Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

CU Masuk Kampus - Bersama Universitas Palangka Raya

CU Masuk Kampus - Bersama Universitas Palangka Raya

GEBRAKAN PUSKOPCUINA UNTUK DUNIA PENDIDIKAN NASIONAL “MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA”

BERSAMA UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

 

“Kita masih belum menyentuh aspek kualitas. Akan ada beberapa matriks yang akan digunakan untuk membantu perguruan tinggi mencapai targetnya,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Maka Kemendikbud meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar untuk lingkup perguruan tinggi dengan tajuk “Kampus Merdeka”. Tujuannya adalah mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.Mahasiswa dipersiapkan untuk menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat dengan kompetensi yang lebih gayut dengan kebutuhan zaman. Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka diharapkan dapat menjawab tantangan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat.

Praktisi Mengajar adalah program kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar civitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring. Tujuannya adalah menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru dengan kebutuhan dunia kerja; mendorong kolaborasi perguruan tinggi dan industri; dan mempersiapkan SDM unggul bagi Indonesia.

PUSKOPCUINA mendapat kesempatan untuk turut berkontribusi dalam program praktisi mengajar ini bekerja sama dengan Universitas Palangka Raya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen. Melalui Perjanjian Kerjasama dengan Universitas Palangka Raya No. 19/PKCU/DP_ORG/MoU/VI/2022 tentang Program Praktisi Mengajar, maka PUSKOPCUINA diwakili oleh Rosalina Susi, SE mengikuti proses seleksi menjadi praktisi mengajar di Kemendikbud dan berhasil lolos seleksi bersama 13 orang lainnya untuk berkolaborasi menjadi praktisi mengajar di Universitas Palangka Raya. System kolaborasi adalah Kolaborasi Jangka Pendek yaitu adanya kegiatan persiapan dan penyampaian perkuliahan, serta evaluasi pengajaran dengan komitmen waktu minimal 4 jam per semester. Karena lolos sebagai praktisi mengajar, maka Rosalina Susi, S.E telah mendapat Nomor ID dari Kemendikbud untuk mengajar mahasiswa semester III Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya.

PUSKOPCUINA melalui Rosalina Susi, SE (WICU PUSKOPCUINA), mengajar pada mata kuliah Manajemen Keuangan bersama Dosen Pengampu Rita Sarlawa, SE, M.Si. Topik utama perkuliahan adalah Analisa Laporan Keuangan. Sebagai praktisi dari PUSKOPCUINA maka Analisa PEARLS menjadi materi yang disampaikan kepada mahasiswa semester III (kelas D) tersebut. Analisa PEARLS adalah alat analisa laporan keuangan yang diadopsi oleh seluruh credit union primer anggota PUSKOPCUINA saat ini. Frekuensi pertemuan tiga kali dengan durasi waktu 150 menit untuk setiap pertemuan. Kegiatan perkuliahan dilakukan setiap hari Rabu pukul 09.40 – 12.10 WIB dan dilakukan secara daring (online). 

Secara lengkap, jadwal dan materi kuliah adalah sebagai berikut: 

TanggalMateriKeterangan Materi
21 September 2022Laporan Keuangan Credit Union (CU)Menjelaskan bentuk Laporan Keuangan CU yaitu Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP
28 September 2022Analisa Laporan Keuangan CU - PEARLSMenjelaskan cara melakukan Analisa Laporan Keuangan CU dengan menggunakan alat Analisa PEARLS
5 Oktober 2022Case Study: Analisa Laporan Keuangan CU - PEARLSMahasiswa menyelesaikan studi kasus dalam 10 kelompok dan mempresentasikannya.

Jumlah mahasiswa semester III kelas D yang mengikuti perkuliahan Manajemen Keuangan sebanyak 89 orang. Setiap selesai perkuliahan, praktisi harus melaporkan pertemuan dan materi melalui aplikasi yang telah disiapkan oleh Kemendikbud, yaitu pada LOGBOOK PRAKTISI sehingga setiap pertemuan tersampaikan sesuai ketentuan yang berlaku. Dosen pengampu selalu hadir dalam setiap pertemuan dan juga turut memberikan laporan kepada Kemendikbud. Screenshoot materi, kehadiran awal dan akhir tiga pertemuan kegiatan praktisi mengajar yang dilaporkan kepada Kemendikbud terlampir.

Kegiatan praktisi mengajar di Universitas Palangka Raya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen telah berakhir pada tanggal 5 Oktober 2022 dan semua materi sudah disampaikan secara lengkap. Waktu yang pendek memang kurang memadai untuk memastikan mahasiswa memahami dengan baik semua isi materi, apalagi Analisa PEARLS bukan alat analisis laporan keuangan yang mudah didapat dengan bertanya kepada “Google”. Butuh waktu lebih panjang untuk memastikan mahasiswa memahami dengan baik. Meski begitu, melalui kolaborasi ini mahasiswa dan dunia pendidikan sudah mengenal credit union, bagaimana laporan keuangannya, dan bagaimana menganalisa laporan keuangannya, serta struktur keuangan efektif yang harus dicapai dan dijaga agar lembaga CU tetap berkelanjutan. Untuk yang akan datang, program praktisi mengajar ini sangat baik untuk semakin memperkenalkan CU kepada mahasiswa dan masyarakat melalui dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi. Masih banyak materi CU lainnya yang bisa diajarkan melalui mata kuliah di perguruan tinggi. Semoga citra CU semakin meningkat dan dunia pendidikan semakin berwarna di Indonesia.

Salam SCT!

Penulis: Rosalina Susi, WICU PUSKOPCUINA - Editor: Adrianus Alkadri, NAC PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Rosalina Susi, S.E.
WICU PUSKOPCUINA

Artikel Terkait: