Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

30 HARI BERSAMA PEMIMPIN CREDIT UNION

30 HARI BERSAMA PEMIMPIN CREDIT UNION

Hawa yang dingin, pagi yang sejuk dan jelang malam yang membuat badan menggigil. Lokasi sekitar hotel Sahid Toraja, yang sangat dingin namun menyegarkan hari-hari 24 peserta Diklat Pimpinan Manajemen Tingkat I (DPM-I) wilayah Timur tahun 2021. 

DPM-I wilayah Timur ini sempat  dua kali mengalami pemunduran waktu kegiatan, karena pandemi yang tidak memungkinkan  penyelenggaraan kegiatan secara berkelompok.  
Setelah mendapat ijin berkegiatan dan tentunya dengan prokes ketat, 24 peserta yang berasal dari 5 CU yaitu CU Sauan Sibarrung (14 orang), CU Mekar Kasih (6 orang), CU Hati Amboina (1 orang), CU Mototabian (1 orang) dan CU Sumber Rejeki (2 orang) akhirnya dapat mengikuti pembelajaran diklat panjang  selama 30 hari tersebut. 

Sedangkan DPM-I wilayah Barat yang di selenggarakan di Rumah Retret Costantine yang dikenal dengan RRC, diikuti oleh 20 peserta dari CU Gerbang Kasih (2 orang), CU Sumber Kasih Sejahtera (1 orang), CU Stella Maris (2 orang), CU Usaha Kita (4 orang), CU Khatulistiwa Bakti (2 orang),CU Jembatan Kasih (2 orang), CU Pancur Dangeri (2 orang), CU Maure Pesisir (1 orang), dan dari PUSKOPCUINA (4 orang) 

Selama DPM, peserta mendapatkan materi pembelajaran yang ditujukan kepada pemimpin menengah yang terdiri dari: 

1.Personal Development Plan dan Team Building  
2.Tata Kelola CU Sehat  
3.Business Plan (BP) 
4.Menjadi Pemimpin yang Efektif I  
a.Peran pemimpin menengah 
b.Memilih Gaya Kepemimpinan 
c.Merencanakan dan  memprioritas pekerjaan 
d.Melakukan pendelegasian tugas 
e.Memberikan umpan balik kepada bawahan 
f.Pengembangan tim 
g.Memahami diri sendiri, orang lain dan bawahan dengan pendekatan DISC 
5.Manajemen Keuangan 
6.Problem Solving  
7.Teknik Pembuatan Laporan  
8.Rekoleksi  
9.Membangun Komitmen dan RTL  

Seluruh materi difasilitasi oleh fasilitator yang handal baik dari PUSKOPCUINA maupun dari CU Primer dalam gerakan.  




Menjadi rutinitas dan bagian dari kegiatan, setiap hari sebelum matahari terbit, peserta wajib beribadah memuji dan bersyukur kepada Yang Maha Kuasa, dan melakukan meditasi sebagai persiapan dan membantu ketenangan jiwa. Di sore hari, olah raga menjadi kegiatan wajib sehingga menerima materi selama kegiatan, tidak merasa bosan dan tetap sehat secara fisik.  
Seluruh peserta mengalami suasana dan  pengalaman baru, rasa solidaritas, komitmen, disiplin yang semakin kuat, dan rasa bahagia serta haru saat menjelang kembali. 

Selamat kepada 44 peserta   DPM-I..semoga pembelajaran selama 30 hari tidak sia-sia dan kepemimpinanmu diuji kembali semenjak kembali dari RRC dan Sahid Hotel ke CU masing-masing.  Solusi Cerdas Terpercaya…!! 


November 2021, 

Serapina Quen

 

 

 

Share this Post:
Ditulis oleh Serapina Serapin
Perangkat GM PUSKOPCUINA yang Staf membidangi WICU.

Artikel Terkait: