Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Psikologi

BAD PARENTING

BAD PARENTING

Mengasuh anaksepintas nampak menjadi masalah pribadi dan hak bagi masing-masing orang tua dalam mengambil keputusan bagaimana cara mereka dalam membesarkan anak-anaknya. Meskipun dianggap bersifat personel atau individual, mengasuh anak menjadi masalah penting yang patutmenjadiperhatian karena berperan penting dalam menentukan kesehatan masyarakat. 

Pola asuh yang buruk berdampak serius pada anak dan juga pada masyarakat secara umum. Seperti adanya pelecehan emosional atau pengabaian emosional, hal itu dapat membahayakan anak dan menempatkan mereka dalam situasi berbahaya.

Secara psikologis, pengasuhan yang buruk dapat menyebabkan anak​-anak mengalami masalah dalam perkembagan dan masalah kesehatan mental. Pengasuhan disfungsional dapat menyebabkan dua masalah utama kesehatan mental: masalah internalisasi seperti depresi, kecemasan, atau gangguan kepribadian, dan masalah eksternalisasi seperti agresi dan kekerasan.

Studi menunjukkan bahwa pola asuh yang buruk, terutama hukuman yang agresif, adalah salah satu penyebab terbesar perilaku eksternalisasi yang mengarah pada kenakalan remaja. Masa kecil yang buruk dapat menyebabkan kejahatan, kecanduan narkoba, atau alkoholisme di masa dewasa. Ini juga dapat menyebabkan kehamilan remaja, membolos, gangguan sekolah, dan siklus pelecehan dengan anak mereka sendiri

Mengetahui, mengenali dan mencegah bagaimana pengasuhan yang tidak efektif bukan hanya masalah pribadi atau perbedaan filosofi pengasuhan lagi tetapi sudah menjadi hal yang umum. Dampak jangka panjang dari pola asuh yang buruk pada masyarakat bisa menjadi sangat serius. 

A.           Apa saja Bad Parenting itu?

  1. Memanjakan anak
  2. Tidak memberikan struktur pada anak
  3. Tidak Memberikan aturan pada anak
  4. Tidak Meng-Guiding / mengarahkan anak
  5. Tidak Mendekatkan diri ke anak ==> bentuk bounding
  6. Tidak Memberi contoh / tauladan perilaku baik
  7. Tidak mengajarkan sejak kecil perilaku baik
  8. Tidak menjadi satpam anak jika anak melakukan kesalahan,tidak mengkoreksi
  9. Terlalu sibuk dengan diri sendiri/ cuek dengan anak
  10. Terlalu mendikte anak
  11. Tidak memberikan ruang untuk anak ber-ekspresi 

B.           Mari Kita Pahami Pola Pengasuhan Yang Ideal Untuk Anak

Pola asuh yang paling baik adalah Autoritatif (demokrasi) anak bebas tetapi ada batasan yang diawasi oleh orang tua. 

JANGAN TAKUT MEMBERI BATASAN

Anak-anak membutuhkan batasan agar tumbuh bahagia dan sehat kita bisa membuatkan jadwal waktu makan, waktu tidur, atau waktu berteknologi

C.           Orangtua Perlu Membuat jadwal Harian Anak

 

Share this Post:
Ditulis oleh Sri Yuliati
Pengurus CUAL

Artikel Terkait: