Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita Credit Union

Belajar Pemberdayaan dari CU Femung Pebaya

Belajar Pemberdayaan dari CU Femung Pebaya

“Bergerak dengan kebersamaan, bangun kemandirian & soliditas melalui  Kelompok Usaha Anggota (Kuan)” adalah tema   yang diangkat pada  webinar pemberdayaan  kedua yang diselenggarakan oleh bidang Pemberdayaan PUSKOPCUINA tahun 2022, dengan  narasumber CU Femung Pebaya (11/7).  

Peserta webinar

Webinar melalui zoom difasilitasi Karolus  Djerloli Kleden (Charlie), manajer CU Femung Pebaya dengan moderator Ella Agustina. Webinar diikuti  167 orang peserta dari  29 CU anggota PUSKOPCUINA. 
“Format pemberdayaan yang kami lakukan sudah mengalami tiga kali perubahan sampai  muncul  ide untuk model pemberdayaan seperti arisan,“ ujar  Charlie. 

Dalam pemaparannya juga disampaikan  pembentukan Kuan adalah  mengadopsi dari  CU Kasih Sejahtera. Bekerjasama dengan instansi pemerintahan seperti Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malinau  juga menjadi poin penting yang disampaikan dalam webinar ini, dimana  anggota yang  masuk dalam Kuan bisa mendapatkan fasilitas/bantuan dari pemerintah seperti penjualan produk dan bahan baku produk.  Kuan sendiri merupakan kombinasi dari pendekatan pemberdayaan secara usaha dan teritory , dimana kelompok usaha yang sama bisa berada dalam dua wilayah yang berbeda tapi berdekatan. 

Peserta webinar antusias dengan materi yang disampaikan dimana banyak pertanyaan yang fokus pada pembentukan dan mekanisme pinjaman serta simpanan dalam  Kuan. 

Puskopcuina, yang diwakili oleh Anton Serasima, wakil ketua, pada penghujung webinar menyampaikan tiga hal. Pertama, belajar pemberdayaan bisa melalui media webinar yang  sudah diselenggarakan selama ini. Kedua, pentingnya memiliki kerjasama dengan instansi  pemerintah  terkait pemberdayaan. Ketiga, model pinjaman KUAn yang diberikan saat ini sudah merupakan tanggung renteng yang dimodifikasi dengan baik sehingga menjadi hal yang menarik. 

Semoga webinar ini menambah referensi akivis CU, khususnya pengurus dan manajemen, dalam menggerakkan pemberdayaan di CU masing-maisng.***  
 

Share this Post:
Ditulis oleh Ella Agustina
Staf Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA yang membidangi Sertifikasi

Artikel Terkait: