Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita Internasional

Welcome Federasi Nasional Credit Union Indonesia

Welcome Federasi Nasional Credit Union Indonesia

Dua gunungan wayang yang diangkat Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, Jumat, 28 Mei 2021 di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, menandai secara resmi peluncurun federasi nasional credit union. Secara legal, nama lembaga baru ini adalah Pusat Koperasi Credit Union Indonesia, Skd, disingkat PUSKOPCUINA. Launching ini juga dihadiri Deputi Perkoperasian Kemenkop UKM RI, Achmad Zabadi; Asisten Pemerintahan Provinsi DI Yogyakarta, Kadis KOperasi DI Yogyakarta, perwakilan Kadis KOperasi Provinsi Kalbar; Bendahara INKOPDIT; serta disaksikan seluruh pengurus, pengawas, manajemen PUSKOPCUINA dan 44 CU primer anggota.

Perubahan ini sejak ditetapkan dalam rapat anggota khusus PUSKOPCUINA tanggal 21 Desember 2020 di Pontianak. Namun baru di-launching bersamaan dengan kegiatan RAT Tahun Buku 2020. Lembaga ini sesungguhnya tidaklah benar-benar baru, telah ada sejak 32 tahun lalu dengan nama, bidang layanan dan  dan wilayah yang berkembang sesuai kebutuhan gerakan CU. Yang baru adalah misi dan level gerakan. Dengan mempratikkan standar gerakan CU Asia, maka level organisasi koperasi di suatu negara hanya dua: sekunder dan primer. Tujuannya agar informasi, pengetahuan dan pendampingan untuk koperasi, CU primer lebih cepat; tidak bertingkat lagi birokrasinya. Dalam Pasal 15 UU Nomor 25 tahun 1992 tentang Koperasi juga diamanatkan bahwa organisasi koperasi hanya ada dua level/jenjang, yakni primer dan sekunder.  Dari koperasi primer-->sekunder-->CU Asia-->CU dunia.

Misi PUSKOPCUINA adalah memastikan keberlanjutan gerakan credit union melalui tata kelola yang sehat dan terintegrasi  berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas anggota. Visi PUSKOPCUINA adalah menjadi federasi nasional credit union yang terintegrasi, terpercaya dan berkelanjutan. Core layanan PUSKOPCUINA  adalah pendampingan tata kelola, interlending, teknologi informasi, pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan.

PUSKOPCUINA, merupakan Koperasi Credit Union (CU) sekunder terbesar di Indonesia dari sisi aset dan anggota. Per 31 Desember 2020, PUSKOPCUINA mewakili 506.455 orang anggota individu dari 44 CU primer yang tersebar di 18 provinsi, dengan kantor pelayanan tersebar di 23 provinsi, mulai dari Nias (Sumatera Utara) sampai dengan Merauke (Papua). Jumlah aset secara gerakan Rp7.044.395.862.797,00. Anggota CU merupakan masyarakat kecil.

Selamat datang federasi nasional koperasi credit union Indonesia. Bagai CU primer yang ingin bergabung menjadi anggota PUSKOPCUINA, silakan menghubungi alamat di Jl. Imam Bonjol, Gang Haji Mursyid 1 No. 7-8 Pontianak, Kalimantan Barat 78123. Telp.+62 561-765591; email: email: cucoborneo@hotmail.com *** 

Share this Post:
Ditulis oleh Edi V. Petebang
Aktivis Credit Union

Artikel Terkait: