Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Training Center PUSKOPCUINA Angkatan ke-16

Training Center PUSKOPCUINA Angkatan ke-16

Puskop Credit Union Indonesia (PUSKOPCUINA) kembali menggelar Training Center (TC) yang ke-16 kalinya untuk wilayah Barat. TC diikuti oleh 35 orang peserta dari 6 Credit Union (CU) Primer anggota, 1 CU Primer non anggota dan PUSKOPCUINA. CU dari Kalbar terdiri dari CU Tilung Jaya, CU Kusapa, CU Usaha Kita, dan CU Pancur Dangeri. CU Pangudi Luhur Kasih dari Jawa Tengah dan CU Semangat Warga dari Jawa Timur. CU Kasih Setia Pulau Telo dari Sumatera Utara merupakan non anggota. PUSKOPCUINA terbuka menerima peserta dari non anggota yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aktivisnya dalam program Diklat PUSKOPCUINA. CU Kasih Setia Pulau Telo sudah beberapa kali mengikuti TC dan Diklat lainnya.

TC dilakukan setiap tahun di wilayah Barat, Tengah atau Timur. CU dapat memilih lokasi penyelenggaraan TC sesuai dengan kemudahan akses transportasinya. TC wilayah Barat kali ini di   Rumah Retret Kongregasi Pasionis, Banuah, Jl. Trans Kalimantan,  Kalimantan Barat mulai tanggal 6 April s.d. 7 Mei 2021. 

Pelatihan ini diperuntukkan bagi calon staf dan staf yang telah bekerja kurang dari 2 (dua) tahun di CU. TC bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta terkait ilmu dasar di CU dan membentuk kemampuan bekerjasama serta membangun disiplin diri peserta.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ada 10  jenis pelatihan yang diberikan kepada peserta TC, yakni: Character Building (CB), public speaking, pengembangan CU berbasis komunitas (pemberdayaan), pendalaman nilai-nilai CU, MYFO, Rekoleksi, pengorganisasian kredit, financial literacy, akuntansi CU, dan member relationship management. Menjelang akhir pelatihan, peserta diajak untuk membangun komitmen dan membuat rencana tindak lanjut dan akhir dari sesi pelatihan ini adalah evaluasi dan perutusan.

Fasilitator dalam TC ini berasal dari unsur Pengurus dan Manajemen PUSKOPCUINA serta mitra PUSKOPCUINA, khusus untuk materi rekoleksi difasilitasi oleh Pastor yang berasal dari pengelola Rumah Retret Kongregasi Pasionis.

Dalam pelatihan ini, tidak hanya materi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kerja saja yang dibentuk. Kedisiplinan, kehidupan rohani, kemampuan bersosialisasi, dan kesadaran akan lingkungan sekitar. 

Setiap hari, peserta harus sudah siap untuk kegiatan mulai pukul 05.30 WIB. Setiap hari diawali meditasi dan dilanjutkan dengan ibadat pagi. Untuk kegiatan meditasi dan ibadat pagi dipimpin oleh peserta secara bergantian setiap harinya. Ibadat pagi hanya diwajibkan bagi peserta yang beragama Kristen Katolik dan Kristen Protestan. 

Pukul 07.00 WIB-07.45 WIB jadwal peserta untuk sarapan pagi. Menu yang disajikan juga lebih berorientasi masakan ala kampung tetapi rasa yang enak dan tentu saja disukai oleh peserta. Pengelola tempat kegiatan juga berdiskusi dengan peserta melalui panitia terkait menu makanan yang diinginkan peserta. Pukul 08.00 WIB-15.30 WIB sesi materi diselingi coffee break dan istirahat siang. Peserta mulai olahraga pada pukul 16.00 – 17.00 WIB. Sesi malam mulai pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB, namun sesi malam bersifat tentatif sesuai kebutuhan fasilitator. Jika sesi malam tidak ada, maka kesempatan peserta untuk dapat saling menjalin relasi antar sesama peserta. Lokasi kegiatan masih sulit mengakses jaringan komunikasi, baik ponsel maupun internet serta tidak disediakan televisi. Jadi, malam hari diisi oleh peserta untuk mengobrol dan bernyanyi ditemani gitar yang sudah disiapkan panitia. 

Character building bertujuan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pribadi, membangun karakter pribadi, menggunakan kekuatan paradigma, membangun sikap proaktif, membentuk kebiasaan baru yang lebih baik,  melakukan perubahan diri, membangun kekuatan positif, dan membangun paradigma yang berpusat pada prinsip. Untuk materi ini lebih banyak dilakukan di lapangan melalui kegiatan outbound. Fasilitator kegiatan ini dari lembaga mitra PUSKOPCUINA yang sudah bersertifikasi untuk melakukan kegiatan outbound.

Public speaking untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan public speaking bagi peserta. Public speaking ini sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam kegiatan formal maupun non formal. Semua profesi membutuhkan kemampuan public speking. Peserta diberikan teori serta praktek public speaking dan pada akhir sesi akan dinilai oleh fasilitator. Peserta wajib lulus sehingga yang tidak memenuhi kriteria akan mengulang terus sampai bisa. Pelatihan ini wajib bagi aktivis CU dalam lingkungan PUSKOPCUINA.

Pengembangan CU berbasis komunitas (pemberdayaan) merupakan materi yang membekali peserta tentang konsep pemberdayaan CU berbasis komunitas. Sehingga peserta memiliki kemampuan dalam mendampingi komunitas dan kelompok binaan usaha produktif dimasing-masing CU. Panitia menyediakan fasilitas untuk peserta berpraktek, misalnya memelihara ikan lele, menanam sayur, baik melalui media tanah maupun hidroponik.

Pendalaman nilai-nilai CU memberikan pengetahuan tentang sejarah CU, nilai-nilai dan prinsip koperasi dan CU serta pentingnya kerjasama. Diharapkan, muncul kesadaran peserta pentingnya memahami misi sejati CU.

Managing Yourself For Others (MYFO) merupakan solusi bisnis nomor 22 yang dikeluarkan oleh Association of Asian Confederation of Credit Unions (ACCU) tahun 2017. Pelatihan ini sebenarnya perencaan strategik untuk pribadi. Materi ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta: Kesatu, dapat memperoleh pemahaman dan wawasan tentang  kepribadian, sikap, dan perilaku sendiri dan orang lain. Kedua, dapat    mengembangkan    rencana    untuk     meningkatkan    segala   kekurangan   atau keterbatasan yang teridentifikasi. Ketiga, dapat   menggunakan   kecerdasan   emosional   untuk    meningkatkan    hubungan   dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan pribadi dan hubungan dengan sekitar. Keempat, dapat mengidentifikasi karakteristik kelompok I tim kinerja yang efektif. Pelatihan ini wajib bagi aktivis CU dalam lingkungan PUSKOPCUINA.

Rekoleksi  bertujuan untuk melatih hidup rohani dan menumbuhkan rasa ingin berubah menuju ke arah yang lebih baik. Untuk rekoleksi akan dipandu oleh Pastor. Peserta diajak merefleksikan apa yang sudah dilakukannya selama ini dan bagaimana cara untuk membuat perubahan yang lebih baik lagi di waktu yang akan datang.  

Pengorganisasian kredit akan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta untuk mengorganisir perkreditan yang ada di CU, mulai dari proses pengajuan permohonan kredit, survey, analisis 5C, menilai barang jaminan sampai dengan penanganan kredit lalai.

Financial literacy merupakan solusi bisnis nomor 16 yang dikeluarkan oleh ACCU. Pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan dan cara menentukan tujuan keuangan. Pelatihan ini wajib bagi aktivis CU dalam lingkungan PUSKOPCUINA.

Akuntansi CU akan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta tentang alur akuntansi yang berlaku dalam lingkungan CU, yakni Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Dalam pelatihan ini peserta diberikan teori dan praktek mulai dari transaksi sampai menjadi laporan keuangan.

Member relationship management bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta cara mengelola hubungan dengan anggota, mulai dari cara menyapa anggota datang ke kantor, menerima telepon sampai dengan strategi mengelola hubungan yang langgeng dengan anggota agar anggota tetap loyal kepada CU. 

Untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya memelihara lingkungan hidup, panitia mengajak peserta untuk melakukan kerja bakti. Dalam kegiatan ini, selain membersihkan lingkungan sekitar juga menanam beberapa pohon di lingkungan rumah retret. Peserta juga secara berkelompok membersihkan ruang pertemuan setiap harinya. Kebersihan kamar tidur menjadi tanggungjawab peserta. Piring dan gelas menjadi tugas peserta untuk membersihkannya.  

Semoga melalui TC dapat membentuk peserta menjadi manajemen yang handal, tangguh, berkualitas dan siap bekerja.

Siap belajar siap berubah, Salam Solusi Cerdas Terpercaya.

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: