermati Kamus Sansekerta – Indonesia, mengungkapkan bahwa kata Bala  berarti  “teman”  atau “pengikut”; sementara dalam Kamus Jawa dan Sunda kata bala menujuk pada satu kesatuan tentara atau prajurit yang siap berperang.   Dari sinilah muncul istilah BALA  CUAL – Bala Credit Union Angudi Laras (CUAL); yakni sekumpulan orang anggota  yang tak sekedar sebagai pemilik CUAL tetapi berperan ganda sebagai pengikut , sahabat, teman. Bahkan mereka menjadi tentara/prajurit yang siap “berperang” untuk ikut mewujudkan cita-cita  pemberdayaan anggota dan masyarakat demi tercapainya  kebahagian lahir batin bagi anggota CUAL khususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya. 
Itulah sebabnya, dalam MO-manual operational  No. 08-KEB-ORGANISASI  yang dibuat pada 17 September 2014, serta direvisi & diberlakukan pada 16 Januari 2021. Pengertian BALA CUAL BALA CUAL adalah kelompok relawan yang dibentuk untuk memotivasi, merekrut, membina, mendampingi, dan memberi pemahaman kepada calon anggota dan anggota CU Angudi Laras . 

 

Tugas-tuas BALA CUAL 
 

Sungguh….Tidak mudah untuk menjadi Anggota BALA CUAL.  Ada sederetan persyaratan yang harsus dipenuhi untuk menjadi BALA CUAL, yaitu:  (a).harus berasal dari wilayah komunitas sehingga dia mewakili satu wilayah kerja.  (b).bukan suami atau istri dari Komite , Pengurus, Pengawas dan Staf   (c).dipilih dari anggota biasa tanpa memperhitungkan agama dan suku.  (d).berusia antara 22 – 70 tahun.  (e). sudah menjadi anggota minimal 1 (satu) tahun  dan (f). memiliki ketrampilan atau kemampuan khusus berkaitan dengan pelayanan kepada anggota seperti, kemampuan sosialisasi atau rekrutmen anggota, kemampuan fasilitasi pendidikan anggota, kemampuan menagih pinjaman lalai, kemampuan mendampingi kelompok binaan dan kemampuan lain dalam pemberdayaan anggota. Tak cukup itu, (g). mereka juga harus memiliki satu contoh usaha produktif  (h).dan berperan sebagai pemberi informasi calon peminjam, ikut menagih pinjaman, memantau penggunaan pinjaman dan seterusnya dalam komunitas Serta  (i).Bersedia meluangkan waktu mengikuti kegiatan-kegiatan CU. (j).Menghayati dan mempraktekkan nilai-nilai inti CU.   (k).Telah mengikuti Pendidikan Dasar dan Financial Literacy   dan akhirnya  (l). Bersedia mengikuti Pendidikan TOT Fasilitator Pendidikan Dasar. 
Menarik dan Lengkap. Ternyata  dalam  MO. No. 08-KEB-ORGANISASI  yang dibuat pada 17 September 2014, serta direvisi & diberlakukan pada 16 Januari 2021; Juga diatur tentang:  (1).Tugas dan Kegiatan BALA CUAL,  (2).Sisi Etis  BALA CUAL  (3).Kewajiban CU Angudi Laras terhadap BALA CUAL  (4).Penghargaan CU Angudi Laras terhadap BALA CUAL 

 

Makin Bersemangat 
 

Secara realistis, kehadiran BALA CUAL sangat berpengarus secara signifikan, utamanaya pada program Sosialisasi  CUA  di tengah masyarakat. Baik di wilayah Pengembangan Prioritas, maupun wilayah pengembahan umumnya di Wilayah Kabupaten Purworejo. Pengaruh yang sangat mudah dilihat adalah adanya penambahan Anggota CUAL. Tahun 2022  total masuk anggota CUAL hanya  87 Orang/ 12 bln,  sementara anggota baru di tahun ini –  di bulan Januari sd. Maret  sementara mencapai  42 Orang/3 bln.   
Logikanya, Pasti diakhir tahun 2023 nanti  jumlah anggota akan mengalami kenaikan lagi.  Semoga. 
Selain pertemuan rutin 2 bulanan , BALA  CUAL juga aktif dalam program Gatheering Bersama Aktivis   (Turi Jogja; 16 Febr.2023), bahkan yang terbaru saat artikel ini ditulis, BALA CUAL juga mengadakan Rapat Koordinasi pada 15 Maret 2023  di Omah Jo Kmenthus – kompleks Kantor CUAL.  Memang keberhasilan dan kemajuan sebuah Credit Union (CU), semata-mata tidak hanya tergantung pada Mana-jemen dan Pegurus/ Pengawasnya saja, namun tergantung kepada segenap warga CUAL – utamanya BALA CUALnya. 

Untuk menambah semangat mereka, Pengurus CUAL telah menetapkan bahwa  Terhadap BALA CUAL yang menghadiri Rapat BALA CUAL setiap bulan, CU Angudi Laras wajib memberikan pengganti biaya komunikasi, transportasi dan perdiem sesuai ketentuan yang berlaku. Terhadap BALA CUAL setelah melakukan sosialisasi, motivasi, demo produk, atau bertindak selaku fasilitator Diklat CU Angudi Laras wajib memberikan insentif fasilitasi.  Khusus tahun ini, telah ditegaskan bahwa Barangsiapa di antara BALA CUAL yang paling aktif  dan mampu  mengajak/membawa anggota baru  sd Akhir April 2023   sebanyak  minimal  40 Orang, maka yang bersangkutan  menerima bonus khusus untuk ikut dalam RAT PUSKOPCUINA  TB.2022, yang akan terselenggara pada akhir Mei 2023 yad. Di Samarinda; dengan salah satu Kunjungan peserta  ke Calon Ibukota Negara RI  di IKN . Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berada yang baru berada di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 
 

AYO   TERUS LAH  BERKARYA …. HAI  BALA  CUAL !!!     TUHAN  MEMBERKATI .....
 

Author Image

Ketua Pengurus CU Angudi Laras

Artikel Terkait: