Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Pembelajaran Credit Union

Webinar SHARING PEMBERDAYAAN

Webinar SHARING PEMBERDAYAAN

Misi sejati Credit Union (CU) adalah meningkatkan kualitas hidup anggota. Gerakan Puskop Credit Union Indonesia (PUSKOPCUINA) menyadari bahwa untuk meningkatkan kualitas hidup anggota melalui kegiatan pemberdayaaan kepada anggotanya. 

Kesadaran ini menjadi kesepakatan bersama dalam gerakan ini. Atas kesadaran tersebut CU Primer Anggota PUSKOPCUINA sedang berproses dan berjuang menjadi CU yang menggerakkan pemberdayaan. Pemberdayaan yang dilakukan kepada anggota melalui berbagai kegiatan, baik dilakukan terhadap individu maupun kelompok atau komunitas.

Sejak tahun 2014, PUSKOPCUINA terus mendorong anggotanya untuk melakukan pemberdayaan terhadap anggota. Untuk mengawal konsep ini, salah satunya dengan membentuk bidang Diklat dan Pemberdayaan dalam struktur manajemen di PUSKOPCUINA serta salah satu pengurus bertugas khusus dalam bidang pemberdayaan ini. Pun demikian di CU, PUSKOPCUINA juga mendorong ada pengurus dan manajemen di CU yang mengurus kegiatan pemberdayaan.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi semua lini kehidupan, tak terkecuali juga dengan gerakan CU. Namun, pengalaman di lapangan menunjukkan bagi CU yang telah menerapkan kegiatan pemberdayaan, anggotanya lebih kuat menghadapi tantangan Covid-19. Tentu saja dampaknya akan baik juga ke CU. 

Mulai Agustus 2020, PUSKOPCUINA melakukan webinar sharing pemberdayaan yang narasumbernya juga berasal dari CU. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman antar aktivis CU dalam upaya pemberdayaan kepada anggotanya. Tentu saja harapannya semakin banyak atau membaiknya cara-cara pendampingan terhadap komunitas dan kelompok binaan  di CU dari hasil sharing bersama. 

Hari Senin, 26 April 2021 telah dilakukan webinar sharing pemberdayaan untuk pertama kalinya di tahun 2021. Sharing pemberdayaan kali ini dari CU Prima Danarta yang diwakili oleh Agustinus Tri Istanta, Manajer CU Prima Danarta dan Aditya Prasetyojati, Staf Pemberdayaan. Webinar diikuti oleh 167 orang peserta dari 22 CU Primer anggota.

Aditya Prasetyojati memaparkan konsep, strategi, dan kegiatan pemberdayaan yang dilakukan di perkotaan. Secara umum, target program pemberdayaan CU Prima Danarta terdiri dari 4 program, yaitu peningkatan kualitas hidup ideal dan berdampak sosial, peningkatan budaya wirausaha, pinjaman produktif anggota >50% dan kelompok binaan dan komunitas anggota dinamis dan berkembang.

Untuk mencapai program tersebut, CU Prima Danarta menetapkan alur proses penguatan sasaran :  Individu à keluarga à komunitas à lingkungan. Alat program yang digunakan adalah pendampingan 12 jam. 12 jam menuju hidup berkualitas sebagai motto dalam program ini. 12 jam adalah 12 bidang utama yang perlu diwujudkan oleh anggota dan keluarga sebagai ukuran keberhasilan pemberdayaan anggota di CU Prima Danarta.  Ukuran kualitas hidup anggota menurut CU Prima Danarta adalah anggota mampu memenuhi 12 kebutuhan utama sesuai tujuannya dan tepat waktu. Kenapa sesuai tujuannya? Karena setiap 

orang punya ukurannya (mimpinya/harapannya/tujuannya) papar Aditya.

Apa yang menjadi agenda pertemuan komunitas? dan, apa fungsi dan peranan komunitas terhadap usaha anggota komunitas, tanya Sukoco Irianto, peserta dari CU Bonaventura. Tanta, Manajer CU Prima Danarta, menjelaskan dalam pertemuan kelompok biasanya berdiskusi mencari konsep dan solusi bersama terkait usaha mereka, salah satunya terkait pemasaran. Pertemuan kelompok bisa dilakukan di wilayah anggota dan juga di kantor CU, kantor CU dibuka seluas-luasnya untuk anggota, ujarnya. Ada petugas dari CU pada saat pertemuan. Terjadi sharing pengalaman dalam komunitas, baik menyangkut cara peningkatan kualitas maupun ide-ide pengembangan produk tambah Tanta.

CU Prima Danarta berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur yang memiliki 3 kantor Tempat Pelayanan (TP), yakni di Banyumanik (Semarang), Kaliwates (Jember) dan Mertoyudan (Magelang).

Foto peserta dari CU Sumber Kasih Sejahtera sedang mengajukan pertanyaan kepada narasumber

Semoga webinar kali ini semakin memacu semangat kita dalam melakukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan kepada anggota. Tentu, harapan terakhirnya adalah kualitas hidup anggota meningkat dan CU sehat, aman dan berkelanjutan. Salam Pemberdayaan.

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: