Pengumuman:
PUSKOPCUINA mengucapkan selamat ulang tahun kepada CU Sauan Sibarrung ke - 16, semoga terus berkarya
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita Credit Union

Diskop Kalbar Sosialisasi Perizinan Koperasi Terbaru 2022

Diskop Kalbar Sosialisasi Perizinan Koperasi Terbaru 2022

Berdasarkan KepMen Koperasi dan UKM RI Nomor 49 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS RBA), sekaligus mencabut ketentuan sebelumnya yakni PP Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Izin Usaha Simpan Pinjam Sektor Koperasi saat ini dilaksanakan melalui Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko yang dikelola oleh Kementerian Investasi. Sebelum Koperasi dapat mengakses OSS Berbasis Risiko, Koperasi harus terlebih dahulu melakukan update data Online Data System (ODS) melalui Dinas Koperasi, mengingat OSS Berbasis Risiko mengambil database Koperasi dan ODS. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Koperasi dan UKM Kalbar, melalui Bidang Perizinan dan Kelembagaan melaksanakan Kegiatan Fasilitasi Izin Usaha Simpan Pinjam untuk Koperasi dengan wilayah keanggotaan lintas daerah Kabupaten/Kota dalam Satu Daerah Provinsi Tahun 2022. Kegiatan fasilitasi perizinan tersebut dilaksanakan tanggal 29-30 Juni 2022, bertempat di Hotel Mahkota Pontianak, Kalimantan Barat. 

Kegiatan tersebut dibuka Kadis Koperasi dan UKM Kalbar Drs. Junaidi, MM didampingi langsung oleh Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Drs. Resmiguno. Dalam sambutannya Kadis Koperasi Kalbar menyampaikan bahwa setelah KSP/CU mengikuti kegiatan ini, diharapkan bisa memahami dan mengimplementasikan perizinan yang belum dimiliki KSP maupun CU di setiap Kabupaten/Kota. Selain itu Koperasi juga harus bisa melakukan inovasi terhadap pelayanan yang diberikan kepada anggota “Koperasi harus memiliki daya saing sehingga dapat mandir, mampu menerapkan Good Cooperative Government yang artinya Koperasi dapat menerapkan prinsip keterbukaan informasi”. 

Kadis Koperasi dan UKM Kalbar juga menyampaikan kegiatan ini difokuskan untuk proses permohonan Izin KSP/Koperasi dengan tujuan memberikan pemahaman tentang manajemen professional, tata kelola KSP/Koperasi dan kepatuhan legalitas usaha serta memberikan pemahaman tentang pentingnya Izin Usaha Simpan Pinjam OSS Berbasis Risiko. Peserta Fasilitasi Izin Usaha Simpan Pinjam Untuk Koperasi ini diikuti sebanyak 45 KSP/USP, baik itu Koperasi Konvensional maupun Koperasi Produsen (termasuk Koperasi Sekunder dan 29 CU yang ada di Kalbar). 
Materi yang disampaikan dalam Bimtek tersebut antara lain: 
1. Mengenal izin Usaha Simpan Pinjam OSS Berbasis Risiko” yang disampaikan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalbar; “Membuat akun OSS dan Nomor Induk berusaha (NIB)” 
2. Urgensi  Keterbukaan Informasi  Publik  Dalam Mendukung   Pelaku  Usaha; oleh Syarif Muhammad Herry, M.H Mediator. 
3. Pendaftaran Kekayaan Intelektual Melindungi Karya Kreatif Dan Inovatif Dalam Mendorong Perekonomian Masyarakat; oleh Sugiri, S.E., M.H. 
4. Menakar Usaha Sendiri; oleh Sugiri, S.E., M.H. 
5. Peran Serta Dinas Koperasi  Dalam Fasilitasi Perizinan Koperasi; oleh Drs. Resmiguno 

Pemenuhan Izin Usaha Simpan Pinjam Koperasi melalui Online Single Submission (OSS) merupakan sebuah keharusan bagi pelaku usaha yang memiliki legalitas berupa izin usaha, termasuk lembaga KSP/USP maupun Credit Union Primer dan Credit Union Sekunder. 

Adrianus Alkadri dan Edi V. Petebang 

 

Share this Post:
Ditulis oleh Admininstrasi
admin

Artikel Terkait: