Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

KEGIATAN

Studi Banding, Credit Union Lestari Wonosobo

Share:
Studi Banding, Credit Union Lestari Wonosobo

Bertukar Pengalaman Dan Pengetahuan, Credit Union Lestari Wonosobo

CU Lestari adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang didirikan pada 29 November 1999, di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. CU Lestari merevitalisasi kembali nilai-nilai koperasi. Pada hari Rabu tanggal 24 April 2024 kami KSP Credit Union Deus Providebit, KSP Pangudi Luhur Kasih, KSP Krida Raharjda dan KSP Prima Danarta yang mewakili dari staf Pemberdayaan dan Kepala Kantor CU  yang ada di Semarang  mendapat kesempatan untuk berkunjung ke CU Lestari Wonosobo. CU Lestari tersebut memiliki stategi pendekatan secara lasung kepada keluarga yang akan memilki usaha “Pemberdayaan berbasis keluarga, pelayanan anggota berbasis keluarga

Pemberdayaan berbasis keluarga, pelayanan anggota berbasis keluarga”sederhananya adalah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manajemen koperasi kepada anggotanya untuk menjaring informasi baik masukan positif ataupun keluhan dari anggota. Pendekatan yang dilakukan oleh CU Lestari di dalam menjalankan  ini adalah dengan mendatangi langsung atau door to door untuk kembali menghidupkan human relation di dalam aktivitas mereka. Hal ini penting karena keberangkatan awal koperasi ini berdiri adalah sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat.

Aji Prastyanto, menjelaskan hasil kajian yang pernah dilakukan oleh internal CU Lestari bahwa peningkatan jumlah pinjaman tidak selaras dengan peningkatan jumlah tabungan.  “membangun kesadaran anggota untuk menabung, daur hidup itu yang kita lakukan. Bagaimana memaknai adanya tujuan dari aktivitas simpan dan pinjam karena rata-rata orang masih hanya fokus pada yang penting dapet pinjaman saja tapi belum mengetahui pembagiannya” Aktivitas di dalamnya lebih banyak pengembangan kecakapan usaha/ teknikal mereka sesuai jenis usahanya. CU Lestari melakukan pendampingan intensif usaha anggota. Misalnya adalah para produksi atau anggota-anggota petani. Bahkan CU Lestari sampai melakukan akses terhadap petani tembakau dengan membantu memangkas agar petani menjual bisa lasung kepengepul. 

Manajer CU Lestari Wonosobo, Aji Prastyanto menyampaikan, pertemuan ini bertujuan untuk satu, meningkatkan pemahaman dan kesadaran CU Primer terhadap tantangan dan peluang yang dihadapi. Dua, mendorong pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara CU Primer. Dan tiga, mengidentifikasi strategi konkret untuk meningkatkan pendapatan anggota melalui pemberdayaan dengan pengelolaan hulu ke hilir.

“Pertemuan ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali roh Credit Union. CU Lestari ingin berbagi pengalaman dalam menerapkan “pelayanan integratif” sebagai strategi baru dalam pengembangan bisnis dan pendampingan anggota. Melalui pertemuan ini, CU Lestari berharap memperoleh peneguhan maupun catatan yang membangun. 

Bukan Sekadar Layanan Keuangan Aji Prastyanto menjelaskan, layanan keuangan (intermediasi keuangan) merupakan layanan dasar Credit Union. Namun, jika suatu CU hanya mampu melakukan intermediasi keuangan, maka CU tersebut hanya memberikan layanan minimalis kepada anggota.

Dalam pendekatan integratif, CU Lestari tidak hanya melakukan intermediasi keuangan kepada anggota, melainkan juga melakukan intermediasi sosial, jasa pengembangan usaha anggota, dan jasa sosial.

“Pendekatan yang integratif inilah yang sedang dilakukan oleh CU Lestari sebagai strategi bisnisnya 

Aji Prastyanto menjelaskan, upaya ini dimulai dengan merumuskan apa arti keluarga yang sejahtera. Kemudian disusul dengan pembuatan profil anggota CU Lestari beserta keluarganya.

Lewat kunjungan berkali-kali kepada anggota, staf CU Lestari membuat profil anggota yang menggambarkan potensi dan persoalan ekonomi anggota, pendapatan dan pengeluaran, aset dan hutang, cara dia mengelola keuangan.

Dalam profil itu ada juga gambaran tentang karakter anggota, cita-citanya, hubungan antar anggota keluarga, dan hal-hal lain yang berpengaruh pada upaya mewujudkan kesejahteraan anggota. Atas dasar profil itu, kemudian dirumuskan juga apa yang dapat dilakukan CU untuk membantu anggota keluar dari persoalan ekonominya dan meraih kesejahteraan.

“Intinya, lewat pendampingan intensif, anggota ini dibantu untuk menata kembali pengelolaan keuangan. Lewat pendampingan ini pula, CU Lestari sungguh-sungguh hadir untuk membantu anggota yang mengalami kesulitan,”

Sharing dari Mas Agung staf Diklat pemberdayaan memberikan penjelasan dan contoh kongkrit dalam mendampingi usaha anggota. anggota ini sempat terpuruk keadaan ekonominya.

Satu orang anggota tersebut adalah petani tembakau yang terpuruk karena harga tembakau jatuh. Sementara dia sudah berhutang pada banyak pihak. Istrinya sempat stres karena selalu didatangi penagih utang.

Dalam situasi itu, CU Lestari menawarkan program pendampingan intensif (layanan integratif) yang membantu anggota mengurai persoalan keuangannya.

Setelah dilakukan banyak tukar pikiran dan penggalian potensi anggota, kemudian CU Lestari memberikan pendampingan dalam bentuk jasa pengembanga usaha,artinya yang semula anggota menjual tembakau dibeli dengan harga murah dari pabrik maka sekarang lasung kepengepul tembakau dan harganya lebih tinggi . 

Aji Prastyanto menjelaskan Kendala gagal bayar, atau lebih dikenal dengan kredit lalai (KL) dari anggota adalah tantangan umum yang dihadapi oleh lembaga keuangan, tak terkecuali CU. Penyelesaian dengan cara kekeluargaan merupakan kekhasan yang dimiliki CU untuk mengatasi tantangan ini.

Bahkan beberapa kabar terdengar ada sampai anggota menjual asetnya demi melunasi hutang di CU. Cara-cara tersebut mengganjal bagi CU Lestari, sehingga CU ini merasa perlu menghidupkan kembali roh CU, yaitu semangat pelayanan untuk mensejahterakan anggota. Itu sangat disayangkan sekali menurut Aji Prastyanto Manajer CU Lestari 

“Manajer Krida Rahardja Mbak Nurma menyampaikan banyak terima kasih atas penjelasan dari CU lestari yang sangat terbuka mau berbagi ilmu dalam ber CU Semoga pengalaman dapat membantu untuk memecahkan persoalan serta mampu peningkatan kesejahteraan anggota CU dan masyarakat secara umum dan dapat membuahkan hasil yang lebih optimal.

Author Image

" SMASH '" SAHABAT MENUJU SEJAHTERA

Artikel Terkait: