Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

sMartCU: Market Place Credit Union

sMartCU: Market Place Credit Union

Belanja secara online sudah menjadi bagian gaya hidup baru dalam masyarakat. Banyak pusat perbelanjaan yang berkurang volume transaksi secara tatap muka karena dampak belanja online ini. Berkurangnya transaksi di pusat-pusat perbelanjaan memaksa beberapa perusahaan atau pusat perbelanjaan mengurangi kantor cabang bahkan menutup tempat usahanya dan beralih ke model bisnis penjualan secara online

Kemajuan teknologi serta internet yang sudah dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dan biaya yang relatif terjangkau menjadi faktor berkembangnya  model bisnis ini. Hal ini mendorong banyaknya tumbuh online shop. Sistem belanja secara online berbeda dengan belanja langsung di toko, dalam belanja online pada online shop pembeli tidak bertemu langsung dengan penjual dan toko bisa tersebar di wilayah manapun di dunia ini, tidak sebatas di suatu negara saja, apalagi sebatas desa. 

Untuk proses pembayaran belanja secara online, pembeli harus membayar melalui e-payment atau mentransfer sejumlah uang melalui ATM, internet banking atau media lainnya kepada penjual. Banyak orang memilih belanja secara online karena lebih hemat waktu, jenis dan model barang yang ditawarkan lebih bervariasi, serta lebih murah dibandingkan dengan harga yang di toko konvensional.

Menjawabi kebutuhan anggota dan sekaligus bentuk tanggungjawab Puskop Credit Union Indonesia (PUSKOPCUINA) dalam membantu memasarkan produk hasil usaha produktif anggota Credit Union (CU) Primer, PUSKOPCUINA bekerjasama dengan vendor telah membuat aplikasi market place CU yang dinamakan sMartCU. 

Melalui sMartCU, anggota CU dapat menawarkan barangnya kepada anggota CU atau masyarakat pada umumnya. Perbedaan dengan e-commerce lainnya, barang-barang yang ditawarkan hanya hasil usaha anggota CU sedangkan pembeli boleh siapa saja. 

Sistem pembayaran juga dilakukan melalui media transaksi yang umumnya digunakan oleh merket place, yakni pembeli mentransfer uangnya ke rekening milik CU dan secara otomatis aplikasi mobile ESCETE akan meneruskan pembayaran tersebut ke rekening simpanan harian anggota yang menjual produknya. Pembelian dapat dilakukan kapan dan dimanapun selama stock barang tersedia.

Untuk mengakses sMartCU dapat dibuka link www.smartcu.id. Jenis-jenis produk yang akan dan sudah ditawarkan dalam sMartCU terbagi dalam kategori makanan, dekorasi, hewan ternak, hasil ternak, hasil tani, hasil kebun, rempah-rempah, dan kerajinan tangan. Untuk memperlancar pengiriman barang, PUSKOPCUINA bersama PT. ARO selaku vendor akan bekerjasama dengan perusahaan ekpedisi barang yang ada di Indonesia.

Harapannya dengan adanya sMartCU, hasil-hasil produk anggota CU dapat dipasarkan, sehingga pendapatan anggota bisa meningkat dengan demikian anggota akan semakin termotivasi untuk terus mengembangkan usahanya yang pada akhirnya kualitas hidup anggota semakin meningkat. Disisi lain, anggota lain/masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dari produk anggota CU sehingga menjadi berdaya bersama.

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: