Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita

Di Ulang Tahun ke-17, CUCT Melakukan Aksi Donor Darah

Di Ulang Tahun ke-17, CUCT Melakukan Aksi Donor Darah

Galuh Asti Wulandari, 20 Februari 2023

Bekerja sama dengan PMI Sleman, CUCT menginisiasi aksi donor darah yang pertama, Senin 20 Februari 2023, sebagai wujud kepedulian di ulang tahunnya yang ke-17. Dari 32 calon pendonor yang telah mendaftarkan diri, tercatat ada 17 orang yang lolos memenuhi kriteria pendonor, angka yang sama dengan usia CUCT. Mereka merupakan anggota CUCT dan juga masyarakat umum. 
 

Kebutuhan akan pasokan darah, seringkali singgah di percakapan dalam grup whatsapp anggota CUCT, hal ini menjadi indikasi bahwa walaupun di beberapa tempat dan berbagai kegiatan sering disisipkan aksi donor darah, stock darah di PMI terkadang tidak mencukupi. Ini disebabkan oleh adanya kebutuhan akan darah secara spesifik atau juga karena dari jumlah calon pendonor yang banyak belum tentu semuanya dapat lolos screening kesehatan. Diantaranya disebabkan oleh tekanan darah yang cenderung rendah atau bahkan tinggi dan  atau Haemoglobin yang kurang atau lebih dari standar yang ditentukan.
 

Aksi donor darah yang diadakan di Tempat Pelayanan Condongcatur, jalan Rajawali no 16A  ini diikuti oleh pendonor yang baru pertama kali maupun yang sudah rutin.  Danu Primanto, anggota TP Condongcatur menyebutkan rutin setiap dua bulan mendonorkan darahnya. Harry Nugroho, seorang chef sekaligus entreprenuer di bidang kuliner menyebutkan sudah terbiasa mendonorkan darahnya sejak menjadi mahasiswa. Menurutnya seiring dengan perjalanan waktu karena kegiatan yang makin padat dan bertambahnya usia, yang dipersiapkan salah satunya adalah cukup waktu untuk tidur yang berkualitas sehingga kondisi tubuh tetap fit dan lolos screening sebagai pendonor. Suprastawa, salah seorang pendonor pertama kali, bercerita dari semula merasa cemas dan kuatir akhirnya merasa lega dan biasa saja setelah selesai mendonorkan darahnya. Rasa lemas cukup teratasi oleh bingkisan yang disediakan oleh PMI dan asupan nutrisi dari CUCT. 
 

Berlangsung dari pukul 09:00 hingga 12:00 donor darah ini terasa sangat singkat, sehingga ada beberapa peserta yang sudah mendaftar namun datang terlambat, terpaksa ditolak dan disarankan untuk kegiatan donor darah mendatang. Theresia Winarsih, penanggung jawab kegiatan, menyebutkan sebagai sebuah awalan, kegiatan ini cukup mendapatkan tanggapan baik dari kalangan internal maupun eksternal. Salah satu mitra CUCT yang turut mendukung, mensuport dan berpartisipasi adalah BRI KC Sleman dan BRI KC Pasar Kolombo.
 

Winarsih menambahkan, kegiatan donor darah ini rencananya ke depan akan terus dilangsungkan secara berkala. CUCT akan membentuk  komunitas basis donor darah yang diharapkan dapat menjadi rujukan pada saat anggota CUCT memerlukan darah. Pembentukan Komunitas basis ini merupakan pengejawantahan visi  CUCT yaitu  menjadi Credit Union berbasis komunitas yang aman, sehat, tepercaya dan berkelanjutan. Pada kegiatan donor darah tersebut anggota juga memberikan ucapan dan harapan baik atas HUT ke-17 CUCT, Harry Nugroho, salah seorang anggota CUCT menyampaikan ungkapan bahagianya karena CUCT di usianya yang ke-17 memilih merayakan dengan aksi kemanusiaan dan berharap agar CUCT terus hidup dan makin berkembang.

#Puskopcuina, 
#CUCT 
#Cindelaras Tumangkar 
#donor darah 
#PMI Sleman, 
#kemanusiaan, 
#BRI

Share this Post:

Artikel Terkait: