Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

Atambua, Rai Belu Credit Union Indonesia

Atambua, Rai Belu Credit Union Indonesia

Deputi Perkoperasain, Achmad Zabadi (foto puskopcuina)

Atambua, Tanah Persahatan, menjadi saksi sejarah, RAT perdana federasi nasional credit union Indonesia. RAT berlangsung sukses dan kali pertama gerakan CU Indonesia ziarah ke pusara perintis CU Indonesia di Dili.

Sambutan Ketua Pengurus Marselus Sunardi (foto puskopcuina)

Sebagai bentuk pertangungjawaban kepada publik, khususnya kepada anggotanya, federasi nasional credit union Indonesia, Pusat Koperasi Credit Union Indonesia (PUSKOPCUINA) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) PUSKOPCUINA ke-33 di Atambua, NTT. Inilah RAT pertama lembaga ini dengan status sebagai federasi nasional yang diresmikan Menkop Teten Masduki dalam RAT TB 2020 di Yogyakarta. Rangkaian RAT berlangsung tanggal 17-21 Mei 2022. CU Kasih Sejahtera sebagai tuan rumah RAT kali ini.

Deputi Perkoperasian Kemenkop, Achmad Zabadi hadir secara langsung membuka RAT di Hotel Matahari, Atambua, 19 Mei 2022. Sambutan dengan video tapping disampaikan Menteri Koperasi Teten Masduki. Hadir Uskup Atambua Mgr.Dr. Dominikus Saku,Pr., perwakilan Pemerintah Provinsi NTT; Damianus Woro, Wakil Ketua Inkopdit; Kadis Koperasi Propinsi NTT, Bupati Kab. Belu, Bupati Kab. TTU, Bupati Kab. Malaka, Kapolres Belu, Ketua DPRD Kabupaten Belu, Ketua DPRD Kabupaten TTU, Ketua DPRD Kabupaten Malaka, serta tamu undangan lainnya. Juga hadir secara online, CEO Assocation Of Asian Confederation Of Credit Unions (ACCU), Elenita San Roque dari Bangkok.

RAT PUSKOPCUINA Tahun Buku 2021 dengan tema “Meningkatkan Pemberdayaan Anggota Melalui Implementasi Business Development Services” dihadiri oleh 45 CU primer anggota (total anggota 46 CU) PUSKOPCUINA dari 18 Provinsi di Indonesia dengan jumlah peserta seminar dan RAT hadir  200 orang. RAT juga dihadiri satu CU calon anggota, yakni CU Sulubumbung (Sulteng) dan satu CU peninjau, yakni CU Sejahtera Makmur Bersama (Jakarta). 

Sebelumnya, tanggal 17 Mei 2022 sore dilaksanakan acara pembukaan (misa, ibadat, dan doa bersama) dan cordially welcome. Tanggal 18 Mei 2022 dihelat seminar nasional tentang Business Development Service dan Pemberdayaan. 

Seminar Nasional (foto edi petebang)

RAT berisi empat agenda, yakni laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus, laporan pengawasan pengawas (LHP), pengesahan program kerja perubahan TB 2022 dan penetapan tuan rumah RAT TB 2022. Setelah melalui pembahasan, diskusi, seluruh peserta menerima dengan bulat LPJ. LHP dan perubahan program kerja. Peserta juga secara aklamasi memilih CU Daya Lestari sebagai tuan rumah RAT TB 2022 di Samarinda, Kaltim. 

Malam hari diadakan misa (Katolik)/doa (Kristen)/tausiah (Muslim), dilanjutkan PUSKOPCUINA Night. Pada kesempatan ini diumumkan CU-CU penerima PUSKOPCUINA Award untuk sejumlah kategori, seperti penanganan kredit lalai, tata kelola cu, pemberdayaan.

 

Eksposure & Ziarah ke Dili

Tanggal 20 Mei 2022 semua peserta melakukan kunjungan kerja ke empat kelompok binaan yang dalam istilah CU Kasih Sejahtera disebut Komunitas Basis (Kombas). Banyak sharing dan pembelajaran penting tentang pemberdayaan usaha produktif anggota credit union yang didapatkan para peserta. Semoga pembelajaran ini bisa dipraktikkan di CU masing-masing. 

Penyambutan pada kunjungan ke salah satu Kombas CU Kasih Sejahtera (foto: edi petebang)

Keesokan harinya (21/5), sebagian besar peserta RAT melakukan ziarah ke makam Pater Karl Albrecht (Karim Arbie), SJ di Dili, Timor Leste. Karim Arbie adalah perintis credit union di Indonesia yang tertembak ketika era pergolakan di Timor Leste tahun 2009. Para peziarah diterima P. Joaquin Sarmento, SJ., Regional Jesuit Timor Leste. Setelah dilakukan misa yang dipimpin P.Siprianus Tes Mau, Pr. di pusara Pater Albrecht, dilakukan tabur bunga dan seremonial tukar cindera mata antara PUSKOPCUINA dan Orde Jesuit Dili. 

Meski ada kerinduan yang dalam untuk sharing, diskusi tentang credit union di Indonesia dan Timor Leste, karena waktu kunjungan ini sangat singkat sehingga tidak bisa. Semoga di lain waktu ada momen untuk itu.

 

PUSKOPCUINA adalah Federasi Nasional Credit Union Indonesia

PUSKOPCUINA merupakan Federasi Nasional Credit Union Indonesia. Per 31 Desember 2021, PUSKOPCUINA mewakili  533.298 orang anggota individu dari 45 CU primer yang tersebar di 18 provinsi, dengan kantor pelayanan tersebar di 23 provinsi, mulai dari Nias (Sumatera Utara) sampai dengan Merauke (Papua). Jumlah aset secara gerakan Rp7.459.187.798.238,00. Anggota CU merupakan masyarakat kecil.

Misi PUSKOPCUINA adalah memastikan keberlanjutan gerakan credit union melalui tata kelola yang sehat dan terintegrasi  berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas anggota. Visi PUSKOPCUINA adalah menjadi federasi nasional credit union yang terintegrasi, terpercaya dan berkelanjutan. Core layanan PUSKOPCUINA  adalah pendampingan tata kelola, interlending, teknologi informasi, pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan.

Berikut ini peserta RAT Tahun Buku 2021 di Atambua.

  1. CU KHATULISTIWA BAKTI, Pontianak, Kalbar
  2. CU DAYA LESTARI, Samarinda, Kaltim
  3. CU SAUAN SIBARRUNG, Tanatoraja, Sulsel
  4. CU BETANG ASI, Palangkaraya, Kalteng
  5. CU KASIH SEJAHTERA, Atambua, NTT
  6. CU USAHA KITA, Sungai Ayak, Kalbar
  7. CU BONAVENTURA, Nyarumkop, Kalbar
  8. CU TILUNG JAYA, Putusibau, Kalbar
  9. CU SUMBER REJEKI, Ampah, Kalteng
  10. CU PANCUR DANGERI, Simpang Dua, Ketapang, Kalbar
  11. CU SINAR SARON, Larantuka, NTT
  12. CU REMAUNG KECUBUNG, Pangkalabun, Kalteng
  13. CU MEKAR KASIH, Makasar, Sulsel
  14. CU STELLA MARIS, Pontianak, Kalbar
  15. CU KUSAPA, Sanggau, Kalba
  1. CU KUSAPA, Sanggau, Kalbar
  2. CU BEREROD GRATIA, Jakarta
  3. CU FEMUNG PEBAYA, Malinau, Kaltara
  4. CU MENTARI KASIH, Kendari, Sulteng
  5. CU JEMBATAN KASIH, Batam, Kepri
  6. CU SOHAGAINI, Nias, Sumut
  7. CU SEMPENGKAT NINGKAH OLO, Kubar, Kaltim
  8. CU HATI AMBOINA, Ambon, Maluku
  9. CU CINDELARAS TUMANGKAR, Yogyakarta
  10. CU GERBANG KASIH, Ende, NTT
  11. CU BAHTERA SEJAHTERA, Maumere, NTT
  12. CU SINAR PAPUA SELATAN, Merauke
  13. CU KRIDHA RAHARDJA, Bawen, Jateng
  14. CU PRIMA DANARTA, Surabaya, Jatim
  15. CU MAMBUIN, Manokwari, Papua
  16. CU SUMBER SEJAHTERA, Kalsel
  1. CU MUARE PESISIR, Sungai Itik, Kalbar
  2. CU MOTOTABIAN, Kotamobagu, Sulut
  3. CU PANGUDI LUHUR KASIH, Semarang, Jateng
  4. CU NDAR SESEPOK, Agat, Papua
  5. CU LIKKU ABA, Sumba, NTT
  6. CU DEUS PROVIDEBIT, Semarang, Jateng
  7. CU SUMBER KASIH SEJAHTERA, Balikpapan. Kaltim
  8. CU SARI INTUGIN, Sambas, Kalbar
  9. CU ANGUDI LARAS, Purworejo, Jateng
  10. CU MUARA KASIH, Pontianak, Kalbar
  11. CU PELITA SEJAHTERA, Jakarta
  12. CU SEMANGAT WARGA, Jombang, Jatim
  13. CU MOSINGGANI, Palu
  14. CU BINA KASIH, Pontianak, Kalbar
  15. CU Tunas Mekar, Medan, Sumut
Share this Post:
Ditulis oleh Edi V. Petebang
Aktivis Credit Union

Artikel Terkait: