Pengumuman:
PUSKOPCUINA mengucapkan selamat ulang tahun kepada CU Muara Kasih ke - 10, semoga terus berkarya
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Territory Management CU di Jawa

Territory Management CU di Jawa

Network accountability adalah salah satu dari 11 (sebelas) prinsip tata kelola yang baik untuk diterapkan oleh credit union (CU) agar mampu bersaing dan berkelanjutan. Ini adalah tantangan bagi pengelola CU karena semakin besar aset, semakin banyak anggota, dan semakin luas wilayah kerjanya  maka semakin kompleks  masalah yang dihadapi oleh CU. Terkait network accountability, territory management adalah isu yang belum mampu kita selesaikan sesuai dengan standar, khususnya untuk CU yang berada di wilayah Jawa. 

Para peserta TM Wilayah Jawa (foto: Muis, CUBG)

Sejak tahun 2018 PUSKOPCUINA telah melaksanakan kegiatan evaluasi territory management bagi anggota dan telah dibuat kesepakatan-kesepakatan untuk ditindaklanjuti bersama dan harus terus dievaluasi pelaksanaannya. Harapannya dengan kegiatan ini akan semakin memperkuat Network Accountability dalam jaringan PUSKOPCUINA di masa yang akan datang. 

Ada empat tujuan rapat evaluasi territory management CU Primer anggota PUSKOPCUINA di wilayah Jawa ini. Pertama, mengevaluasi implementasi kesepakatan TM yang lalu. Kedua, pertemuan antar CU yg memiliki WPP beririsan untuk memastikan tindaklanjutnya. Ketiga, merumuskan kembali kesepakatan penataan wilayah CU Anggota PUSKOPCUINA di Pulau Jawa. Keempat, melakukan koordinasi dan komunikasi terkait pengelolaan anggota di wilayah pelayanan masing-masing CU.

Peserta Rapat Evaluasi Teritori Manajemen Wilayah Jawa di hadiri 28 orang perwakilan Pengurus dan Manajemen CU Bererod Gratia, CU Prima Danarta, CU Cindelaras Tumangkar, CU Pangudi Luhur Kasih, CU Deus Providebit, CU Pelita Sejahtera, CU Semangat Warga, CU Angudi Laras, CU Kridha Rahardja, serta mengundang secara khusus perwakilan pengurus dan Manajemen CU Sejahtera Makmur Bersama. Seluruh CU anggota PUSKOPCUINA sepakat untuk melaksanakan Territory Management sebagai tanggung jawab bersama.

Rapat evaluasi territory management CU Primer anggota PUSKOPCUINA  di wilayah Jawa ini dipandu Marselus Sunardi. Kegiatan berlangsung tanggal tanggal 22 s.d. 23 Juni 2022,di Wisma Samadi, Jakarta Timur.“Harapan dari kegiatan ini adalah kita ingin membangun jaringan dan CU tumbuh menjadi CU yang sehat,”papar Sunardi. 

Lokakarya ini menghasilkan kesepakatan untuk CU primer dan PUSKOPCUINA. Untuk CU primer adalah sebagai berikut.

  1. Membuat Kebijakan Territory Management (TM).
  2. Menyepakati istilah wilayah pelayanan terdiri dari 3 (tiga) jenis, yaitu Wilayah Pelayanan Prioritas (WPP), Wilayah Pelayanan Biasa (WPB), dan Luar Wilayah Pelayanan (LWP).
  3. Hal-hal yang dapat dilakukan dalam WPP, WPB, dan LWP terlampir dalam kesepakatan ini.
  4. CU Cindelaras Tumangkar dan CU Kridha Rahardja melakukan pertemuan lanjutan untuk pengaturan WPP pada Kecamatan Berbah, KabupatenSleman sampai batas kelurahan, paling lambat bulan Agustus 2022 dan melaporkan hasilnya kepada PUSKOPCUINA bulan September 2022.
  5. CU Bererod Gratia dan CU Sejahtera Makmur Bersama melakukan pertemuan lanjutan untuk menentukanWPP, paling lambat bulan Agustus 2022 dan melaporkan hasilnya kepada PUSKOPCUINA bulan September 2022.
  6. Melaksanakan Territory Management (TM) di internal masing-masing untuk penataan kembali TP/KP yang sudah ada.
  7. Mengendalikan komposisi anggota yang termasuk dalam WPP minimal 60%, WPB maksimal 30%, dan LWP menuju 0% dari jumlah anggota.
  8. Memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan minimal 25% masyarakat dalam satu WPP menjadi anggota CU.
  9. Membuat peta pengembangan CU dan peta pengembangan tiap TP/KP dilengkapi dengan kelompok inti data jumlah anggota dan jenis usaha kelompok dan diserahkan kepada PUSKOPCUINA bulan Desember 2022.
  10. Memiliki kelompok inti yang jumlahnya disesuaikan dengan banyaknya kelompok pemberdayaan yang ada pada WPP.
Kegiatan evaluasi TM wilayah Jawa difasilitasi Marselus Sunardi (foto: Muis, CUBG)

Untuk PUSKOPCUINA sebagai berikut.

  1. Membuat panduan Kebijakan Territory Management (TM) CU.
  2. Memastikan CU-CU yang wilayah kerjanya beririsan mengadakan pertemuan untuk menentukan WPP.
  3. Menghimpun peta pengembangan CU dan peta pengembangan tiap TP/KP dilengkapi dengan kelompok inti data jumlah anggota dan jenis usaha kelompok pada bulan Desember 2022.
  4. Memfasilitasi evaluasi kesepakatan Territory Management(TM) Anggota PUSKOPCUINA Wilayah Jawa pada bulan Juni tahun 2023 di Surabaya. 

Semoga gerakan credit union dalam jaringan PUSKOPCUINA semakin terintegrasi dengan melaksanakan territory management.***

Beni Runtunuwu, PUSKOPCUINA

 

 

Share this Post:
Ditulis oleh Admininstrasi
admin

Artikel Terkait: